Wednesday, November 17, 2021

8 Jenis Kapal Ferry dan Fungsinya

 Jenis Kapal Feri - Merupakan transportasi laut yang biasa dikenal dengan kapal penyebrangan jarak dekat untuk menghubungkan antar pulau.


Keberadaanya sangat penting dalam kehidupan dan transportasi laut. Menjadi opsi biaya murah setiap orang yang akan melakukan perjalanan antar pulau tanpa harus naik pesawat terbang karena terhalang laut.


Transit antar dua pulau atau kota yang terbentang diantara perairan. Dengan kapal Ferry semua menjadi mudah ,bahkan bukan hanya perorangan saja penyebrangan memakai kapal jenis ini juga memungkinkan memuat kendaraan lain seperti mobil, truck, bus dan lain sebagainya.
 

Kapal Ferry banyak dipakai hampir semua negara dengan fungsi yang sama. Termasuk Indonesia , yang menggunakan kapal ini untuk menyebrang Seperti merak - Lampung penghubung Jawa ke lampung, Gilimanuk - Ketapang Yang menghubungkan Jawa - Bali.


Jenis - Jenis Kapal Ferry.

Jenis jenis kapal Ferry

Saat kalian akan menyebrang dari Jawa ke Pulau Bali Gilimanuk - Ketapang maka akan menemukan jenis kapal Ferry Ro-Ro.

Kapal ini sangat akrab ditelinga sebagian orang. Kepanjangan dari Roll-on Roll-off  menjadi salah satu jenis yang mempunyai peranan penting dalam transportasi air dalam hal ini laut.


Masih ada beberapa jenis kapal Ferry lain yang memiliki tugas dan fungsi sedikit berbeda.

Baca juga ,Jenis - Jenis Kapal Kargo
 


1. Hydrofoil Ferry

Kapal Hydrofoil ferry

Jenis yang pertama dikenal dengan nama Hydrofoil Ferry dengan desain dan model unik karena terdapat kaki.

Kapal ini berfungsi mengangkut penumpang dan model tercepat yang beroperasi di daerah Eropa seperti Polandia ,Yunaani, Hungaria dan lain sebagai nya.


Sedangkan di Asia kalian dapat melihat jenis Hydrofoil Ferry di Hongkong, Jepang dan Makau.


Lalu apa itu kapal hydrofoil? Kapal hydrofoil di beberapa negara ada yang disebut dengan “The Flying Boat”. Kalau diterjemahkan pakai google translate pasti “kapal terbang”.


Kapal ini memmiliki julukan kapal terbang, karena konstruksinya memiliki sirip pada bagian bawah yang di ciptakan menghasilkan aerodinamis dalam kecepatan tinggi

Adanya jenis ini ditengarai karena kapal pada umumnya memiliki tahanan gesek terhadap air sangat besar. Sehingga mengharuskan daya mesin besar dan bahan bakar banyak.


Ide kapal hidrofoil ini mulai dikembangkan , desain kapal memungkinkan badan kapal dapat melayang tanpa bergesekan dengan air cukup besar.

Ferry jenis Hydrofoil


Pada prinisipnya kapal saat dalam kecepatan tertentu ,aliran air sudah melewati lambung kaal maka kapal jenis ini akan menghasilkan daya angkat mirip dengan pesawat karena perbedaan tekanan.


Kelebihan kapal fery ini dibandingkan dengan jenis lainya akni mampu mengangkut muatan berat dan berlayar dengan singkat dibandingkan jarak yang sama dngan kapal lain bisa mencapai hitungan bulan.


2. Feri Ujung Ganda

Kapal ferry ujung ganda

Kapal ini berada dalam perairan Amerika yang banyak dipakai sebagai angkutan orang. Mempunyai dua kemudi menjadi alasan nama nya Ujung ganda yang terdapat pada bagian depan dan belakang.

Pada prinsipnya secara penamaan keduanya menjadi ujung (Ganda ) posisi kemudi bagian depan dan belakang.

Ukuran kapal jenis ini terbilang besar, memungkinkan dapat mengangkut jumlah barang dan penumumpang lebih banyak.

3. Kapal Catamaran Ferry

Kapal Catamaran Ferry

Termasuk salah satu jenis Fery lain, transpor tadi laut yang mempunyai kecepatan tinggi. Konstruksinya mempunyai dua lambung yang banyak dikenal di negara Inggris dan India.


4. Ferry Hovercraft

Ferry Hovercraft

Kapal ini bentuknya mirip dengan hovercraft boat , namun secara dimensi jenis Fery jelas lebih besar karena peruntukannya memuat banyak penumpang dalam sekali perjalanan.

Jenis ini tidak hanya membawa penumpang, namun juga membawa kendaraan baik roda dua hingga roda empat.

Kapal ini terkenal di Inggris.


5. Slip Ferry

Slip Ferry

Kapal ini banyak ditemukan di negara maju. Biasa disebut juga sebagai feri kereta karena dilengkapi dengan rel kereta didalamnya.



6. Cable Ferry

Cable Ferry

Kalian mungkin pernah mendengar bahwa Indonesia juga telah pernah menggunakan ditengah kota Jakarta. Lebih tepatnya perairan sungai Ciliwung , bentuknya tidak terlalu besar dan lebar. Dapat dijadikan sarana penyebrangan di Sumatera saat pembangunan jembatan.



7. Turn Table Ferry

Turn Table Ferry

Dari segi ukuran kapal feri ini tidak mempunyai dimensi yang besar. Fungsinya untuk penyebrangan yang tidak ramai dan pada daerah yang tidak bisa dibangun pelabuhan besar.

Konstruksinya unik, karena bodi kapal Feri ini bisa diputar.


8. Kapal Ro-Ro (Roll-on/ Roll-off)

Kapal roro

Berikutnya yang sudah tidak asing lagi yakni Ro-Ro yang sebanyak ditemukan di indonesia. Bentuknya besar dan memungkinkan dapat mengangkut berbagai jenis kendaraan dan penumpang saat melakukan penyebrangan.

Itulah berbagai jenis kapal Ferry dan fungsinya yang bisa kalian ketahui. Mulai dari Hydrofoil Ferry hingga kapal Ro-Ro.

8 Jenis Kapal Ferry dan Fungsinya
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email