Friday, August 12, 2022

Jenis - Jenis Kapal tongkang dan Kelebihannya

 Kapal tongkang ,  atau biasa dikenal dengan kapal konstruksi model lambung datar yang biasa digunakan sebagai alat transportasi laut untuk muatan minyak, batu bara dan lain sebagainya.

 

Sama dengan jenis kapal lainnya, Kapal tongkang juga memiliki beberapa varian yang bisa anda ketahui.

 

Jenis kapal tongkang menjadi salah satu model tranportasi laut sangat penting untuk kelangsungan perekonomian. Misalnya sebagai angkutan material mulai dari karo kering , karo cair dan lain sebagainya.

 

Sedangkan nama jenis kapal tongkang juga tidak berbeda jauh dengan fungsinya, berikut pembahasan kapal tongkang.

Baca Juga: 9 Jenis Jangkar Kapal Laut

Jenis Kapal tongkang.

Anda meungkin sebelumnya berfikir bahwa kapal tongkang tidak memiliki varian model dan jenis. Faktanya dalam perairan kita akan melihat beberapa jenis kapal ini, sesuai dengan kegunaan maupun fungsinya masing-masing. 

Berikut Varian dari kapal tongkang.

Kapal tongkang
Kapal tongkang Gandasari

1. Tongkang kargo cair / Liquid cargo barge


Merupakan kapal laut Tongkang berguna sebagai angkutan dan melakukan distribusi minyak mentah, bahan kimia cair, dan pupuk kimia untuk kebutuhan industri lainnya.  


2. Tongkang kargo kering / Dry bulk cargo barge

Seperti namanya, kapal jenis tongkang kering ini digunakan untuk mengangkut kargo kering. Seperti biji-biji lagam, pasir, baja, batu bara, dan barang kering lainnya yang dapat diangkut dengan sistem bongkar muat yang akan dilaksanakan melalui perairan.


3. Tongkang : perahu barak, Power Brage

Jenis lainnya adalah perahu yang membawa pembangkit listrik. Sementara itu, Barage Brge merupakan jenis perahu yang digunakan untuk tempat tinggal penduduk. 


Selama Perang Dunia, kapal barak digunakan sebagai akomodasi bagi pelaut atau pedagang yang kapalnya rusak atau tenggelam. Ini juga berfungsi sebagai asrama militer angkatan laut serta kantor sementara.


4. Perahu terapung otomatis


Sebuah jenis perahu yang berlayar melintasi lautan pada abad ke-20, membawa jejak ke lokasi lain. Di beberapa negara bagian AS, armada masih digunakan sampai sekarang.


5. Split hopper tongkang


Sebuah hopper split memiliki peralatan bongkar muat karena membawa bahan kerukan seperti pasir, batu dan tanah. 

 

Kapal jenis ini banyak digunakan dalam pembuatan kapal. Tongkang split hopper dapat dibelah untuk membuang muatannya ke laut untuk proses reklamasi atau untuk membuka lahan baru di wilayah pesisir.

Baca Juga; Jenis- Jenis kapal pesiar

Fungsi Kapal kapal tongkang sangat penting penunjang Bisnis


Dalam hal ini peranan kapal tongkang sangat dibutuhkan oleh para pedagang dalam proses pendistribusian material dan mempermudah pekerjaan konstruksi. Karakteristrik dari kapal tongkang umumnya biasanya tidak memiliki mesin penggerak sendiri , yakni mengandalkan mesin dari kapal lain sebagai penggeraknya.


Kapal tongkang mengandalkan tenaga dari kapal tunda untuk bergerak. Namun, pedagang lebih memilih dua kapal ini daripada tongkang yang bergerak sendiri.Banyak sekali manfaat dri kapal tongkang, dan berikut mengapa kapal tonkang dan tunda menjadi pilihan terbaik dalam menunjang transportasi bisnis.


1. Efisiensi waktu


Meski self-propelled boat termasuk mesin, ukuran kapal lebih dari 1500 GT (gross ton), yang berarti banyak dokumen yang perlu diproses.



Oleh karena itu, para pedagang lebih memilih tongkang dan kapal tunda karena kapal tunda biasanya berukuran kecil. Sehingga lebih sedikit dokumen untuk diproses dan operasi lebih cepat.


2. Ressponsif rintangan di Lapangan.


Sebuah Jenis kapal tunda umumnya harus memiliki dua mesin penggerak utama. Jika salah satu mesin mati, Maka peran mesin kedua dapat diaktifkan untuk menjaga perahu tetap dapat bergerak dperairan.

 

 Inilah sebabnya mengapa sampan dan kapal tunda lebih diminati daripada kapal swakemudi.


3. Distribusi yang lancar di daerah terpencil


Dengan Adanya kapal tongkang maka seluruh Akses ke lokasi sungai pedalaman mudah dicapai dengan perahu. Hal ini karena ukurannya yang mampu mengangkut kargo dalam jumlah besar juga menjadi alasan tongkang menjadi pilihan terbaik penunjang bisnis. 

 

Meskipun kapal-kapal ini lebih kecil dari kapal kargo yang mengarungi lautan antarbenua, mereka lebih efisien dan lebih murah, dan pilihan ukuran kapal tersedia jika diperlukan.


Ukuran Kapal tongkang dan Kapasitas

Tongkang mampu memuat 2.000 hingga 8.000 MT (metrik ton) berdasarkan ukurannya yang dipecah menjadi berikut:

  • Kapal tongkang 180 Feet: tongkang terkecil yang dapat membawa kargo 2000 MT.
  • Ukuran tongkang adalah 230 kaki: mampu membawa 4000 MT kargo. Tongkang 270 kaki: tongkang standar berukuran sedang yang dapat membawa 6000 MT kargo dalam satu arah.
  • Ukuran tongkang 300 kaki: kapasitas pemuatan tongkang terbesar hingga 8000 MT kargo.
Jenis - Jenis Kapal tongkang dan Kelebihannya
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email