Saturday, November 26, 2022

Macam-macam Peralatan Navigasi Kapal laut

Peralatan Navigasi Kapal laut; Kendaraan transportasi perairan yang sangat penting untuk menunjang berbagai sendi perokonomian dan keamanan dalam dunia militer. Jenisnya beragam, mulai dari Kapal kargo, kapal perang, kapal pesiar dan lain sebagainya.

 

Setiap armadanya tentu memiliki kru atau sesorang yang bertugas mengoperasikan secara keseluruhan fungsinya. Misalnya adanya Nakoda , bertugas mengendalikan, mengarahkan kapal ke tujuan pelayarannya.

 

Didalamnya terdapat perlengkappan dan peralatan navigasi kapal. Hal Ini akan mempermudah seorang perwira melakukan pekerjaan secara baik dan benar.

 

Nah, Dalam hal ini alat navigasi kapal terdiri beragam dan fungsinya yang berbeda beda. Dan Pada pembahasan kali ini saya akan membahasnya secara lengkap beberapa peralatan navigasi kapal.

 

Baca Juga: Pentingnya sirkulasi Udara pada Kapal Laut

Navigasi Kapal

Apa Itu Navigasi Kapal?

Navigasi Kapal

 

Peralatan Navigasi kapal adalah sebuah perlengkapan yang ada dalam kapal laut yang dapat membantu dalam melakukan perjalanan pelayaran menuju suatu tempat tujuan yang diinginkan agar terarah.

 

Teknologi dan perlengkapan yang ada didalamnya beragam, Yakni biasanya semakin besar kapal , maka tenologinya juga semakin canggih dan banyak. Dan sebaliknya, biasanya jika kapalnya kecil maka peralatannya juga semakin sedikit, misal kapal nelayan.

 

Perlengkapan Navigasi kapal sangat penting, membantu Para awak kapal dalam melakukan komunikasi didalam kapal itu sendiri maupun keluar.

 

Pada Prinsipnya semua perlengkapan Navigasi kapal ini sangat penting untuk membantu proses pelayaran. Menentukan arah kapal, Mengetahui posisi kapal,mengatur laju kecepatan dan lain sebagainya.

Baca juga: Sejarah Kapal Selam Dunia

Fungsi Navigasi Kapal


Seperti yang sudah saya jelasakan diatas bahwa fungsi utama dari navigasi kapal adalah untuk melakukan kontrol perjalanan kapal, mulai dari mengarahkan posisi kapal, tujan pelayaran, menganalisa kondisi cuaca , dan lain sebagainya.


Peralatan yang ada didalamnya beragam dan mempunyai fungsi berbeda, sehingga navigasi kapal itu sendiri tidak hanya terdiri dari kemudi kapal saja.

 

Saya akan menjelaskan beberaa jenis navigasi kapal dan fungsinya. Dan perlu anda ketahui, keberadaan alat-alat tersebut tidak selalu ada dalam semua kapal. Namun dapat dipastikan hamir secara keseluruhannya adalah banyak ditemui, terutama pada kapal yang besar dan didukung oleh teknologi canggih.


Perlengkapan dan Jenis alat navigasi Kapal Laut

Nah, kini mulai dalam pembahasan alat-alat untuk membantu navigasi kapal. Masing-masingnya memiliki nama dan fungsi berbeda yang secara prinisp untuk keperluan mempermudah dalam pelayaran.

 

Berikut berbagai jenis navigasi kapal yang wajib diketahui dan fungsinya.

# Peta

Alat petunjuk Arah Kapal
Navigasi Kapal - Peta


Peralatan pertama adalah Peta. Di Area perairan laut tidak ada petunjuk arah jalan yang berguna untuk mengarahkan tujuan seperti didarat. Anda tidak akan menemukan plang arah atau berbagai rambu lalu Lintas seperti di Jalan Raya.

 

Peta memiliki peranan sangat penting sebagai perlengkapan Navigasi pelayaran yang tidak boleh dilupakan.

 

Peta Merupakan sebuah sketsa gambaran permukaan bumi dalam bentuk dua dimensi dengan skala tertentu sesuai dengan besarannya.

 

Sehingga dengan adanya peta , petunjuk pelayaran akan mengetahui arah dan tujuan secara jelas yang akan ditempuh.


Baca Juga: Cara kerja Mesin Kapal Laut

# GPS Satelit Kapal

Navigasi Kapal IMG:Aliexpress


Berikutnya yang memiliki peranan penting dalam pekerjaan Navigasi Kapal adalah Satelit. Satelit Kapal adalah peralatan berada dalam sinyal Radio yang berperan menentukan titik suatu kapal yang ada dalam lautan dan permukaan bumi.

 

Dengan Adanya Satelit Kapal, Seorang perwira mampu mengetahui secara persis titik mereka dan membaca petunjuk arah lainnya yang mengacu pada tujuan pelayaran.


# Radar

Radar Navigasi kapal

Perlengkapan lain dalam kapal untuk mempermudah pelayaran adalah Radar. Merupakan Perlengkapan navigasi yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang jarak kapal dengan daratan dan kapal lain.

 

Tidak hanya itu saja, dalam kapal perang, kapal selam, Radar Juga berfungsi untuk mendeteksi target.

 

Dengan adanya radar, target dapat dilihat secara jarak jauh. Prinsip kerja Radar adalah mengirim gelombang radio dan Gelombang tersebut akan mematulkan gema yang berukuran sesuai dengan keperluan.

 

# Gyro Compass

perlengkapan navigasi kapal


Sensor Gyro saat ini juga menjadi komponen penting yang ada dalam smartphone. Dalam Kapal laut akan mengenal dengan adanya Gyro Compass yang berfungsi untuk menemukan arah yang tepat dalam posisi kapal.


Dalam pemakaian Gyro Compass  pada sistem Repeater dipakai untk kemdi darurat harus memupunyai platform , tidak akan terhalang dari medan magnet luar.


# ATA /Automatic Tracking Aid

ata untuk navigasi kapal laut

Perlengkapan alat pendukung navigasi lainnya yakni Automatic Tracking Aid merupakan jenis dari bagian navigasi kapal berfungsi memberikan informasi terkait target lacakan.

 

ATA akan menampilkan grafik Numerik yang memberi perencanaan terhadap arah dan haluan untuk menghidari terjadinya kecelakaan kapal, menabrak, tabrakan antar kapal dan lain sebagainya.

# AIS / Automatic Identification System

Perlengkapan Navigasi Kapal

 

 Automatic Identification System  merupakan perlengkapan penunjang dalam navigasi kapal laut yang cukup penting yang berjalan dalam saluran radio VHF. Biasa dikenal juga dengan AIS yang berfungsi untuk menentukan statistik navigasi hingga posisi kapal lain.

 

Saluran gelombang Rdio VHF berperan sebagai pemancar , Menerima dan Mengirim pesan antar kapal untuk melakukan Komunikasi.



# Navigational Lights


Peralatan ini mungkin hampir ditemukan diberbagai jenis kapal, mulai dari berukuran kecil hingga yang besar. Menjadi perlengkapan penting untuk membantu kegiatan kapal dalam berlayar saat malam hari.

 

Fungsinya sangat penting untuk memberikan indikator kapal dan mengurangi terjadinya kecelakaan dalam perairan antar kapal.

 

Keberadaan lampu navigasi ini telah diresmikan pada konfersi maritim internasional pada tahun 1889 di Amerika Serikat sebagai salah satu perlengkapan dalam berlayar yang wajib dimiliki oleh setiap kapal.


Pecahayaan yang ada pada kapal harus terang , hal itu tujuannya supaya kapal lain bisa mengetahui secara jelas.

# Ship Whistle

Peluit tidak hanya ada dalam dunia olah raga saja, namun pada hal ini berperan juga untuk keperluan navigasi perkapalan.

 

Ship Whistle atau lebih mengacu pada Klakson kapal , yakni ada dua jenis. Dengan Konsep Alami memanfaatan Angin dan Elektrik yang keduanya mempunyai fungsi dan tujuan sama.

 

Ship Whistle dipakai untuk membuat kapal terdeat bersiaga, Khususnya dalam kondisi darurat memberikan aba-aba peringatan atau konfirmasi kepada seluruh awak kapal.

 

# Sound Reception System

Kapal jenis konsep Anjungan tertutup seharusnya mempunyai dua jenis sound Reception System. Fungsinya untu mempermudah petugas Navigasi yang berada di kabin untuk memperoleh sinyal suara berupa suling.

 

Sound Receiption System juga berfungsi untuk petugas navigasi dalam pengawasan yang sesuai standar berlaku. Jenis perlengkapan Navigasi ini umumnya dipasang di bagian anjungan kapal.



# Ship Flags Atau bendera Kapal


 Bendera kapal menjadi bagian dari perlengkapan navigasi. Warna yang dipakai dan rambunya membantu dalam menunjukan Posisi kapal.

 

Ship Flag ini telah digunakan sejak dahulu oleh kapal tradisional dan berbagai jenis kapal besar.



# Echo Sounder


Berikutnya ada Dengan Nama Echo Sonder , peralatan navigasi ini juga sudah cukup lama digunakan pada kapal era lama. Fungsinya adalah untuk membantu melakukan pengukuran kedalaman air laut yang ada dibawah kapal untk menghindari lambung kapal kandas.

 

Peletakannya ada dibawah kapal, yakni memanfaatkan gelombang suara yang didasarkan pada prinsip transimisi gelombang tersebut.

 

Gelombang suara akan kembali Kesumbernya menjadi gema melalui lapisan pemantul yang akan menjadi indikasi kedalaman perairan.

  

# Rate of Turn Indicator


Alat ini penting dimiliki oleh setiap kapal, Membantu perwira kapal agar bisa mengemudikan seccara aman. 

 

Berfungsi untuk mengetahui Kecepatan kapal berputar dengan tingkatan stabil agar menghindari keram melalui Rate Of Turn Indicator. Umumnya kapal dan putarannya diukur dalam skala permenit dan bentu derajat.

 

# Rudder Angle Indicator

Setiap kapal umumnya memiliki perlengkapan navigasi Rudder Angle Indicator yang berperan untuk merekam data pelayaran yang sudah dilakukan oleh kapal tersebut.

 

Data yang akan diberikan lengkap selama 12 Jam Operasional sangat penting informasinya untuk para perwira yang bekerja melakukan kemudikan kapal.



Jika dalam pesawa, Rudder Angle Indicator ini layaknya Black Box, Yang dapat mengumpulkan data selama perjalanan.

Baca Juga: 8 Jenis Kapal Ferry Terbesar Dunia

# Inertial Reference System Atau IRS

Perlengkapan lainnya adalah IRS, Fungsinya adalah sistem yang akan memberikan Informasi letak Koordinat kapal dengan efek inertial.

 

IRS merupakan salah satu bagian dari peralatan navigasi yang juga dipergunakan pada ruang angkasa
 

Itulah pembahasan beberapa peralatan Navigasi kapal dan fungsinya.

Dapatkan Update via email