Monday, November 28, 2022

Fungsi pelabuhan Kapal Laut dan manfaatnya

 Sudah mengenal dengan adanya beberapa jenis pelabuhan yang ada diperairan indonesia maupun negara lain, Mulai dari dibedakan berdasarkan Fungsi dan Lainnya. Ya, Pada artikel saya kali ini akan membahas lebih dalam terait dengan fungsi pelabuhan kapal laut.

 

Bagi orang awam, Mungkin fungsi pelabuhan kapal laut hanya terkesan kapal menepi dan nyandar, menurunkan barang, menurunkan penumbang, dan lain sebagainya. Tetapi, ada pembahasan lebih spesifik lagi terkait dengan fungsinya.

Fungsi Pelabuhan Kapal

Fungsi Pelabuhan

Secara prinsip maka fungsi pelabuhan mungkin sebagai tempat kapal laut menepi, namun bisa lebih rinci lagi mengenal peranan adanya pelabuhan kapal.

 

Berdasarkan Fungsinya, pelabuhan kapal dapat dibagi menjadi beberaa jenis yang akan membedakan , berikut fungsi nya.



#1. Gateway Atau gerbang

Fungsi pertama yang dapat menjelaskan tentang pelabuhan adalah sebagai Pintu gerbang memasuki Maupun keluar suatu negara melalui jalur laut.

 

Setiap kapal yang melakukan pelayaran adalah bertujuan menuju suatu tempat, dalam hal ini negara. Umumnya antar negara berbentuk barang, dari kota ke kota, negara-ke negara dan lain sebagainya sebagai pintu utama distribusi.

 

#2. Link atau Mata rantai distribusi.

Fungsi pelabuhan lainnya dapat diartikan juga sebagai proses, titik sampai suatu barang yang didistribusikan melalui jalur laut dan menjadi mata rantai hingga sampai ke pengguna.

 

Hingga kapal Muatan Barang sampai ke pelabuhan, Ini menjadi salah satu titik awal untuk diteruskan dalam siklus bisnis lain.


#3. Interface

Secara definisi lain dari sisi fungsi pelabhan juga sebagai penghubung antara daratan dan lautan. Dari pelabuhan barang akan ulai dimuat dan menuju daratan lain dengan perantara kapal laut yang akan membawanya hingga sampai ketujuan.

 

Dari hal Ini juga kita mengenal bahwa peranan setiap pelabuhan sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan.


#4. Kebutuhan Proses Ekspor Impor


Berikutnya , tentu sudah sering kenal dengan istilah Exim. Ya Tepatnya adalah kegiatan ekspor dan import barang baik melalui jalur laut maupun udara.

 

Prosesnya merupakan kebijakan pemasaran produk secara internasional, dan menggunakan jalur lautlah yang dinilai paling mudah dan murah. Itulah peranan pelabuhan, Fungsinya menjadi tempat tujuan proses memasarkan produk melalui eksport maupun mendatangkan produk dari negara lain melalui import.


#5. Industry entity

Pelabuhan menjadi salah satu sarana penting industri. Contoh paling nyata yakni Exim. Sehingga dapat diartikan juga fungsi lain dari pelabhan sebagai kawasan industri karena adanya lalu lintas produk.

Baca juga: Fungsi Kapal Tug Boat

Manfaat Pelabuhan


Tidak hanya fungsinya saja, pelabhan juga mendatangkan banyak manfaat yang terjadid alam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya yakni mendorong roda perekonomian.

 

Berikut adalah manfaat dari pelabuhan kapal laut yang perlu anda ketahui.


#Mendukung Perekonomian Antar Pulau

Dengan adanya transportasi dan distribusi, bukan hanya sekedar lalulintas saja namn adanya pelabuhan juga mendatangkan manfaat cukup besar yakni mampu mendukung adanya perekonomian antar pulau.

 

 Dengan mudah melakukan distribusi produk, perpindahan dan lain sebagainya sesuai dengan tujuan dan kebutuhan.


# Pasar Internasional

Manfaat lain adanya dengan Pelabuhan maka semakin baik dalam bisnis dan jaringan internasional. Dengan mudah ekspor dan import produk. 

 

Dipelabuhan berperan menjadi titik distribusi, menampung produk yang akan di ekspor dan di import menjangkau lebih luar dari sekedar dalam negeri menjadi internasional

# Membantu pertumbuhan Ekonoi

Sesauai dengan fungsinya melakukan distribusi secara mudah dan cepat , hingga harga murah, Pelabuhan juga memiliki peranan penting yang dapat membantu lacu perekonomian.

 

Tentunya ini patut disadari bersama, bahwa adanya pelabuhan memberikan manfaat penting berkontribusi terhadap perekonomian.

 

Itulah pembahasan kali ini tentang fungsi pelabuhan kapal dan peranannya.

Dapatkan Update via email