Friday, August 12, 2022

Mesin Kapal Laut dan Sistem yang digunakan

Memahami Mesin Kelautan yang biasa dikenal dengan mesin kapal yakni tenaga utama penggerak kapal yang akan memutar baling-baing dalam perairan dan menjadi gaya dorong.


Merupakan Gearbox Processing System adalah unit mesin yang menghasilkan tenaga penggerak sebagai mesin utama atau mesin bantu lainnya, sehingga banyak persyaratan dalam gearbox yang harus diketahui oleh teknisi di industri kelautan.



Berdasarkan ketentuan dalam Publikasi Nomor 92 Tahun 1962 IEC (International Engineering Corporation), mesin kelautan. Setiap mesin kapal harus memenuhi berbagai ketentuan wajib diketahui oleh teknisi yang bergerak dalam perkapalan.


Posisi Sudut 15ยบ dan tidak terus menerus (bergetar) pada sudut 22,5 (yang dimaksudkan di sini untuk pitch atau miring ke kiri atau kanan ).

 

Disamping itu mesin harus terus beroperasi ke arah kemiringan memanjang (trimming) kapal dengan sudut 10° untuk kapal dengan panjang L Kurang dari 150 m dan 5° untuk kapal dengan panjang L Lebih dari150 m. 

 

Oleh karena itu biasanya digunakan untuk sistem permesinan yang ada di pabrik yang berlokasi di darat, sedangkan mesin yang ada di pabrik berbasis darat (mesin stasioner) umumnya tidak perlu digunakan sebagai mesin kelautan.



Pengenalan jenis mesin sangat penting dalam proses penangkapan ikan, Hingga penggunaan tenagga untuk berbagai jenis kapal lain. Dimana tenaga kapal dan gaya dorong mesin harus mengatasi gaya hambat yang ditimbulkan oleh gerakan kapal agar kapal dapat beroperasi dengan aman Sesuai dengan kecepatan yang direncanakan.

 

Karena kemampuan manuver kapal sangat menentukan keberhasilan operasi berlayar pada kapal laut.

Baca juga: Penjelasan Bagian bagian kapal laut

Mesin Kapal Laut

Mesin Kapal

Ada beberapa jenis mesin kapal yang menjadi salah satu bagian dari marine equipment wajib anda ketahui.


Menurut Motor Fuel (Motor) adalah mesin kalor yang mengubah energi panas dari hasil pembakaran bahan bakar di ruang bakar menjadi energi mekanik di poros engkol. Berdasarkan jenis bahan bakar, definisi mesin adalah sebagai berikut:


Mesin Luar / Outboard Engine Marine

Banyak digunakan oleh kapal nelayan kecil dengan daerah penangkapan dan hari penangkapan yang relatif pendek dan biasanya kapal/perahu ukuran GT kecil.


Alat tangkap yang umum digunakan adalah jaring berdinding tiga, pancing, lampara dasar, pancing ulur. Mesin yang biasa digunakan oleh nelayan adalah Dongfeng, Kobota, dll. Ada dua cara untuk memasang outboard, yaitu:
 

  • Model tempel memiliki dudukan posisi mesin yang dijepit dengan sekrup putar di bagian belakang perahu (speed boat).
  • Model mesin kapal/perahu adalah soffit, yaitu dasar mesin ulir yang dipasang pada pohon di atas dek buritan, AS posisi baling-baling di atas bagian belakang kapal/perahu.


Mesin dalam / Inboard Engine

Banyak digunakan di kapal penangkap ikan dengan cakupan wilayah penangkapan ikan, sebagian besar di perairan laut hingga ZZEI dan hari penangkapan ikan yang relatif lebih lama dan ukuran kapal GT yang lebih besar.


Pendapat bahwa pukat cincin, pukat udang, gillnet dan lain-lain merupakan alat tangkap yang umum digunakan. Merk mesin diesel yang umum digunakan adalah Fuso, Mitsubishi, dll. 


Cara pemasangan mesin dalam dipasang pada bagian dasar mesin dengan beberapa baut, alas balok mesin dipasang pada rangka ruang mesin (gading) dengan beberapa baut, yang biasanya memiliki jarak gigi yang lebih rapat dan jarak yang lebih dekat. ukuran besar dari gigi bagian lainnya.

Sedangkan sesuai dengan jenis bahan bakar yang digunkaan biasanya kapal terdapat dua mesin sesuai dengan klasifikasi kapal.

Baca juga: Mengenal jenis kapal kontainer

1. Mesin Kapal Bensin.

Mesin bensin (gasoline engine) adalah mesin yang cara penyalaan bahan bakarnya menggunakan penyalaan bunga api (spark ignition engine), proses pembakaran bahan bakarnya berlangsung dalam volume yang tetap. Proses ini disebut siklus Otto.

 

2. Mesin Kapal Diesel

Mesin diesel (diesel engine) adalah mesin yang cara penyalaan bahan bakarnya berlangsung pada tekanan tinggi atau kompresi dan temperatur (mesin diesel), proses pembakarannya berlangsung pada tekanan konstan. Proses ini disebut siklus Diesel.


Pengertian mesin berdasarkan sumber penggerak kapal atau penggerak mesin laut adalah sebagai berikut:
 

  • Mesin diesel ground (ground atau stationary diesel engine) adalah mesin diesel (non-otomotif) yang digunakan sebagai penggerak generator, tenaga listrik (generator), penggerak pompa, penggerak penggilingan padi, (penggilingan padi), penggerak traktor. 
  • Autodieselmotor (Mesin Diesel Otomotif) adalah jenis mesin diesel (mobil) yang digunakan sebagai tenaga penggerak pada mobil penumpang, truk, bus, dll.
  • Mesin Diesel Kelautan (Marine Diesel Engine) adalah mesin diesel kelautan yang digunakan sebagai sumber tenaga penggerak untuk sebuah kapal (mesin diesel yang diperuntukkan untuk keperluan kelautan).

Syarat Mesin Perkapalan


Dalam hal ini ada banyak poin penting yang harus diperhatikan dalam mesin perkapalan. Tidak lepas dari fungsi dan menyangkut keselamatan. Persyaratan utama yang harus dipenuhi sebagai Marine Engine adalah sebagai berikut:

 

  1. Mesin harus Mampu terus bekerja (tidak dimatikan) terus menerus, dalam posisi datar dan miring terus menerus pada sudut 150 dan engkol kapal 22,50.
  2. Motor atau mesin harus memenuhi persyaratan Biro Klasifikasi Pelayaran tempat kapal diklasifikasikan BKI.
  3. Sistem propulsi untuk kapal diharapkan memiliki bobot yang relatif ringan dan volume yang relatif kecil, mengingat ruang yang terbatas di atas kapal. Gambaran nilai ekonomis efisiensi bahan bakar bila menggunakan bahan bakar tidak mudah terbakar (solar) sehingga tangki bahan bakar tidak terlalu besar. 
  4. Jenis mesin Bahan bakar Bensin hanya digunakan pada kapal kecil atau kapal olahraga dengan motor tempel.
  5. Kebisingan rendah dan getaran motor kecil, mudah diperbaiki setiap saat, suku cadang mudah digunakan dan tahan terhadap angin dan air laut.

Klasifikasi Mesin kapal dengan sistem bahan bakar.

UraianKlasifikasi
Jenis Bakar Bahan Bakar
Mesin Bensin

Mesin Diesel
Prinsip Kerja MesinMesin 4 Tak (Langkah)

Mesin 2 Tak (Langkah)
Posisi SilinderVertikal (Tegak)

Horisontal (Datar)

Bentuk V Engine
Jumlah SilinderSilinder Satu

Silinder banyak (2,3,4,6,8,10,12)
Penggunaan MotorStasionary Motor Menetap

Automotive (Motor Mobil)

Marine Engine (Motor Kapal)
Sistem Pendingin MotorSistem Sirkulasi Tertutup

Sistem Sirkulasi Terbuka

Sistem Sirkulasi Semi Tertutup
Cara MenjalankanSistem Elektrik

Sistem Udara

Sistem Manual

Secara umum, mesin pembakaran dalam dapat diklasifikasikan sesuai dengan tabel diatas. Itulah gambaran umum jenis mesin kapal yang dapat anda ketahui.

Mesin Kapal Laut dan Sistem yang digunakan
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email