Tuesday, November 2, 2021

Jenis-Jenis Kapal Niaga

Jenis-jenis Kapal Niaga - Bagi sebagian orang yang masih awam mungkin melihat semua kapal terkesan sama saja. Namun pada kenyataan aktual memiliki beberapa varian berdasarkan fungsi.


Kapal terdiri dari berbagai jenis, kapal tongkang, kapal niaga, kapal selam dan lain sebagainya. Dari masing masingnya mempunyai peranan yang berbeda ,konstruksi maupun tujuan pelayaran yang beragam.


Apa Itu Kapal Niaga

Kapal niaga bisa juga disebut sebagai Kapal dagang adalah kendaraan laut yang disebut dengan nama kapal  laut yang mengangkut kargo atau juga membawa penumpang untuk disewa dalam sebuah perjalanan.


Terdiri dari beberapa bentuk dan ukuran dan jenis,dan sebagian besar negara dunia mengoperasikan kapal dagang. Jenis-jenis kapal dan fungsinya mempunyai nama penyebutan berbeda, tidak jauh dengan kendaraan darat yang memiliki nama berbeda.


Sehingga dapat disimpulka bahwa menurut fungsinya ada bermacam-macam jenis kapal-kapal, contohnya yang berfungsi mengangkut minyak, kapal perang, kapal niaga , dan lain sebagainya.


Pada kesempatan kali ini kami akan mambahas contoh kapal niaga, sehingga dapat membantu masalah kalian menjawab terkait pertanyaan "sebutkan dan jelaskan macam-macam kapal niaga".


1. Kapal Barang (Cargo ship)

Jenis Kapal Niaga kargo

Konstuksi kapal kargo berbeda dengan kapal penumpang , pasalnya jenis ini diperuntukan sebagai alat muatan barang. Kapal kargo dirancang dan dibuat untuk transportasi laut memindahkan barang dari satu tempat ke lokasi lain.


Bentuk kapal kargo juga tidak monoton, artinya secara arsitektur menyesuaikan dengan jenis barang yang akan dimuatnya. Hal paling mendasar yakni terkait dengan ukuran ruangan yang dibutuhkan untuk mengangkut kapal dalam satuan berat yang telah ditentukan pihak pengguna. 


Kapal kargo juga mempunyai beberapa varian. Umumnya jika untuk muatan berbagai macam disebut dengan nama General Cargo.

Ada juga Kargo Curah, Kargo Kontainer dan lain sebagainya, lebih lengkapnya bisa cek Jenis kapal kargo.


2. Kapal Penumpang (Passanger ship)

Kapal Penumpang

Kapal penumpang merupakan jenis kapal niaga untuk transportasi yang menyangkut transportasi yang mengantar penumpang dari pulau ke pulau lainnya.


Kapal penumpang kebanyakan digunakan untuk pesiar antar pulau tidak begitu jauh menghubungkan anta kota. Sedangkan untuk ukuran besar biasa dipakai untuk pelayaran antar pulau , benua yang dilengkapi dengan akomodasi penumpang lengkap. Mulai dari kolam renang, bioskop, dan lain sebagainya.


Peralatan lain yang dibawa oleh kapal jenis ini biasanya telah terdapat alat keselamatan berlayar lebih lengkap dibandingkan dengan versi lain, baju pelampung, skoci, dan lan sebagainya.


Kapal yang cukup terkenal memuat penumpang lebih banyak contohnya Ro-Ro atau untuk perjalanan peendek dan terjadwal kapal Feri. Di indonesia perusahaan yang mengoperasikan kapal penumpang dibawah  PT. Pelayaran Nasional Indonesia atau biasa dikenal PELNI, sedangkan kapal Ro-Ro penumpang dibawah PT ASDP,  PT Jembatan Madura,PT Dharma Lautan Utama, maupun perusahaan lain.


3. Kapal Peti Kemas (Container Ship)

Jenis Kapal Niaga peti kemas

Merupakan model kapal niaga yang sudah ditetapkan sebagai kendaraan yang memuat peti kemas baik  perjalanan lokal maupun international. Muatan peti kmas diletakan dalam palkah dan diatas gladak yang kuat bisa dibantu dengan ikatan agar tidak bergeser saat ombak atau perjalanan.


Adanya muatan peti kemas yang diletakan diatas gladak, maka yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan , priode keolengan sehingga jangan terlalu lincah yang dapat membahayakan kontainer diatas dek.


Biasanya peti kmasi dibuat sedemikian rupa agar barang didalamnya tidak mengalami kerusakan. Kapal mengangkut peti kemas umumnya telah dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan untuk mengangkat ,bongkar.


Kapal niaga mengangkut peti kemas juga telah didesain mempunyai ruangan parallel middle body lebih panjang dibandingkan model kapal jenis yang lainnya. Ruangan parallel midle body ini akan berpengaruh terhadap tata letak dan kapasitas muatan peti kemas yang sudah distandarkan secara international.


Kapal Niaga yang satu ini mempunyai teknik yang disebut containerization. Membentuk sarana umum angkutan komersil sistem intermodal containerization transport memungkinkan proses bongkar muat lebih cepat dalam kurun waktu sekitar 3 hingga 6 Jam dan siap berlayar kembali.


4. Kapal Tanker

Kapal niaga Tanker

Kapal tangker adalah jenis transportasi niaga perairan laut yang sudah dirancang khusus membawa minyak atau cairan dalam jumlah banyak. Modelnya didesain khusus sesuai dengan jenis yang akan diangkut, sehingga siste keselamatan canggih untuk keselamatan para awak.


Mengingat sifat cair yang selalu memiliki posisi sejajar dengan air laut , memungkinkan pada waktu kapal mengalami oleng hal ini terjadi pada tang tidak terisi penuh. Kapal tanke dilengkapi dengan sekat melintang dan mamanjang dan beberapa pompa , instalasi pipa unttuk proses bongkar muat pipa dari kapal ke kapal lain.


Arsitekturnya dibuat berbeda, meskipun ukuran kapal sama namun letak kamar mesin berada pada bagian belakang untuk meminimalisir bahaya kebakaran.


5. Kapal Curah (Bulk Carrier)

Kapal Curah

Kapal niaga curah mempunyai fungsi mengangkut muatan beragam, mulai dari biji-bijian , sembako, yang langsung diletakan dalam palkah kapal. Biasanya kapal curah berdasarkan muatan terdiri dari:


5.1. Kapal pengangkut biji tumbuhan yakni mengangkut terkait dengan hasil pertanian seperti beras, jagung , kedelai dan lain sebagainya.


5.2. Kapal Niaga biji tambang  memmuat berbagai hasil pertambangan seperti biji besi,mangaan, chrom, bauxit dan Nikel dan lain sebagainya..


5.3. Kapal Angkutan batubara biasanya disebut Collier merupakan kapal muatan curah seperti batubara, cokes atau coal dan lainnya.


Biasanya dibuat dalam model single deck dan sistem bongkar muatnya dilakukan dengan isap untuk grain carrier. Namun pada Ore Atau Coal memakai grab (Bucket), Conveyer. Khusus Ore Carrier umumnya memiliki double bottom tank top yang tinggi bertujuan mempertinggi letak titik muatan. Kamar mesin pada kapal model bulk carrier terdapat pada bagian belakang untuk mempermudah bongkar muat.


6. Kapal Niaga Barang Penumpang (Cargo Passanger Ship)

Kapal Niaga Barang Penumpang

Merupakan kapal yang dapat mengangkut barang dan penumpang. Kapal jenis ini dapat kalian lihat secara mudah seperti kapal ferry. Kapal penyebrangan yang menghubungkan selat daratan yang terputus oleh perairan.


Kapal ini biasanya mempunyai lokasi penempatan barang, dan penumpang seperti area mobil, truck, bus, dan lain sebagainya.


7. Kapal Pengangkut Kayu (Timber Carrier)

Jenis kapal ini fungsinya mengakut kayu dalam segala bentuk. Kayu muatannya akan diletakan diatas geladak. Konstruksi dek maupun  geladaknya harus dipasang perlengkapan untuk menempatkan kayu.


Kayu dimuat akan diikat kuat dan menjadi daya apung cadangan sehingga lambungkapal timbul. Jenis kapal ini biasanya terbilang lebih kecil dibandingkan dengan kapal barang lain. 


8. Kapal Pendingin (Refrigated Cargo Vessels)

Kapal niaga yang satu ini telah dideain khsusu untuk keperluan mengangkut barang yang membutuhkan suhu digin. Hal itu bertujuan untuk menjaga kualitas, dari kerusakan atau hal lain.


Ruang muatan dilengkapi sistem pendingin dan isolasi.  Biasa dipakai untuk muat sayur, buah, daging , ikan , dan lain sebagainya. Kapal ini bergerak relatif lebih cepat dibandingkan dengan yang lainya.


9. Kapal Pengangkut Ternak

Sama halnya dengan jenis kapal niaga yang berfungi untuk mengangkut buah, daging. Kapal mengakut ternak juga membutuhkan spesifikasi khusus pemeliharaan hewan ternak selama perjalanan seperti tempat pakan, kotoran mudah dibersihkan dan lain sebagainnya.


Itulah beberapa model dan jenis dari kapal niaga yang biasa kalian temukan diperairan.

Jenis-Jenis Kapal Niaga
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email