Tuesday, November 29, 2022

Alat Alat Perlengkapan pada Kapal Laut

Alat-alat perlengkapan Kapal; Pembahasan tentang kendaraan laut ini memang cukup luas,  tidak hanya mencakup bagian-bagian kapal saja, melainkan anda akan mengenal berbagai hal. Misalnya mesin , baling-baling dan lain sebagainya. 


Tidak kalah pentingnya juga perlengkapan pada kapal. Meskipun menyandang istilah perlengkapan alat kapal, namun dalam hal ini menjadi salah satu bagian penting adanya pengoperasian.


Bahkan pada suatu kondisi menjadi sebuah standar kelaikan sebuah kapal saat akan melakukan pelayaran, misalnya alat pemadaman, alat navigasi dan lain sebagainya yang tergolong sebuah penunjang. Nah, apa saja alat-alat kapal ini?

 

Alat alat pada kapal

 

alat-alat kapal

Saya akan bahas secara lengkap dan singkat sebuah alat-alat kapal, Perlengkapan yang terbilang wajib ada dalam setiap kapal secara umum maupun khusus.

 

Misalnya peralatan pengangkut, yakni perlengkapan yan dibutuhkan untuk transportasi laut yang khusus untuk mengangkut barang.

 

Jenis angutannya beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar sekalipun. Dapat kalian lihat dan sasikan, Kapal petik kemas dengan jumlah yang tidak sedikit.

 

Untuk bisa menaikan petik kemas keatas kapal tentunya membutuhkan peralatan yang mumpuni , aman dan cepat.

 

Itulah gambaran sederhana Jenis kapal pengangkut barang, yang tentunya memerlukan sebuah penanganan dan alat-alat sebagai perlengkapan mempermudah dalam melakukan loading dan unloading muatan.

 

Dalam pemahasan kali ini saya akan membagi beberapa kriteria dari alat yang dibutuhkan sebuah kapal.

Baca juga: Mengenal jenis Kapal penumpang

Jenis Alat-alat untuk Kapal Pengangkut

Alat bantu untuk kapal pengangkut ini sangat diperlukan, secara teknis pealatan tersebut akan mempermudah dalam proses loading dan unloading hingga memindahan barang.

 

Tidak mesti peralatan tersebut berada menyatu dengan kapal, Misalnya fork Lift. Fork Lift merupakan armada berbeda namun menjadi salah satu perlengkapan yang sangat penting untuk proses muat maupun menurunkan barang dari kapal sesuai dengan kebutuhan.

 

Peralatan eksternal ini umumnya telah disediakan oleh pengelola, secara penggunaan dan fungsinya yakni menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis muatan yang akan diturunkan maupun dinaikan. 

 

Berikut beberapa peralatan kapal laut yang dibutuhan sebagai penunjan proses kelacaran pelayaran.

Baca juga: Fungsi galangan Kapal dan jenisnya

#1. Harbour Mobile Crane


Alat pengangkut yang pertama dan banyak dibutuhkan oleh kapal kargo adalah Harbour Mobile Crane yang akan membantu proses menurunkan dan menaikan muatan pada kapal laut.

 

HMC juga sangat penting bongka muatan yang ada dipelabuhan maupun dari laut ke dermaga hingga sebaliknya.

 

Alat ini biasa dapat dijumpai diberbagai pelabuhan, terutama jenis pelabuhan kapal muatan. HMC dirancang khusus mempunyai kemampuan dalam dalam melakukan bongkar muat lebih cepat.

 

#2. Fork lift


Alat perlengkapan kapal yang kedua untuk keperluan muatan adalah FR. Berfungsi untuk mengankut , naik dan tutun kontainer hingga berat maksimal 32 Ton.

 

Tidak hanya untuk keperluan itu saja, jenis ini juga sangat penting untuk memindahkan material dalam jarak dan ketinggian tertentu. Sehingga cocok untuk pelabuhan, pabrik, Ware House.

 

Sesuai dengan metode pengoprasian, Fork Lift memiliki dua jenis. Mode Transmisi Otomatis dan manual.

 Baca Juga: Dokumen Wajib dimiliki sebelum Kapal berlayar

#3. Reach stacker


 Reach Stacker merupakan alat pengangkut yang digunakan pada kapal pesiar untuk proses mengangkut barang. Ukurannya lebih kecil dan flexible, banyak berada pada pelabuhakn kecil.

 

Merupakan alat yang berfungsi untuk mengangkut kontainer dalam jarang yang cukup dekat saja. Tidak hanya itu, Reach Stacker juga digunakan untuk menyusun kontainer ke berbagai sisi.


#4. Container Gantry Crane


Yang berikutnya CGC atau Container Gantry Crane, berfungsi untuk derek bongkar dan muat petik kemas dari dermaga ke atas kapal maupun pekerjaan yang sebaliknya. Konstruksi dari alat ini dilengkapi 4 kaki dan tinggi, dapat bergerak diatas Rel tersedia yang dikendarai oleh 1 Operator diatas.

 

Kemampuan dan Cakupannya sangat baik, dipelabuhan besar alat ini sudah banyak digunakan untuk proses loading dan Unloading Peti kemas.

 

Itulah beberapa alat eksternal yang dibutuhkan oleh kapal sebagai sarana mempermudah angkutan , baik menaikan barang hingga menurunkannya.

Baca Juga: Pentingnya Sirkulasi Udara pada kapal

Alat-alat Perlengkapan internal Kapal


Selain alat eksternal, kapal juga memiliki komponen penting yang wajib dimiliki secara internal dan terus ada dalam apal tersebut.

 

Sehingga , Meskipun alat juga bisa dikatakan sebagai salah satu bagian dari kapal itu sendiri karena masuk kedalam daftar alat-alat kapal sesuai dengan standar.



#1. Jangkar kapal


Yang pertama adalah Jangkar, banyak jenis jangkar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sesuai kapal itu sendiri.

 

Fungsi utama yakni sebagai penambat kapal,dilengkapi dengan rantai dan akan diturunkan ke dasar laut saat kapal sedang berhenti.


Pada awalnya Konon jangkar dibuat menggunakan karung yang diisi dengan timah maupun pasir sebagai pemberat.


Saat ini jangkar dibuat lebih modern, di produksi oleh perusahaan memakai material besi maupaun bahan lain.

 

Sehingga saat jangkar diturunkan, kapal akan tertambat dan tidak akan mengalami pergeseran karena arus air.


#2. Alat-alat keselamatan kapal


Alat keselamatan ini sangat penting sebagai komponen tidakan penyelamatan ketika kondisi darurat. Karena dalam perjalanan pelayaran terdapat ber bagai potensi resiko terjadi, dan untuk menekan kemungkinan terburuk memerlukan alat keselamatan sesuai dengan standar yang diperlukan.


Alat- alat keselamatan ini yang wajib ada dalam kapal diantaranya adalah, pelamung penolong yang akan digunakan oleh penumpang maupun awak kapal saat terjadi situasi darurat mengharuskan ada di perairan langsung.

 

Kemudian, Perahu Sekoci yakni dipakai untuk evakuasi kru dan penumpang untuk tetap aman diperairan.  Tidak hanya itu saja, alat lainnya juga ada Survial suit, Apar ( Pemadam) , Kotak Kesehatan dan lain sebagainya.


Baca Juga: Sejarah Kapal Selam

#3. Wire rop kapal


Berikutnya ada Wire Rop Kapal, tentu bukan hal asing untuk mereka yang sering bersinggunan dengan dunia kelautan.

 

Peralatan kelengkapan pada kapal ini menjadi alat bantu untuk mengangkat yang akan di hubungan dengan peralatan kapal lain , misalnya Hook, Thimble dan lainnnya.

 

Untuk ukuran dan Jenis Wire Rop Sling ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kapal.


#4. Peralatan navigasi

Tidak hanya sampai disana saja, dalam kapal laut juga harus memiliki alat-alat kebutuhan navigasi yang akan digunakan keperluan pelayaran. Nahkoda sangat membutuhkan peralatan navigasi untuk mengarahkan, berlayar sampai tujuan.


Banya jenis penunjang navigasi, misalnya alat mendeteksi caca, petunjuk arah dan lain sebagainya. Jenisnya, berupa Peta digital , Gyro Compass, Sound Reception Sistem, Satelit kapal , Bendera, Lampu dan lain sebagainya.

 

Selengkapnya : Alat-alat navigasi Kapal dan Fungsinya.


Tentu masih banyak Lagi Alat-alat kapal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelayaran. Namun pada poin diatas adalah yang masuk kedalam standar dan wajib dimiliki.

Dapatkan Update via email