Sunday, May 15, 2022

Mengenal jenis Kapal Kontainer

 Sama dengan kendaraan darat, kapal laut juga memiliki jenisnya masing masing sesuai dengan peruntukan. Salah satunya jenis kapal kontainer atau biasa dikenal dengan kapal peti kemas.


Merupakan sebuah kapal kargo yang didesain khusus sebagai angkutan peti kemas mengirim atau melakukan distribusi antar wilayah, hingga skala internasional.


Bisa juga disebut sebagai kapal selular mempunyai arsitektur menyesuaikan sebagai penepatan peti kemas dengan bingkai vertikal. Ukurannya mulai dari 500 TEU Sampai 22.000 TEU yang memuat kontainer berukuran 20feet hingga 40feet.


Terdapat informasi terkait daya angkut maksimal , tanda atau info tersebut tertera pada setiap Celular ship mulai dari ukuran kontainer yang dimuat hingga daya maksimal muatan.

Baca Juga : Jenis Jenis kapal Niaga

Perkembangan dan Jenis Kapal Kontainer Peti Kemas.

Bagi sebagian orang awam mungkin menganggap semua fungsi kapal laut sama. Tentu tidak, memiliki spesifikasi dan ketentuan fungsi yang berbeda antara kapal satu dan lainnya. Banyak sekali jenis kapal laut yang ada di dunia, sebagai transportasi murah lintas antar negara lokal.


Kapal kontainer beroperasi berbeda dengan general cargoship. Menerapkan pola linear dalam menjalankan rute nya sesuai dengan ketentuan rutinnya.


Dalam ukuran yang lebih kecil yakni sebagai kapal penumpang atau reeder dari daerah pedalaman atau ke arah sebaliknya menuju terminal peti kemas utama.


Umumnya kapal laut peti kemas yang ukurannya lebih besar memakai konsep gearless dan kecepatannya lebih dari 25knot mampu berjalan dalam pelayaran jarak jauh.


Telah digunakan Sejak 50 tahun lalu dan hingga saat ini telah mengalami banyak perkembangan dalam ukuran, kecanggihan, dan kinerja. Kapal Peti kemas generasi baru memiliki panjang hampir 400 meter dan lebar 55 meter. Mesinnya mempunyai berat 2.300 ton, baling-balingnya 130 ton, dan jarak antara anjungan dan ruang mesin 21 lantai. 


Mempunyai dukungan sistem komputer dan hanya di operasikan oleh 13 orang untuk mengendalikan Kapal kontainer baru ini. Kapasitasnya mempunyai kemampuan membawa 11.000 kontainer berukuran 20 kaki. 

Baca Juga: Lengkap!, Jenis Kapal Khusus dan Fungsinya

Evolusi Perkembangan kapal Peti Kemas

Kapal Peti Kemas


Saat ini generasi Kapal peti kemas telah memasuki generasi keenam. Kapal niaga ini telah berevolusi dari generasi ke generasi mengikuti perkembangan bisnis global yang mencari efisiensi, keselamatan, dan perlindungan lingkungan.


Kapal dagang generasi pertama memiliki truk atau kapal besar yang dimodifikasi untuk mengangkut hingga 1.000 TEU kargo.


Kapal perang pertama, Ideal X, adalah konversi dari T2, bekas kapal Angkatan Laut AS dari Perang Dunia II. Di tengah diskusi tentang jenis dan generasi kapal kontainer yang telah diluncurkan di perairan di seluruh dunia.


#1. Kapal Peti Kemas Generasi Pertama


Ideal X Adalah jenis kapal peti kemas generasi pertama yang mengenakan konsep Onboard Crane (Geared) karena tidak semua pelabuhan mempunyai fasilitas crane untuk loading dan unloading peti kemas.


Tidak seperti generasi sekarang, jenis kapal ini kecepatannya relatif lambat yakni sekitar 18-20 knot. Penempatan barang Peti kemas hanya pada deck utama yang telah terkonversi. 


#2. Generasi Kedua

Ketika penggunaan peti kemas mulai berkembang pada awal tahun 1970-an,Sehingga saat itulah menjadi permulaan pembangunan kapal peti kemas yang dibangun secara penuh. 


Ini adalah kapal kontainer generasi kedua yang lebih sepsifik dengan Seluruh ruang kapal berguna untuk menumpuk peti kemas, termasuk dek bawah. Crane mulai berguna di kapal, tujuannya untuk memasukkan peti kemas ke dalam kapal dalam prose loading.


Rata -rata jens kapal generasi kedua untuk kapal khusu muatan kontainer sekitar 20-25 knot. 


Baca Juga: Konstruksi Rancangan Kapal Kargo

#3. Kapal Kontainer Generasi Ketiga

Generasi ketiga mulai diproduksi Pada 1980an dengan adanya pertumbuhan perdagangan dunia yang mendorong pembangunan kapal kontainer berukuran besar. 


Ketaatan pada aturan skala ekonomi. semakin banyak peti kemas yang muat di kapal, semakin rendah biaya TEU. 


Sedangkan di tahun 1985 kapal kontainer ini mencapai batas besar di Terusan Panama atau Panamax, yaitu kapal berkapasitas 4000 TEU


Dalam hal ini Pengangkut transportasi laut ini " generasi ketiga " yang multifungsi bertahan hingga sepuluh tahun.


#4. Kapal Kontainer Generasi Keempat

Kapal peti Kemas Generasi keempat adalah pasca panamax kelas I dan II. Kapal peti kemas APL C10 4500 TEU hadir pada era tahun 1988 serta menjadi jenis kelas peti kemas pertama yang melampaui batas lebar saluran 32 m2 meter serusan penama.


Dengan pertumbuhan perdagangan dunia yang semakin meningkat, batasan ukuran Terusan Panama tidak lagi standar. Pada tahun 1996, kapal peti kemas Panamax berkapasitas 6.600 TEU mulai bermunculan. 


#5. Kapal Laut Kontainer Generasi Kelima


Setelah batas Panamax terlampaui, pertumbuhan kapal peti kemas besar dengan kapasitas maksimum 8000 TEU (Post Panamax II Sovereign Class) meningkat pesat.


 Kapal kontainer Panamax menimbulkan masalah infrastruktur karena membutuhkan pelabuhan yang lebih dalam dan derek yang lebih efisien dan jangkauan lebih jauh. Panamax baru atau Neo Panamax adalah kapal kontainer generasi ke-5.


Kapal ini dirancang khusus untuk memenuhi dimensi baru perluasan Terusan Panama, selesai pada tahun 2016. Kapal kontainer generasi ke-5 ini memiliki kapasitas sekitar 12.500 TEU. Tidak seperti Panamax, Neo-Panamax cenderung menjadi kelas kapal yang berlayar terutama ke Amerika, Karibia, Eropa dan Asia.


#6. Kapal Laut Kontainer Generasi keenam

Selanjutnya ada Generasi keenam, Yakni jenis Post Panamax III dan Triple E. Mulai Pada tahun 2006 Maersk Line memperkenalkan jenis kapal kontainer dengan kelas kapal yang memiliki kapasitas 11.000 hingga 14.500 TEUs, Yaitu Emma Maersk (E-Class) yang tentunya memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan para pendahulunya.


Kapal ini memiliki nama lain “Post New Panamax: karena secara ukuran lebih besar dari dimensi terusan Panama yang sudah luas pada tahun 2013. 


Kemampuannya dapat membawa sekitar 18.000 TEUs.  Jenis Kapal-Kapal Post New Panamax melakukan pelayaran pada rute asia hingga eropa yang tak melewati panama. 


Baca Juga: Jenis dan Tipe Pengedokan Kapal Laut

Jenis-Jenis Kapal Kontainer (Container Ship) - Peti Kemas

Mungkin anda belum mengetahui bahwa Aktivitas kapal kontainer dan keberadaan di Indonesia sudah ada sejak tahun 1970an. 


Jenis Kapal khusus angkutan peti kemas yang modern pertama yang mengibarkan bendera Indonesia yaitu KM Gloria Express dengan kapasitas panjang 120 m dan lebar 17,8 m milik perusahaan Pelayaran Samudra yaitu PT Gesuri Lloyd.


Kapal laut Container Peti Kemas ini yakni dibuat oleh perusahaan galangan kapal Shipbuilding & Engineering yang didesain berasal dari Jerman. 

Desain jenis kapal tersebut masih menggunakan konsep desain  dari kapal-kapal kargo yang berasal dari Eropa dan Amerika.

 

KM Gloria Express mulai melakukan pelayaran perdananya yaitu pada tangga; 12 Mei 1980 dari Tanjung Priok-Hongkong-Busan-Tokyo-Kobe-Osaka-Keelung hingga melakukan pelayaran kembali pulang Indonesia. 


1. Full Container Ship atau Cellular Ship

Jenis Full Container Ship

Jenis full Container Ship Ini Mempunyai ciri-ciri serta dengan adanya kelengkapan khusus hanya peruntukannya mempermudah dalam mengangkut peti kemas hingga seluruh palkanya.


 Model Umumnya kapal ini berupa Single Purpose Ship, Pasalnya dianggap sebagai jenis kapal yang paling ekonomis saat sebagai angkutan peti kemas pada saat ini karena dalam proses bongkar muat nya relatif lebih cepat. 


Karena secara fungsi kapal ini hanya khusus ekspedisi mengangkut peti kemas , Maka pada geladak utamanya hanya berisi container yang tersusun bertumpuk secara vertikal ke atas. 


Proses muat petik kemas dalam kapal ini yakni melalui menurunkan peti kemas ke tempat yang sudah tersedia yang berbentuk sel-sel dalam palka, atau menumpuk ke susunan vertikal ke atas pada geladak kapal utama tanpa melakukan penggeseran lagi ke arah horizontal. 


Sedangkan Proses bongkar peti kemasi dilakukan secara sebaliknya. 


2. Partial atau Semi Container Ships

Kapal Semi Peti Kemas

Dengan tipe kapal muat peti kemas ini, hanya sebagian ruang yang didesain khusus untuk wadah kontainer. 


Sedangkan pada area yang lainnya yakni  untuk general cargo, seperti mengangkut mobil, angkutan konvensional (makanan, bahan bangunan, dll). 

Biasanya mekanisme peti kemas diangkut dalam mode Lo / Lo (Lift On / Lift Off), sedangkan teknologi untuk truk dimuat dalam mode Do / Do (didorong atau dibongkar).

 

3. Convertible Container Ships

Jenis Kapal Roro Peti Kemas

Kapal dari kelas model angutan peti kemas ini dapat digunakan secara seluruhnya atau sebagian saja, untuk kargo umum dan peti kemas. Kapal ini memiliki bentuk khusus yang memungkinkannya berubah fungsi. Untuk merubah fungsi khususnya Navigator basic.


Itulah pembahasan terkait dengan Jenis Kapal Kontainer maupun Generasi perkembangan Kapal peti kemas.

Mengenal jenis Kapal Kontainer
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email