Thursday, August 18, 2022

Apa Itu Sertifikat Pelaut Dan Syarat Membuatnya

Salah satu dokumen penting yang harus disiapkan sebelum berlayar adalah sertifikat pelaut. Dokumen-dokumen ini sekarang dapat dengan mudah diverifikasi secara online menggunakan laptop atau perangkat seluler.


Jadi bagaimana sertifikat pelaut diverifikasi? Ini menjadi persiapan penting yang tidak bisa anda lewati sebelum melakukan pelayaran. 


Banyak yang masih bingung dengan pengertian dari "Apa itu sertifikat pelaut".

Penjelasan tentang sertifikat pelaut


Sertifikat keterampilan pelaut adalah izin atau gelar yang menyatakan bahwa pemegangnya berwenang untuk melakukan perjalanan laut atau berlayar. 


Denan demikian dapat diasumsikan bahwa jika seseorang telah memiliki dokumen laik laut ini, mereka telah memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berlayar.


Secara umum ini merupakan syarat wajib, sehingga kepemilikan sertifikat laut menjadi bukti sah bahwa pemegang dokumen telah mengetahui dan siap dalam perjalanan laut.


Jadi tidak bisa didapatkan dengan mudah begitu saja, mereka yang ingin memperoleh sertifikat laut harus melakukan beberapa tahapan sebagai mekanisme / regulasi yang sudah ditetapkan.



Selain surat penilaian keahlian, anda juga memerlukan buku pelaut yang merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara.



Buku ini berisi daftar atau catatan tentang pengalaman berlayar seorang pelaut. Seaman book adalah untuk pelaut yang bepergian ke luar negeri atau pelayaran internasional.



Hanya pelaut yang memiliki sertifikat pengalaman dan seaman book yang bisa berlayar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Peraturan Menteri Perhubungan tentang Izin Teknis buku Pelaut.


Syarat Pembuatan Buku Pelaut.


Setelah mempelajari cara memeriksa kredensial pelaut secara online, Anda perlu fokus pada prasyarat untuk menerbitkan buku.


Apalagi jika pelayaran internasional akan dilakukan dengan menggunakan buku pelaut. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi yang harus dipenuhi sebelum membuat buku pelaut.


# Dokumen Kependudukan :


Identitas Kartu Tanda Penduduk dan Akta Kelahiran merupakan dokumen penting tambahan yang perlu disiapkan. Anda cukup membawa fotokopi dokumen pendukung kedua KTP tersebut, bukan yang asli.



Hanya mereka yang belum pernah menggunakan buku pelaut digital yang diwajibkan untuk menyiapkannya.Dokumen ini harus diserahkan sebagai bukti bahwa ini adalah upaya pertama Anda membuat buku pelaut digital.

 

# skck Kepolisian:


Pelaut masa depan dapat membuktikan bahwa mereka tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal dengan menunjukkan skck atau sertifikat polisi mereka. Anda dapat menerima surat ini dengan memintanya di kantor polisi setempat.


# Dokumen Pendukung :


Kebutuhan pertama adalah kebutuhan akan dokumen pendukung, salah satunya adalah sertifikat keahlian pelaut. Misalnya, Kulting/ABLE merupakan salah satu bentuk sertifikat keahlian pelaut yang dapat dimanfaatkan.

# Surat Keterangan Sehat :


Siapkan surat keterangan sehat dari dokter yang dapat diperoleh secara sah melalui rumah sakit selanjutnya. Direktorat Perhubungan Laut menyarankan agar sertifikat kesehatan ini diperoleh dari fasilitas kesehatan dalam daftar mereka.


# Pelatihan keselamatan dasar :


Sertifikat Salah satu hal yang harus dilakukan karena merupakan dokumen dasar bagi pelaut adalah sertifikat pelatihan keselamatan dasar. Periksa keabsahan sertifikat pelatihan keselamatan dasar yang akan didaftarkan. Salah satunya adalah persyaratan bagi setiap pelaut yang ingin melakukan fungsi administrasi.



Di awal pelatihan Anda sebagai pelaut, Anda bisa mendapatkan sertifikat pelatihan keselamatan dasar ini.



Sertifikat ini biasanya merupakan salah satu dokumen dasar yang perlu Anda miliki untuk memperoleh ijazah atau untuk memenuhi persyaratan lain untuk seorang pelaut. 



Tergantung pada wilayah yang bersangkutan, Anda dapat mengajukan permohonan sertifikat navigasi ini melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia.



Tujuan surat ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pelaut yang berpengalaman dalam pelayaran lokal.


# Paspor :


Dokumen terakhir yang perlu dibuat adalah snapshot tiga bagian, ukuran 3x4 dan 5x5.


Untuk foto ini, ada persyaratan unik bahwa pelaut mengenakan atasan berbentuk kemeja putih polos lengan panjang.


Pelaut juga harus mengenakan dasi hitam di foto. Ada pedoman latar belakang yang harus digunakan dalam foto paspor ini juga.


Warna biru digunakan untuk dek kapal atau tema bahari. Bagian teknik atau mesin kapal berlatar belakang merah.

Masa berlaku Sertifikat Pelaut


Masa berlaku sertifikat pelaut ini adalah lima tahun sejak tanggal diterbitkan. Dan Setelah masa berlakunya habis, awak kapal dapat memperbaharui masa berlakunya dengan mengirimkan sertifikat yang akan diperbarui.


Anda dapat menghubungi pihak terkait saat ingin melakukan perpanjangan. Sehingga memperoleh regulasi dan tata cara yang cepat dan tepat saat akan memperpanjang masa berlaku sertifikat pelaut.



Cek Online Pelaut Sertifikat Pelaut

Dan kabar baiknya Anda tidak perlu khawatir jika harus mencari sertifikat lagi karena sekarang bisa cek sertifikat secara online.


Untuk petunjuk tentang cara memverifikasi sertifikat laut online dengan cara mengunjungi situs resmi pemerintah memakai browser di ponsel atau laptop anda.


Kemudian, silahkan akses ke situs resmi https://pelaut.dephub.go.id.



Selama Anda terhubung ke Internet, Anda dapat menggunakan ponsel atau browser komputer Anda untuk mengunjungi situs ini. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menunggu halaman ini dimuat sepenuhnya.



Pastikan Anda mengetikkan alamat situs web secara benar untuk menghindari bermasalah login.


Sertifikat pelaut


Tahap selanjutnya anda bisa melihat Serial number sertifikat atau nomor seri nya , yakni berguna untuk id cek online sertifikat laut anda.

 

Untuk memastikan bahwa semua nomor telah dimasukkan dan tidak ada yang ditinggalkan, ketikkan kode sertifikat sekali lagi.
 


Setelah memproses cek online untuk sertifikat keahlian pelaut, klik opsi pencarian dan tunggu sebentar untuk hasilnya.


Jika hasilnya masuk, Anda bisa langsung menyalin atau menyimpan sertifikat keahlian pelaut. 


Namun jika sertifikat ini tidak disebutkan atau tidak muncul beberapa kali selama prosedur pemeriksaan, maka harus segera dilaporkan ke Direktorat Angkutan Laut. Situs pelatihan atau lokasi pengiriman sertifikat akan menerima laporan ini.



Anda memiliki pilihan untuk mengirimkan laporan ini secara online melalui email atau dengan mengunjungi Departemen Pengiriman secara langsung.



Untuk menyederhanakan pelaporan, Anda disarankan untuk menambahkan bukti bahwa sertifikat tersebut tidak benar-benar diunggah.



Verifikasi online sertifikat pelaut


Saat ini tidak hanya sertifikat laut saja yang dapat diverifikasi secara online, ijazah pelaut juga dapat dilihat dengan cara ini melalui situs remi.


Untuk mengetahui apakah dokumen yang dipegang itu asli atau palsu, pemeriksaan ijazah pelaut bisa dilakukan secara online.



Anda dapat mengandalkan browser di perangkat digital saat ini untuk memeriksa ijazah secara online dengan mudah.



Mulailah dengan menggunakan komputer atau perangkat seluler untuk mengakses situs resmi https://pelaut.dephub.go.id.



Langkah berikut melibatkan meminta pengunjung situs web untuk memasukkan kode pelaut, yang terdiri dari 10 nomor pertama dari sertifikat keahlian Anda.



Pilihan jenis dokumen yang akan diperiksa kemudian akan ditampilkan kepada pengguna situs web, seperti ijazah dan sertifikat kecakapan maritim, misalnya.


Cukup klik Enter untuk menjalankan deskripsi ijazah pelaut setelah memilih opsi yang sesuai. Jika Ijazah kelautan Anda miliki adalah asli, dokumen akan ditampilkan dengan benar.



Keaslian Ijazahh pelaut dapat dipertanyakan, tetapi jika dokumen tidak dapat ditunjukkan.



Dokumen kelautan yang ini berlaku seumur hidup dan tidak memiliki batasan, tetapi setelah setidaknya satu tahun navigasi, Anda dapat memperbaruinya secara operasional dengan administrasi.



Itulah penjelasan singkat tentang Apa itu sertifikat pelaut, Buku Kelautan hingga Syarat membuatnya. Dalam Hal ini syarat bisa saja berubah sesuai dengen regulasi terbaru, untuk itu anda bisa memastikan ulang dengan cara menghubungi intsansi terkait. Sumber: www.suzuki.co.id

Apa Itu Sertifikat Pelaut Dan Syarat Membuatnya
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email