Sunday, November 27, 2022

Pelabuhan Kapal Laut dan jenis perbedaannya

Pelabuhan Kapal dan Fungsinya; Jika pada transportasi darat akan mengenal sebuah stasiun, Terminal. Maka dalam dunia kelautan dan kapal akan mengenal galangan, pengedockan kapal dan juga Pelabuhan kapal. Mari kita bahas lengkap , pengertian serta fungsinya.

 

Secara umum area tersebut sengaja dibangun , yakni fasilitas transportasi laut dalam hal ini adalah kapal yang akan berlabuh sebelum lanjut untuk berlayar.

 

Tentu disana banyak kapal-kapal yang sedang menyandar, yakni tentu berbagai keperluan yang mereka lakukan.

 

Pengertian pelabuhan Kapal Laut

Pelabuhan Kapal

Pengertian Pelabuhan adalah, Singkatnya merupakan tempat Persinggahan kapal laut secara sementara, yani akan melakukan perjalanan lain sesuai dengan jadwal dan tujuan. Di pelabuhan biasanya kapal akan melakukan atifitas, menurunkan barang dan tumpangan, atau proses muat dan membawa penumpang dari darat yang akan berlayar.

 

Berdasarkan Jenisnya, Pelabuhan kapal terdiri dari "Pelabuhan Umum dan Pelabuhan Khusus". 

 

Pelabuhan Umum merupakan tempat kegitan pelayanan yang ditujukan untuk pengguna masyarakat sipil , baik muat barang, penumpang. Sedangkan Pelabuhan Khusus adalah jenis area berlabuh yang dibuat secara sengaja untuk keperluan instansi , keperluan, tertentu.

 

Setiap area pelabuhan kapal laut mempunyai pengelola serta penanggung jawab secara terpisah dengan pelabuhan lain. Yakni dibahwa badan usaha pelabuhan dibawah BUMN, atau swasta. Sedangkan pelabuhan khusus umumnya dimiliki oleh pemerintah , misalnya pelabuhan militer dan lain sebagainya.

Baca Juga: Berbagai jenis Perlengkapan Navigasi Kapal

Sejarah Pelabuhan Kapal laut di Indonesia


Semua tempat tentu memiliki history panjang, asal muasal, atau kejadian lampau yang menjadi sebuah catatan yang dikenal dengan nama sejarah. Demikian juga dengan pelabuhan kapal, tentunya memiliki riwayat yang sama.


Diberbagai tempat pelabuhan di Indonesia memiliki rujukan cerita sejarah umum. Dan di Indonesia mempunyai cukup banyak pelabuhan, mengingat letak geografisnya juga sebagai negara maritim mempunyai banyak pulau dan luas negara mempunyai kelautan yang mantap.

 

Menurut pandangan umum, Pelabuhan di Indonesia merupakan warisan dari pemerintah Belanda.

 

Yakni di tahun 1945,  Mulai berdiri PT. Pelabuhan Indonesia yang pada masanya dikelola oleh Belanda dibawah departemen Van Scheepvaart. Mulai pada tahun 1960, Perusahan ini beralih tangan di kelola oleh Jawatan pelabuhan indonesia hingga saat ini.

 

Terus berkembang sampai indonesia mempunyai banyak pelabuhan kapal laut. Ini Merupakan secarah pengetahuan singkat saja, Lalu ada berapa jenis pelabuhan kapal Laut?

 

Baca Juga: Manfaat Penting sirkulasi Udara di Kapal laut

Jenis Pelabuhan Kapal

 

Pembahasan jenis Pelabuhan kapal dapat di bedakan Sesuai dengan klasifikasi dan penyelenggaranya. Terdapat beberapa spesifikasi, Namun secara prinsip semuanya tentu untuk kapal yang akan menyandar.


#Pelabuhan Kapal sesuai Penyelenggaranya


 

Yang membedakan dan menjadi salah satu varian pelabuhan kapal yang pertama dapat dibedakan dari penyelenggaranya.

 

#1. Pelabuhan Umum


Pelabuhan umum tempat yang dielola dan dibuat oleh pelenggara Instansi badan usaha pelabuhan maupun pemerintah. Pengelola dan Kegiatanya ,tentu diawasi langsung oleh Badan usaha terkait Maupun pemerintah.

 

Dalam hal Ini pelabuhan umum juga di pecah menjadi dua kelas. Yakni pelabuhan Kapal Umum yang menjadi Usaha dan pelabhan yang tidak mengacu pada konsep bisnis usaha melibatkan kapal Umum lain.

 

Pelabuhan umum tidak menjadi Usaha , Biasanya merupakan tempat berlabuh kapal yang hanya untuk singgah saja, Dengan Begitu areanya juga memiliki fasilitas mendukung..

 

Sedangkan Pelabuhan yang mengacu pada bisnis, umumnya dibangun untuk mencapai dan melayani sesuai dengan tujuan dan konsep bisnisnya. Mempunyai fasilitas lengkap sebagai pendukng aktiftas

Baca juga: Jenis-Jenis Kapal penumpang

#2. Pelabuhan Khusus


Sama halnya dengan pelabuhan umum, pelabuhan Khusus juga diperuntukan untuk kapal. Umumnya jenis ini diselenggarakan oleh badan Hukum tertentu maupun pemerintahan.

 

Sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan tertentu suatu perusahaan, untuk mendukung kegiatan kapal mereka dalam melancarkan sebuah roda bisnis yang sedang dikelola.

 

Itulah jenis pelabuhan yang dibedakan berdasarkan penyelenggaranya.

# Pelabuhan Kapal Berdasarkan Fungsi


Sedangkan lainnya ada sebuah kegiatan kapal yang memerlukan penanganan dan fasilitas tertentu supaya bisa berjalan dengan baik. Dan pada yang ini Kita akan mengenal pelabuhan kapal yang berdasarkan fungsi dan peruntukannya.


#1. Jenis Pelabuhan Kapal Barang


 Sesuai dengan perntukan dan fungsinya, Pelabuhan kapal barang ini hanya khusus kapal laut muatan barang. Keperluan nyandar saat akan Menurunkan atau memuat barang kapal yang akan dikirim ke tujuan.

 

Sehingga disana anda akan menyaksikan berbagai kapal laut yang memuat, menurunkan barang dari kapalnya yang akan disimpan digundang maupun akan diatar ketujuan.

#2. Jenis Pelabuhan Kapal Penumpang


 Jenis kedua adalah pelabuhan kapal penumpang yang sudah lazim didengar. Yakni area kapal penumpang nyandar, menurunkan dan menaikan penumpang layaknya terminal bus dan angkutan.

 

Saat anda disana , kita akan melihat banyak orang yang dari suatu tempat atau yang hendak naik kapal menuju suatu tempat yang diinginkan.


Didalam pelabuhan ini dilengkapi adanya fasilitas umum, Misalnya ruang tunggu, Toilet, musola, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis galangan kapal lengkap

#3. Pelabuhan Kapal Khusus Militer

Pelabuhan Khusus ini memang tidak untuk umum, yakni sebagai tempat kapal yang diperuntukan sebagai pangkalan kapal militer. Ini Sudah pasti dimiliki indonesia, bahkan hampir semua negara.

 

Angkatan laut memerlukan adanya pelabuhan saat operasi militernya memakai kapal, misalnya dalam menjaga ketahanan maritim keamanan mengawasi memakai kapal, maka akan berangkat dari pelabuhan miiter dan pulang ke tempat pelabuhan militer juga.

 

# Jenis Pelabuhan Kapal Berdasarkan Pengguna

 

Jenis lainnya juga berdasarkan dengan penggunaanya, yakni terbagi menjadi dua yang menjadikan pembeda jenis pelabuhan sesuai dengan pengguna.

 

Yakni Sebuah pelabuhan yang membuka, atau sesuai kebutuhan perdagangan luar negeri dan tidak.

 

Pelabuhan kapal membuka perdagangan luar adalah jenis yang memberikan akses kepada kapal asing singgah. Seperti yang kita ketahui bahwa kapal asing akan singgah diatur hanya bisa masuk kedalam pelabuhan tertentu saja, mendukung perdagangan internasional.

 

Dan sebaliknya untuk pelabuhan kapal yang tidak membuka perdagangan luar negeri adalah area yang dibangun untuk mendukung pelayaran lalu lintas dalam negeri saja.

 

Jenis pelabuhan ini relatif hanya melayani transaksi atar pulau dalam satu negara saja.

 

Pelabuhan ini cenderung melayani transaksi antar pulau dalam satu negara. 


Itulah jenis pelabuhan kapal yang dapat kami sampaikan, Namun belum lengkap rasanya apabila belum membahas fungsi pelabuhan yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Dapatkan Update via email