Monday, August 29, 2022

Jenis dan Cara kerja Mesin Kapal Laut

Jenis dan Cara kerja mesin kapal ; Kapal laut modern bergerak dengan tenaga mesin, berbeda dengan versi para pendahulu yang memanfaatkan tenaga angin. Saat ini hampir semua ukurannya telah mempunyai mesin, mulai dari kapal speed boat hingga pesiar semuanya memiliki sumber tenaga mekanis.

 

Mungkin sebagian orang masih bingung bagaimana cara kerja mesin kapal. Saat melihat motor, mobil, sudah tidak asing lagi dengan prinsip kerjanya. Tetapi apakah sama dengan kapal laut?



Mesin di kapal laut bertugas untuk menghasilkan tenaga memindahkan kapal dari pelabuhan ke pelabuhan sesuai dengan cara kerja mesin kapal.

 

Saat ini tersedia 2 jenis mesin kelautan 4-tak dan 2-tak dipasang di atas kapal dari semua ukuran. Hal ini tergantung dari konsep dasar pembuat kapal, apakah akan memakai mesin 2 langkah atau 4 langkah.

 

Ini berlaku untuk semua ukurannya, apakah itu kapal kecil yang menavigasi perairan pantai atau kapal besar yang bepergian melalui perairan internasional.

Baca juga: Jenis-Jenis Kapal Kargo

Mesin Kapal Laut

Cara kerja Mesin Kapal Laut
img: Pixabay


Pada prinsipnya Mesin dalam kapal laut adalah mesin mekanis yang bekerja memakai bahan bakar dan menghasilkan putaran mengubah energi panas menjadi tenaga. 

 

Panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar yang akan di konversi menjadi energi mekanik, atau kerja yang bisa diterapkan. Mesin pembakaran dalam, yang serupa dengan yang digunakan pada kapal, membakar bahan bakar di dalam silinder mesin dan menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari pembakaran tersebut.

 

Ini akan diteruskan menjadi putaran baling-baling kapal yang akan berputar dalam perairan dan menjadi gaya dorong besar menggerakan seluruh badan kapal.

Baca Juga: Cara kerja Baling-baling kapal laut

Bagaimana Mesin Kapal bekerja?

img:mesin.uma.ac.id

Prinsip kerja Mesin kapal umumnya hampir sama dengan kendaraan darat lainnya. Tetapi disini yang membedakan adalah jika mobil memutar roda, sedangkan pada kapal laut akan menghasilkan gaya putar poros yang dihungkan ke baling-baling.


Mesin pembakaran internal (IC) terutama digunakan untuk penggerak kapal dan pembangkit listrik, seperti yang telah disebutkan yakni sebagai sumber tenaga utama dalam kapal lat. 

 

Proses yang dijelaskan di bawah ini dapat digunakan untuk menjelaskan cara kerja mesin kapal: 

 

  • Proses Injeksi : Sejumlah bahan bakar yang diinjeksikan di bawah tekanan tinggi dapat dikontrol.
  • Pembakaran: Dengan bantuan piston, campuran bahan bakar dan udara dikompresi di dalam silinder mesin, di mana tekanan dari kompresi menyebabkan campuran meledak. 
  • Tenaga: Akibatnya panas dilepaskan, meningkatkan tekanan gas yang terbakar
    Susunan batang penghubung mengubah gerakan melintang menjadi gerakan putar poros engkol ketika peningkatan tekanan yang tiba-tiba mendorong piston ke bawah. 
  • Terus meledak, tergantung pada penggunaan dan jenis mesin kelautan, untuk mempertahankan keluaran daya.


Untuk melakukan pekerjaan mekanis, alternator atau susunan baling-baling keduanya terhubung ke poros engkol melalui roda gila. Ledakan harus terus menerus diulang untuk mencapai rotasi poros engkol terus menerus.

Sebelum ledakan berikutnya, gas bekas disuplai dengan udara segar melalui katup buang, yang membantu mendorong gas bekas keluar dari silinder dan menyediakan udara segar untuk proses pembakaran berikutnya.

Baca juga: Jenis- Jenis Propeller kapal

Ada dua kategori utama mesin diesel Kapal laut:

Cara kerja Mesin Kapal
img: Ruang Mesin kapal

Ya, sama dengan kendaraan bermotor. Pada cara kerja mesin kapal laut juga dibagi menjadi dua kategori. Diantaranya adalah mesin kapal  4 Tak dan mesin dua tak atau biasa dikenal juga dengan Mesin 4 Langkah (Stroke) dan 2 Langkah ( Stroke).



Mesin 4 tak kapal dapat dipasang untuk menggerakkan kapal dan menghasilkan listrik (biasanya seukuran perahu kecil). Transfer daya dari ruang bakar ke poros engkol di mesin ini berlangsung selama empat siklus.



Hal-hal yang terjadi di IC. Bagaimana cara kerja mesin kapal 4 Tak? Berikut penjelasannya:


Langkah Hisap : Piston bergerak ke bawah selama langkah hisap, yang memasukkan udara segar ke dalam ruangan. Piston bergerak ke atas selama langkah kompresi, yang berfungsi untuk memampatkan campuran udara-bahan bakar.

 

Power stroke: gerakan di mana piston didorong ke bawah oleh ledakan.

 

Langkah Buang: gerakan piston ke atas yang digunakan untuk melepaskan gas buang.


Dalam empat langkah piston bergerak, keempat langkahnya menghasilkan dua putaran poros engkol. Di atas kepala silinder, katup masuk dan buang dipasang untuk membiarkan udara segar masuk dan mengeluarkan gas buang bekas.



Sebuah poros bubungan, yang digunakan untuk mengoperasikan katup dan pompa bahan bakar (yang memasok bahan bakar ke injektor), digerakkan oleh poros engkol melalui penggerak roda gigi. 

 

Camshaft berputar pada setengah kecepatan poros engkol dalam mesin empat langkah. Untuk penyetelan liner piston, bak mesin dibuka, yang membantu melumasi liner.



Mesin 2 tak, yang ukurannya lebih besar dari mesin 4 tak, digunakan untuk menggerakkan kapal. Berikut prinsip kerja dari mesin 2 langkah pada kapal laut:

 

Langkah hisap dan kompresi, yang merupakan gerakan piston ke atas untuk menarik udara segar dan mengompres campuran udara-bahan bakar, adalah dua siklus yang membentuk keseluruhan proses di mesin ini.



Tenaga dan pembuangan mengacu pada gerakan piston ke bawah sebagai akibat dari ledakan di ruang dan pelepasan gas buang berikutnya melalui katup buang, yang ditempelkan di bagian atas silinder. Kotak isian digunakan untuk memisahkan dan menutup ruang bakar dari bak mesin.

 

Begitulah gambaran sederhana dari prinsip cara kerja mesin yang digunakan pada kapal laut untuk menghasilkan gaya dorong.

Baca juga: Mengenal Varian Jangkar Kapal


Perawatan Mesin Kapal Laut

Mesin yang terpasang dalam kapal laut memiliki jadwal perawatan, pengecekan jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang. Hal ini harus dilakukan sebagai upaya agar kapal dapat berjalan optimal dan tidak mengalami kendala saat berlayar.

 

Sama halnya pemeliharaan mesin yang ada di darat, memerlukan pemeriksaan perbaikan.


Pabrikan menentukan dalam manual mesin seberapa sering bagian-bagian mesin yang berbeda harus dirombak dan dilakukan pengecekan berkala. Terlepas dari masalah yang ditunjukkan mesin, perawatan harus dilakukan dalam jangka waktu antara dua durasi overhaul.


Perawatan terencana untuk mesin kapal meliputi overhaul komponen ruang bakar yang bergerak dan tidak bergerak. Ini dianggap sebagai perawatan mesin dasar.

 

Ada beberapa hal yang menjadi kegiatan rutin atau acuan prosedur perawatan yang wajib dilakukan. Berikut adalah beberapa prosedur perawatan mesin rutin:

  1. Ukur dan overhaul Batang, ring piston, dan piston sebagai sumber dorong utama pembakaran.
  2. Pengecekan dan overhaul liner silinder pada head engine.
  3. Mengecek dan overhaul restrukturisasi katup buang
  4. Mengecek kotak isian.
  5. Pemeriksaan dan pengukuran bantalan crosshead dan batang penghubung.
  6. Ukur dan perbaiki bantalan utama.
  7. Pemeriksaan dan pengukuran pompa bahan bakar.
  8. Pemeriksaan timing Pembakaran.
  9. Memeriksa dan memperbaiki sistem udara.
  10. Lain-lain.


 

Peringkat mesin dan daya perlu diperiksa menggunakan indikator daya digital selain overhaul tepat waktu.



Efektivitas sistem pelumasan liner silinder selanjutnya ditentukan oleh inspeksi ruang scavenge, yang juga memeriksa kondisi ring piston. Beberapa teknik yang paling kompleks dan canggih digunakan untuk menciptakan mesin kelautan yang digunakan di kapal. 

 

Untuk mengoperasikan, memelihara, dan memecahkan masalah mesin kelautan di atas kapal, insinyur kelautan diberikan pelatihan khusus. mengukur waktu defleksi poros engkol.

Baca juga: Apa itu Sertifikat Kapal Laut

Negara Pembuatan Mesin Kapal.

 

Sebuah fasilitas manufaktur memproduksi mesin kelautan ini. Misalnya, MAN Diesel memiliki fasilitas manufaktur di Shanghai, Saint-Nazaire, Kopenhagen, Frederikshavn, Augsburg, dll. Demikian pula, Wartsila memiliki lokasi di Cina, Jerman, Finlandia, dan negara lain.


Jika ada kontrak antara kedua bisnis, mesin kapal juga dapat diproduksi di galangan kapal yang memiliki reputasi baik.


Mesin biasanya dibangun dalam tiga bagian berbeda (dijelaskan di bawah), dan tergantung pada ukuran ruang mesin dan aksesibilitas area pemasangan, baik bagian mesin atau seluruh rakitan dapat dipasang di galangan kapal.



Komponen yang digunakan dalam pembuatan mesin kapal

Banyak bahan yang dipakai dalam membuat kapal, semuanya tentu harus berkualitas.


Bahan yang digunakan untuk pembuatan mesin kapal dan berbagai suku cadang mesin kapal adalah:


Crankshaft bearing dan A-frame terletak pada bed plate yang merupakan dasar mesin dan bagian paling bawah kendaraan . Pengecoran tunggal besi tuang digunakan untuk mesin kecil, dan penampang melintang baja tuang fabrikasi dengan gelagar memanjang digunakan untuk mesin 2-tak besar.



A-frame: A-frame dipasang pada pelat dasar mesin dan, seperti namanya, menyerupai huruf "A." Itu dibangun secara terpisah untuk memegang panduan judul bab dan mendukung entablature sederhana di atas. Untuk membuat permukaan kawin untuk pemasangan di atas pelat dasar, permukaan bawah rangka-A dikerjakan dengan mesin.



Entablature besi cor, juga disebut sebagai blok silinder, digunakan untuk ruang udara dan berisi air pendingin. Coran bisa tunggal atau multisilinder tergantung pada ukuran mesin (dibaut bersama). Bagian bawah blok silinder dikerjakan dengan mesin dan baut dipasang untuk mengamankannya ke rangka-A.


Itulah beberapa penjelasan sederhana tentang cara kerja mesin kapal laut beserta dengan jenisnya. Source: https://mesin.uma.ac.id

Jenis dan Cara kerja Mesin Kapal Laut
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email