Sunday, November 20, 2022

Mengenal Kapal Penumpang

 Kapal Laut, Memiliki beragam jenis yang ada dalam perairan. Mulai dari Kapal penumpang  dan lain sebagainnya. Transportasi tersebbut tidak hanya untuk membawa penumpang saja, namun telah disesuaikan dengan kegunaanya, misal membawa peti kemas, Sembako, Minyak dan lain sebagainnya.

 

Potensi transportasi laut masih sangat berpotensi dalam menjadi solusi angkutan barang dan maupun penumpang, umumnya menjadi solusi terbaik untuk membawa penumpang antar pulau untuk menyebrangi lautan.

 

Daya angkut kapal penumpang juga relatif sangat besar, sehingga didalamnya bukan hanya manusia saja yang dapat menaiki, tetapi mereka bisa membawa kendaraan mulai dari mobil, motor , truck dan lain-lain.

 

Kapal adalah kendaraan yang mengangkut melalui jalur laut, membawa penumpang berupa barang maupun manusia dalam kapasitas yang relatif banya. Sehingga dapat disimpulkan kapal itu berbeda dengan perahu, Perahu melakukan perjalanan di laut maupun sungai dalam kapasitas muatan relatif sedikit.

 

Dari sisi ukuran perbedaan kapal dan perahu juga dapat dilihat dari ukurannya. Dan dari beragam kapal Laut, mari kita simak beberapa jenis kapal penumpang

Baca Juga: 13 Jenis Kapal Khusus dan Fungsinya

1#. Kapal Ferry

Kapal Penumpang


 Kapal Penumpang yang pertama ini cukup familar ditelinga masyarakat dan fungsinya sangat vital dalam dunia transportasi.

 

Kapal ferry ini dipakai oleh mereka yang akan melakukan penyebrangan antar pulau di melalui lautan membawa penumpang, kendaraan dari Motor, Bus, Truk, Mobil dan lain sebagainya.


Perananya sangat penting dalam transportasi laut, keperluan perjalanan hingga untuk distribusi bahan pokok.

 

Scara garis besar Kapal Ferry dipakai untuk penyebrangan laut maupun sungai untuk mereka yang akan melakukan perjalanan dan distribusi dari pulau ke pulau dalam negeri.


2#. Kapal Pesiar


Kapal pesiar, Bukan suatu hal yang asing dalam obrolan. Tetapi tidak banyak mereka yang bisa menaikinya dalam melakukan perjalanan laut.

 

Ini merupakan salah satu jenis kapal penumpang, yakni berfungsi untuk mereka yang akan melakukan pelayaran pesiar untuk melakuan liburan.

 

 Secara ukuran Kapal pesiar ini sangat besar, didalamnya terdapat berbagai fasilitas mewah. Orang yang ada dalam perjalan pesiar ini umumnya bukan kalangan ekonomi cukup, namun bisa dibilang rata-rata adalah orang kaya raya.

 

Prinsip pelayaran kapal siar bukan drop, atau mengatarkan penumpang ke suatu tujuan dan menurunkannya setelah sampai. Namun Pelayaran kapal pesiar biasanya melakukan perjalanan panjang ke sebuah tujuan pelayaran dari titik muat pelabuhan dan penumpangnya akan turun di pelabuhan yang sama.


Meskipun dalam perjalanan pelayaran dikapal pesiar relatif lama, tetapi tenang saja didalam kapal tersebut memiliki fasilitas yang mewah , penginapan seperti hotel berbintang, kolam renang, dan lain sebagainya. Jadi bisa dikatakan kapal ini adalah kapal liburan, melakuan perjalanan mulai berlayar dan mengahirinya di tempat yang sama.


#3. Kapal Samudra


Kapal ini memeang tedengar asing bagi kita yang belum mengenal jauh dunia transportasi lat. Kapal penumpang jenis ini identik dengan Kapal Pesiar yang didalamnya terdapat fasilitas penginapan dan keperluan lain.

Namun hal yang membedakan antara kapal pesiar dan Kapal samudra adalah dari perjalanannya, Kapal samudra akan melakukan keberangkatan dari pelabuhan menuju pelabuhan lain.


Baca Juga:

  1. Jenis Kapal Ferry dan tugasnya
  2. Jenis Kapal Pesiar terbesar dunia
  3. Jenis Jenis Kapal Kargo sesuai dengan Fungsinya
  4. Jenis Kapal Niaga dalam Kelautan
  5. Mengenal Kapal Ferry dan Fungsinya 


Itulah pembahasan singkat terkait dengan kapal penumpang yang ada dalam perairan. Kini kita sudah mulai bisa membedakan antara kapal satu dan lain.

Mengenal Kapal Penumpang
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email