Friday, November 18, 2022

Mengenal Galangan Kapal dan Fungsi berdasarkan Jenisnya

Dalam kelautan dan perkapalan tentu galangan adalah sebuat tempat yang sangat penting. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lengkap terkait dengan Jenis Galangan, Cara kerja Galangan Kapal dan pengertiannya.

 

Galangan merupakan sebuah tempat yang berfungsi untuk berbagai kegiatan  terkait perkapalan berdasarkan dengan fungsinya masing - Masing, misalnya perbaikan , pembuatan dan lain sebagainya. Memiliki regulasi tertentu yang memungkinkan hal tersebut dilakukan, misalnya perbaikan kapal maka diatur oleh badan terkait untuk jadwal pengedokan.

 

Masih banyak lagi fungsi galangan kapal , mari kita bahas secara lengkap.

 

Fasilitas dan peralatan di Galangan Kapal

Galangan kapal


Tidak semua tempat dapat menjadi galangan kapal, mempunyai kriteria dan fasilitas yang menjadi faktor poko maupun penunjang mendukung proses pekerjaan.

 

Dan setiap fasilitas tersbut yang akan menjadika perbedaan kelas antar galangan kapal lainnya yakni sebagai galangan perbaikan kapal atau pembangunan.

Sehingga dalam galangan kapal sudah menjadi hal wajar memiliki berbagai fasilitas.

Baca Juga: Jenis-jenis mesin Kapal dan cara kerjanya

#1. Kantor dan Tempat Perancangan

 
Dalam Kantor terdapat berbagai aktivitas pusat pelaksanaan proses desain semua yang diperlukan untuk kapal. Di Dalam Kantor juga terdapat aktifiitas mengelola arus masuk dan keluar uang dan semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan perusahaan. 

 

Sedangkan tempat perancanangan ini dperlukan sebagai lokasi untuk menghitung estimasi Biaya, bahan baku, dan kebutuhan penting lainnya untuk proses produksi.
 

Hampir semua galangan kapal memiliki fasilitas ini, sehingga semua proses produksi akan tercatat secara administrasi melalui kantor dan perancangan.


 

2#. Work Shop Plat dan Pipa

 

Dalam Konstruksi kapal laut terdapat banyak kebutuhan plat, sehingga sudah pasti dalam sebuah galangan terdapat work shop plat. Misalnya kebutuhan Pelat Lunas, dan lainnya.
 

Selain pelat, kapal juga membutuhkan adanya pipa. Galangan kapal juga umumnya mempunyai sebuah tempat khusus yang mengurus terkait perpipaan, Mulai dari memotong, pembentukan, yang dikerjakan sesuai gambar kerja.
 

Ini adalah pipa yang digunakan untuk kebutuhan kapal baru atau untuk perbaikan. Selain proses pemotongan pipa, tentunya pipa ini juga memiliki proses las. Pipa yang dibentuk sekarang digunakan sebagai bagian dari konstruksi kapal. 

 Baca Juga: Apa Itu Deck Kapal dan Jenisnya

#3. Sumber daya Listrik

Hampir semua galangan terdapat sumber daya listrik , karena disana terdapat beragam aktifitas yang membutuhkan koneksi arus. Mulai dari kegiatan perbaikan kapal, perancangan dan proses konstruksi kapal dan lain -lain.

 

#4. Workshop Mesin

 

Bengkel mesin menangani pekerjaan yang berhubungan dengan permesinan kelautan. Melakukan berbagai kegiatan support terhadap kapal dan galangan, biasanya terdapat beragam mesin kerja seperti mesin bubut, skrap, penggilingan, pengeboran, dan lainnya.
 
 

#5. Gudang Material dan Peralatan

 
Gudang Ini adalah sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis produk atau bahan untuk bengkel dan proses  konstruksi kapal, pemeliharaan, dan perbaikan kapal  dan lain sebagainya.


Memerlukan tempat khusus supaya setiap keluar masuk material dapat terkondinir dengan baik.Beragam jenis bahan yang digunakan dalam produksi, pemeliharaan dan perbaikan kapal disimpan di dalamnya.

 

Tidak hanya material saja, di dalam sebuah galangan juga sudah seharusnya terdapat gudang yang berfungsi untuk menyimpan peralatan.
 
 

 Baca Juga: Jenis-Jenis Kapal penghancur yang ada di Dunia

# 6. Tempat Pembuatan Kapal

 
Kemudian yang ke enam dalam mengenal sebuah galangan umunya terdapat fasilitas tempat pembuatan kapal dan perakitan nya.


Disana terdapat beragam alat penunjang pembuatanya,  alat berat yang ada di galangan kapal memiliki jenis yang berbeda-beda yang mendukung proses pembuatan kapal. 

 

Diantaranya, saat crane ini mengangkat struktur kapal yang sebelumnya sudah selesai di pabrik dan siap untuk pemasangan atau proses perakitan.
 
 
 
Tempat pembuatan kapal ini membutuhkan lahan yang tidak sedikit. Selain itu, minimal memiliki minimal 1 blok material yang digunakan sebagai tempat meletakkan perahu selama proses pembangunan.

#7. Pusat perbaikan dan pemeliharaan kapal

 
Kawasan ini digunakan khusus untuk pengoperasian, pemeliharaan, perbaikan kapal tua dan rusak.

Ini termasuk perbaikan struktural, perbaikan struktural, dll. Pusat perbaikan dan perawatan kapal ini membutuhkan lahan yang luas dan beberapa kapasitas yang harus diperbaiki sesuai dengan ukuran kapal.

 

Jenis Jenis Galangan Kapal Pengedokan

 
Bagi Anda yang bekerja di dunia kelautan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Galangan Kapal. Yakni hampir semua kelautan diberbagai negara memilikinya.


Keberadaanya sangat penting, sebagai area untuk memperbaiki, pembuatan dan aktifitas lain yang dibutuhkan oleh kapal.


 Baca Juga: Fungsi kapal Tugboat

Apa itu Galangan Kapal? 

 

Galangan kapal adalah fasilitas yang terorganisir dengan baik dan dilengkapi dengan baik untuk mendukung proses pembuatan, perbaikan dan pemeliharaan kapal. 

 

Hampir semua jenis kapal laut masuk ke galangan , bisa kapal militer, kapal penumpang, kapal penumpang, maupun jenis lain yang memerlukan adanya kegiatan sesuai dengan ketentuan galangan. 

 

Galangan ini dapat ditemukan di berbagai negara dengan perusahaan pelayaran yang masing-masing. Misalnya di kawasan Asia yang terintegrasi dan berbeda dengan Eropa yang terpecah dari galangan perusahaan kecil dan Galangan besar.


Pada sebuah galangan besar umumnya mempunyai banyak fasilitas penunjang setiap pekerjaannya. Misalnya adanya gudang bebas debu, crane, dok kapal kering, slipwat dan area yang luas dipakai sebagai pabrikasi konstruksi kapal laut.

Tidak semua komponen kapal dibuat disana, bisa saja memakai vendor dari luar seperti Karya Manunggal, Kami telah berpengalaman memberikan support galangan kapal lebih dari 10 Tahun.


Galangan mempunyai beragam fungsi vital dalam dunia transportasi kelautan, dalam hal ini perkapalan. Mulai dari pemasangan konstruksi, plat lambung kapal, desain dan pengujian klasifikasi.


Tetapi dalam hal ini bisa juga pekerjaan tersebut dilakukan dalam satu galangan, ada galangan khusus perbaikan, atau khusus pembuatan kapal.

Baca Juga: Jangkar kapal Laut dan Jenisnya

Jenis Galangan Kapal laut

  

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Galangan memiliki beberapa jenis yang dapat disesuaikan dari pekerjaan dan fasilitasnnya.


#1.  Building Dock Shipyard (Galangan Pembuatan Kapal)

 
Galangan ini hanya umumnya hanya digunakan untuk tempat membangun kapal baru. Mulai dari perancangan pembuatan kapal, pemasangan singa, pemasangan peralatan, pemasangan pelat, pemeriksaan kualitas.

 

 Di Dermaga pembuatan Kapal ,  Proses pembuatan kapal laut baru prosesnya dikerjakan dan dimulai dari tahap awal hingga akhir pembangunan.

 

 Di sini, sejumlah uji operasional dilakukan di atas kapal hingga inspeksi diputuskan oleh badan klasifikasi. 

 

#2. Galangan pemeliharaan Kapal atau Repair Dock Shipyard

 
Galangan ini merupakan tempat yang diperuntukan penyimpanan, perbaikan kapal, perbaikan kapal tua dan rusak, dari beragam pekerjaan.

 

Misalnya perbaikan struktur, dan lain-lain yang memerlukan penanganan hingga kapal laik untuk berlayar kembali setelah proses pengujian dan syarat dokumen sebelum berlayar sudah terbit.


#3. Galangan Pembuatan dan perbaikan Kapal.

Galangan jenis selanjutnya merupakan area kerja cukup besar untuk melakukan kegiatan perbaikan kapal dan pembuatan.

Disini semua pekerjaan dilakukan, proses membuat kapal mulai dari perancangan hingga pengujian. Selain itu, untuk beberapa kapal laut yang membutuhkan perawatan dan perbaikan juga dapat dikerjakan disini.
 

Baca Juga: Kapal Sekoci dan perlengkapan nya

Penutup

Itulah pembahasan lengkap tentang Apa itu galangan dan Jenisnya. Dalam proses pengerjaan dalam galangan Kita akan mengenal Pengedokan Kapal. Yakni Sebuah proses dimana kapal akan dilakukan perbaikan atau pembatan.

 

Demikian juga dengan pengedokan atau Docking Kapal, terdapat beberapa metode yang saat ini digunakan. 


Slipway Dock (Dok Tarik), Yakni proses pengedokan dengan mesin derek memaai tali baja dan rel yang menjorok masuk ke laut.


Graving Dock yakni sebuah kolam Khusus tepi laut dengan konstruksi kokoh yang akan dipakai pengedokan kapal.


Floating Dock atau dikenal dengan nama Dok apung , semuanya sudah saya bahas pada artikel sebelum nya mulai dari cara kerja dan proses pengedokan kapal.

Mengenal Galangan Kapal dan Fungsi berdasarkan Jenisnya
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email