Thursday, July 23, 2020

Jenis pintu kapal laut

Selain karya manunggal memproduksi berbagai jenis jendela kapal ,PT.Karya manunggal juga membuat berbagai jenis pintu kapal laut.

Ada berbagai jenis dan ukuranya yang dapat di sesuaikan dengan kapalnya. Umumnya adalah, pintu kedap air (watertight door)  , Pintu kedap gas (Gasestight door), pintu kedap cuaca (Weathertight door) dan pintu Gasestight door ( tidak kedap air).
Jenis pintu kapal dengan daun pintu aluminium
Secara dimensi sih bisa di sesuaikan, secara umum dari berbagai tipe diatas penempatannya berbeda.  Keterkaitan dari kedap air,kedap udara maupun kedap cuaca yakni menyesuaikan penempatan.

.. sama jalanya pintu rumah, Jenis pintu kapal juga mempunyai engsel,tetapi yang membedakan adalah material, konstruksi.

Jenis material yang di gunakan oleh produsen pintu kapal ( Karya manunggal ) bervariasi . Besi, aluminium dan bahan lain menyesuaikan kebutuhan dan permintaan customers.

4 tipe dan jenis pintu kapal laut.

Mulai dari tipe dan model pintu kapal yang pertama.

1. Watertight Door Pintu kedap air 

Umumnya pada model ini terdapat pada kapal dan berfungsi untuk jalan Free ,bongkar muatan kapal.

Sifatnya ,ketika kapal berlayar dapat di buka dan tutup ,ini kebalikan dari tutup Palka dimana pada saat berlayar tetap tertutup dengan kacap.

Jenis pintu kapal kedap air yaitu, berbahan metal berengsel yang dipasang di semua bagian luar rumah gladak

Pada pintu di lengkap gasket karet serta hand operated dog yang bisa di gerakan pada dua sisi pintu tersebut.

Watertight bulkhead acces merupakan pintu kapal kedap air berengsel yang di aplikasikan pada sekat pemisah di bagian bawah geladak sekat kapal.

Selain itu juga bisa menggunakan kedap air sliding ( watertight sliding doors) merupakan jenis akses ke terowongan poros pada kamar mesin.

Side port cargo door adalah akses muat yang terpasang di buritan kapal jenis Roro (ro-ro) serta di letakan pada centerline atau di luar centerline melewati flat transome buritan.

Side port acces , store and Fueling door adalah akses yang di gunakan untuk menuju ruang muat,Ruang ABK,tempat bahan bakar.

Selain itu pintu buritan yang mempunyai engsel pada Gladak membutuhkan pengamanan pada sekitar lubang menggunakan gasket karet maupun neoprene. Pintu tipe ini juga bekerja sebagai rampdoor.

Harga pintu kapal cukup variasi ,tergantung model ,bahan dan produsennya.


2. Pintu Kedap Gas (Gasestight Door) .


Merupakan tipe pintu yang harus terpasang pada sekat ruangan yang berisi pada area gas beracun maupun hal hal yang mempunyai bau menyengat supaya tidak menjalar.


3. Pintu Kedap Cuaca (Weathertight Door) .

Pintu ini terbuat dari kayu yang di Padang pada bukaan rumah Gladak kapal ,dimana penggunaan jenis kedap air tidak di rekomendasikan.

Di lengkap penerangan yang tetap pada pintu arah buka nya keluar ruangan dengan memiliki engsel.

Untuk jenis sliding membukanya ke arah sisi ruangan dalam supaya melindungi dari cuaca.

Selain berbahan kayu, pintuk kapal kedap cuaca juga ada yang menggunakan baja,aluminum maupun stainless stell.  Jenis ini tidak terlalu menimbang penampilan,syarat utamanya sama dengan yang memakai kayu.

4. Pintu kapal kedap air.


Menggunakan bahan baja,bronze yang di aplikasikan pada ruang akomodasi seperti, kamar tidur,toilet dan lainya.

Penggunaan sambungan pintu tidak di perkenankan menggunakan kayu.,terbuat dari plat baja ringan yang harus di isolasi peredam suara,mencegah gemuruh dan harus tahan api.

Pintu ini di pasang pada jalan masuk menuju area dan tempat kerja .

 Itulah beberapa jenis pintu kapal laut secara umum. Spesifikasi dan dan dimensi biasanya juga bisa menyesuaikan. 
Jenis pintu kapal laut
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email