Thursday, December 1, 2022

Sekilas Sejarah tentang Kapal Ferry

 Sejarah Kapal Ferry, Sama dengan jenis Kapal lainnya yang mempunyai riwayat asal asal penemuan dan pembentukan oleh para pendahulu yang dikenal dengan Ilmuwan.  Secara umum kapal laut merupakan sebuah transportasi yang akan melintas dan melakukan perjalanan diatas perairan, entah itu sungai atau lautan.


Secara fungsi berdasarkan peruntukannya berbeda-beda, misalnya kapal ferry yang difungsikan untuk kegiatan komersial penumpang dalam proses penyebrangan antar pulau dan sebaliknya.

 

Atau kapal selam , Yang dikenal dengan keperluannya untuk kegiatan militer,atau kapal tub boat dan lain sebagainya.

 

Peranan Kapal ferry dan jenis lainnya sangat penting untuk kehidupan dalam semua lini aspek sosial dan perekonomian.

 

Hingga Zaman dahulu, kapal menjadi kendaraan laut yang berperan penting. Sejarah Kapal Ferru juga ternyata tidak terjadi beberapa tahun lalu, namun kendaraan angkutan menyebrang dan membawa barang ini sudah cukup lama di peradaban.

Baca Juga:  Sejarah kapal selam dunia

Sejarah Kapal Ferry

Sejarah kapal ferry

Kapal Laut adalah kendaraan utamaa yang ada diperairan atau samudera yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan. Untuk sesorang yang akan melakukan perjalanan penyebrangan antar pulau dengan kapal ferry, kapal pesiar atau mengirim barang dengan memakai kapal kargo.

 

Kapal laut sudah ada sejak zaman dahulu, sebelum adanya pesawat terbang kkendaraan laut sudah ada untuk melakukan perjalanan jauh.

 

Sebelum mengenal sejarah kapal ferrry, mari kita simak lebih banyak tentang Pengertian kapal laut.


Kapal laut adalah kendaraan yang berjalan diatas perairan. Berfungsi untuk mengangkut penumpang maupun barang menuju arah tertentu sesuai dengan tujuan. Baik itu antar pulau, antar negara dan lain sebagainya.

 

Terdiri banyak jenis kapal laut, sesuai dengan nama dan peruntukannya, misal kapal ferry, kapal selam, kapal tongkang dan lain-lain.

 

Secara umum yang ada dalam perairan selain adanya kapal juga kita dapat mengenal perahu. Biasanya perahu memiliki ukuran lebih kecil, dan secara kapasitas lebih terbatas.



Keduanya memang tidak bisa disamakan antara kapal dan perahu. Meskipun keduanya untuk berlayar namun kemampuan dan kapasitasnya berbeda.

 


Sejak berabat-abad lalu, manusia telah memberanikan diri untuk melakukan perjalanan melalui Laut. Hingga pada akhirnya bentuk dan jenisnya terus berkemang hingga saat ini.

 

Pada awal penemuannya sejarah kapal ferry dan kapal laut lainnya bentu asalnya adalah seperti perah. Kendaraan ini hanya bisa ditemukan di sekitar perairan kalimantan (Indonesia).

 

Saat itu, kapal atau perahu memakai ahan kayu batang gelagah dan di rakit agar bisa mengapung membentuk perahu.

 

Hingga seterusnya dilakukan perbaikan dan penyempurnaan bentuk.

 

Penemu Kapal Laut.

Teknologi kapal Ferry maupun jenis lainnya saat ini terus berkembang, lalu siapa yang pertama kali menemukan kapal.

 

Siapa manusia pertama yang membuat kapal? 

 

Pada Zaman Dahulu Kala kita mengenal orang mulia utusa Allah, yakni Nabi Nuh AS. Nabi Nuh diperintahkan Oleh Allah untuk membuat Kapal besar yang dapat memuat Kaumnya dan seluruh hewat ternak untuk menghindari banjir besar.

 

Orang Muslim yang percaya adanya Allah akan naik ke kapal tersebut, dalam Kisahnya memang cukup panjang.

 

Sejarah Kapal pertama di dunia ini suatu Mujizikzat Kebesaran Allah SWT. Di Kisahkan Kapal Nabi Nuh AS memiliki luas sekitar 7.456kaki.

 

Kemudian dikenal Juga dengan adanya Robert Fulton yang juga dikenal telah menciptakan kapal laut pada tahun 1803 dan berjalan dengan baik pertama kali di perancis.

 

Beriutnya kapal ap yang telah dibuat oleh Amerika pertama kali berlayar pada Tahiun 1807 di sungai Hudson.  Merupakan sejarah kapal yang sudah disempurnakan dari sebelunya.

 

Dirancang lebih kuat dan efisien dengan mesin tenaga uap. Dengan adanya kapal uap inilah menjadi tonggak sejarah adanya kapal modern hingga saat ini ada kapal ferry.


Kapal Ferry 

Kapal ferry merupakan kendaraan laut yang sudah mengalami modernisasi dari generasi sejarah sebelumnya.


Hingga saat ini kapal ferry memiliki peranan cukup besar. Tidak hanya di Indonesia saja, Keberadaanya juga hampir dimiliki diseluruh belahan negara.


Sejarah kapal ferry tidak bisa lepas dengan adanya temuan pertama kali yang dikisahkan pada Zaman Nabi Nuh.


Hingga mengalami evolusi , perbaikan dan  memeiliki tenaga mesin dengan dukungan berbagai teknologi lain.


Hinga saat ini di indonesia terdapat banyak jenis Kapal ferry yang disesuaikan dengan tugas dan fungsinya. Misalnya ferry Ujung ganda.


Baca Juga: 8 Jenis Kapal Ferry

Itulah sedikit tentang perjalanan kapal laut , sehingga dapat disimpulkan sejarah kapal ferry merupakan bentuk evolusi tahapan dari mulanya dari kapal layar. Pertama kali dibuat oleh Nabi Nuh AS dan berkembang terus sesuai dengan teknologi zaman hingga memakai tenaga mekanis.

Dapatkan Update via email