Friday, November 4, 2022

Fungsi Kapal Tug boat dan Jenis-Jenisnya

 Bagi mereka yang belum terbiasa dengan dunia laut dan perkapalan mungkin nama kapal tug boat masih terdengar asing. Tetapi ini adalah salah satu jenis transportasi laut yang memiliki fungsi sangat penting. Pada artikel kali ini karya manunggal akan menjelaskan fungsi dan jenis kapal tug boat.


Kapal Tug Boat adalah Kapal yang berfungsi untuk melakukan beberapa kegiatan membantu kapal lain. Misalnya menarik, Mendorong dan lan sebagainya. Biasa dikenal juga dengan kapal tunda.

 

Kapal ini memiliki peranan penting saat ada kapal besar lain akan bersandar ke pelabuhan, maupun kapal yang tidak memiliki penggerak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jangkar Kapal Laut

 Fungsi utama tug boat / Kapal Tunda

Mari kita perjelas terkait dengan fungsi kapal tug boat, yakni melakukan pekerjaan menarik dan mendorong kapal besar saat kesulitan bersandar kedermaga atau akan melakukan pengedokan kapal.


 Fungsinya sangat diperlukan oleh berbagai jenis kapal laut yang membutuhkan, Misal Kapal pesiar, kapal Induk, kapal tanker, maupun varian transpotasi laut lainnya.

 

Yakni dalam pelaksanaan Unmooring tanker dan Mooring. Biasanya Tanker memiliki kesulitan ketia proses mooring dan Unmooring kapal tangker dalam lepas laut.

 

Dsinilah sangat diperlukan adanya Tugboat untuk memandunya dalam setiap proses. Tidak Hanya itu saja, Kapal tunda juga dipakai untuk memandu kondisi cuaca disekitar pelabuhan.

 

Fungsi lainnya yakni menanggulangi minyak tumpah, dengan adanya pompa yang terdapat dalam kapal tugboat , maka ketika terjadi kebakaran pelabuhan atau kebakaran apal, kapal tug boat bisa memantu melakukan pemadaman terjadi.

 

Bukan hanya membantu kapal pemadam kebakaran saja, tetapi juga sering kali dimanfaatkan untuk ketika kondisi kapal tenggelam, disebabkan oleh kebakaran dengan cara menarik jaring penyaring.

 

Sangat banyak fungsi kapal tunda dan peranannya menjadi vital dalam perairan kapal melakukan banyak hal.

 Baca Juga: Bagian - Bagian Kapal laut dan Penjelasannya


Ciri ciri Tug Boat Sesuai Fungsinya.

 

Sesuai dengan kemampuan dan cara kerjanya toug boat mempunyai karateristik yang berbeda dengan lainnya. Tidak hanya peranannya yang sangat penting , Namun tenaga dan fungsinya menjadi salah satu ciri menarik. Berikut ciri-ciri umum yang ada pada Kapal tunda.


# Sistem Thruster


Pada Tug Boat sistem Thruster mempunyai dua buah Jenis Propeller besar kuat dengan memakai sistem Thruster, yakni baling-baling kapal yang bisa diputar hingga 360 Derajat penuh.

 

Hal ini memungkinkan Kapal bisa bekerja secara lincah dan  mudah dalam melakukan pekerjaan.

 

# Keel di Depan


Biasanya Pada kapal tunda terdapat  keel yang ada di depan kapal , Apabila pada umumnya kapal memiliki Keel pada bagian bawah kapal di dekat propeller.

 

Peranan penempatan Keel Berbeda dengan jenis kapal lain Ini fungsinya memfokuskan arus air serta tenaga tug boat saat menunda kapal. Sehingga tug boat tidak mudah ditarik ke dalam arah kapal yang sedang ditundanya.

# Winch

Terdapat ciri lain yang ada di bagian depan maupun belakang pada tug boat yakni ada sebuah Winch. Merupakan mesin yang berfungsi untuk menderek yang dilengkapi tali fiber kuat dan panjang akan dipakai ketika menarik kapal Besar.

 

Ini akan mempermudah saat menarik, memutar, juga tali tersebut bermanfaat saat Emergency Brake ketika proses mendorong kapal besar.


# Heavy Displacement Hull


Dalam sisi desainnya , Kapal Tug Boat memiliki desain lambung yang cukup unik yaitu Heavy Displacement Hull. 

 

Sehingga pada saat tenaga rendah ,  tujuannya pada bagian depan tug boat akan sejajar dengan air  dan stabi. Sedangkan pada saat tenaga digunakan pada Kapal tunda penuh , Maka bagian depan dari tug boat akan terangkat (trim belakang).

 

Tentu bukan tanpa tujuan, yakni Berfungsi agar mengurangi bidang gesekan terjadi antara kapal dengan air. Sehingga pemakaian irit terhadap penggunaan bahan bakar namun dari sisi tenaga dihasilkanakan maksimal.

 

# Damprah

Ciri-ciri Kapal Tug Boat

Ciri -ciri lainnya adalah adanya damprah atau bantalan karet yang terpasang pada setiap sisinya. Mencegah terjadi kerusakan pada kapal ketika bergesekan saat proses tunda.

 

Jenis-jenis Tug Boat

Jenis Kapal Tug boat
Ilustrasi IMG: Pixabay


Pada prinsipnya ada banyak jenis kapal tunda yang ada dalam perairan, namun secara garis besarnya dikelompokkan menjadi dua , yakni Tug boat menurut daerah kerjanya , Tugboat berdasarkan kemampuannya dan Menurut posisi kerja.

 

Sehingga dari dua kelompok tersebut memiliki beberapa varian kapal tunda yang bisa kalian pahami. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis kapal tug boat sesuai dengan klasifikasi daerah kerja dan Posisi kerja.

Baca Juga: Mengenal Kapal Sekoci dan Fungsinya

1. Kapal Tug Boad Menurut Daerah Kerjanya.

 

Kita Mulai dari jenis yang berdasarkan dari daerah kerjanya. Dalam hal Ini ada beberapa jenis kapal tunda yang biasa melakukan tugas sesuai area kerjanya. 

 

Hal Ini menjadikan secara varian juga berbeda dengan yang lain. Berikut penjelasannya.

 

#1.1 Harbor Tug Boat,


Seperti namanya, Harbor (Pelabuhan) adalah jenis kapal tunda yang tempat kerjanya berada di area di pelabuhan. Strukturnya dan bentuknya lebih kecil dari kapal Seagoing. 

 

Kapal Ini bekerja sekitaran pelabuhan, ditugaskan untuk melayani kapal-kapal yang singgah untuk membantunya nyandar. Tentu saja, kapal besar tidak cukup "gesit" untuk menavigasi pelabuhan yang penuh dengan kapal lain. Akibatnya, kapal-kapal besar diderek  Oleh Harbor Tug boat dari pelabuhan ke pelabuhan.


#1.2. Seagoing Tug Boat,


Selanjutnya varian kedua bisa kalian ketahui adalah tugboat yang memiliki area kerjanya di daerah  lautan lepas. Artinya, sering digunakan untuk operasi laut dalam seperti  dalam kegiatan mooring dan unmooring.

 

Seagoing umumnya memiliki bentuk depan yang tinggi (fungsi menyebarkan gelombang) dan umumnya lebih besar dari jenis kapal tunda lainnya. Sedangkan kekuatannya sangat baik, di topang oleh mesin betenaga yang sangat besar, dan tenaga. 

 

Kapasitasnya dapat menampung staf 7-10 orang yang bekerja didalamnya.

 

 #1.3. River Tug Boat

River tug boat , Juga msesuai dengan namannya. Yakni kapal tunda yang memiliki area kerja di sungai dalam aliran air tenang.

 

Kapal ini tidak bisa berada dalam operasi lautan lepas, karena dapat berbahaya dapat dilihat dari desain hull kapal river tuboat rendah dan berbentuk kotak sehingga tidak mempunyai kemampuan memecah ombak laut.

Sehingga dapat dipastikan rentan terhadap gelombang,  sehingga hanya beroperasi diperairan sungai ketia menarik dan mendorong kapal tongkang. Kapal Ini juga sering dikenal sebagai Towboats maupun PushBoats.

Baca Juga: Cara kerja Mesin Kapal laut dan Jenisnya


2. Jenis Kapal Tug Boat Menurut Posisinya saat menunda

Berikutnya juga dalam kapal tug boat yang berdasarkan  posisi kerjanya juga ada beberapa varian. Dari sini dibahas lengkap, sehingga kalian bisa mengenal berbagai model kapal tunda.

Berikut jenisnya kapal tugboat yang berdasarkan posisi saat menunda.


2.1. Towing Tug Boat


 Jenis pertama ykapal tunda berdasarkan pekerjaanya adalah Towing Tug Boat. Yakni sebuah kapal tunda yang bekerja untuk menarik kapal lain.


Kapal tunda ini dilengapi adanya Winch dan tali dari fiber memiliki panjang ratusan meter untuk menarik dan membelokan kapal lain yang sedang di tariknya.


2.2. Pushing Tug Boat


tug boat Pushing
Ilustrasi IMG: Pixabay

Apabila klasifikasi dari cara kerjanya, kalian juga mengenal dengan nama Pushing Tugboat. Yakni salah satu kapal yang bekerja untuk mendorong apal lain. 

 

Kapal Ini dilengkapi adanya Damprah, Yakni Bantalan-bantalan karet agar saat mendorong bodi kapal tidak mengalami kerusakan.

2.3. Side Tug Boat


Lanjut ada Sid Tug Boat , yankin jenis dan secara prinisip akan menempel ke kapal lain dan menarahkannya sesuai denan tujuann.

 Baca Juga: Apa itu kemiringan Kapal Laut



Mesin pada Kapal Tug Boat



Sebelum mengarah pada Jenis dan Fungsinya lebih dalam, Saya akan menjelaskan terkait tenaga yang dihasilkan. Mesin tug boat adalah menggunakan mesin berbahan bakar diesel yang sama dalam di lokomotif kereta api. Namun dalam membedakan antara Mesin Tug boat dan mesin lokomotif kereta api  yaitu pada kereta akan menggerakkan roda, Sedangkan mesin pada tug boatakan  menggerakkan propeller dan menghasilkan gaya dorong dalam perairan



Umumnya dalam mesin kapal Tug Boat memiliki 2 mesin induk, bekerja menghasilkan sebuah  tenaga berlipat ganda karena membutuhkan tenaga besar untuk menarik kapal lain.



Mesin yang ada dalam tugboat biasanya mamp menghasilkan 500 – 2500 KW (680 – 3400 hp). Yakni kemampuannya setara kekuatan lokomotif kereta api.



Tetapi pada kapal jenis Seagoing Tugboat mempunyai kapasitas tenaga lebih besar dari lainnya, yakni dapat menghasilkan tenaga hingga 20.000kW (27.200 hp) atau Setara 8 lokomotif kereta api.

 

Apabila membandingkan kapal ukurannya, Kapal tunda mempunyai tenaga sangat besar. Karena jenisnya diperlukan untuk kerja menggerakan kapal lain yang ukurannya sangat besar dari ukuran kapal tunda itu sendiri.


Ketika bekara menunda kapal, tidak jarang dilakukan secara bersamaan lebih dari Satu tug boat lain. Memerlukan Komunikasi dan koordinasi antar kapal tunda lain agar proses pekerjaan bisa berjalan dengan baik.

 

Itulah beberapa jenis kapal tug boat dan fungsinya. Secara umum kapal tersebut dibuat untuk melayani kapal lain di perairan laut maupun sungai. Memiliki tenaga sangat besar dan keberadaanya diperlukan atau penting.

Fungsi Kapal Tug boat dan Jenis-Jenisnya
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email