Monday, December 12, 2022

Apa Itu Chronometer Kapal dan Fungsinya

Karya Manunggal - Dalam dunia kapal laut terdapat banya alat penting yang wajib ada didalam nya.Misalnya alat Navigasi kapal yang terdiri dari beberapa jenis, Kompas, GPS dan lain sebagainya salah satunya adalah Chronometer kapal.

 

Semua keberadaan sebagai peralatan kapal sangat penting sekali, tidak hanya alat navigasi saja. Selain mengenal perlengkapan keselamatan, bagian-bagian kapal, anda juga perlu mengetahui ornamen satu ini yang disebut dengan naman Chronometer kapal.

 Baca Juga: Macam-macam peralatan navigasi pada kapal Laut

Apa Itu Chronometer Kapal?

Chronometer kapal

Chronometer kapal adalah bagian dari salah satu dari beberapa alat navigasi kapal yang berfungsi untuk menetapan waktu sesuai dengan tempat kapal berada dengan disesuaikan dengan Watu Greenwith mean time.

 

Untuk mereka yang bekerja diatas kapal laut sudah pastinya harus tahu dari pengertian dan fungsi chronometer. Bukan hanya kru kapal saja, pengtahuan ini juga cukup penting pada umumnya para taruna yang sedang menempuh pendidikan pelayaran.

 Baca Juga: Fungsi Clinometer kapal

Pada pembahasan ini anda akan mengetahui fungsi chronoeter, harga chronometer, cara penggunaan dan cara membaca/ mengoreksi seacara tepat alat tersebut.

 

Secara singkat pengertian dan fungsi chronometer yani sebuah alat yang dibutuhkan oleh kapal laut sebagai pengukur waktu yang bisa menjadi acuan menunjukan waktu dengan seksama.

 

Berasal dari kata Chronos dari bahasa yunani yang beraarti [Waktu] dan Mete dari yunani yang artinya [ Mengukur]. Sesuai dengan nama dan fungsinya sehingga menjadi berarti [Pengukur Waktu]

 Baca Juga: Alat-alat Perlengkapan Kapal Laut

Perbedaan Chronometer dengan Jam

Chronometer merupakan Jam bekerja sebagai pengukur waktu pada kapal. Secara konstruksi pembuatanya sangat teliti untuk dipakai kapal menentukan waktu menengah di GMI Atau Greenwith Mean Time setiap saat.


Perbedaan Chronometer dengan Jam Biasa yakni dari tingkat ketelitian dan tahan uji sehingga Harga Chronometer lebih mahal dibandingan dengan jam biasa.

 

Namun Seiring dengan perembangan Zaman kini juga ada Jam Tangan yang memakai sistem Chronometer sehingga secara harga juga jauh lebih mahal.

 

Dalam Chronometer terpasang Alat dengan nama BUCUAN yang berfungsi untuik mengatur putaran Jam supaya teratur.

 

Pada Chronometer menunjukan Waktu GMI Sedangkan pada Jam Biasa Menggunakan Waktu setempat yang memerlukan pengaturan ulang saat melakukan perpindahan wilayah jika memiliki perbedaan waktu.

 

Pada Chronometer memiliki penujukan tegangan pegas , Jadi bisa diketahui telah berapa lama Chronometer berjalan setelah di putar penuh.  Sedangkan Pada Jam Umum lain tidak ada .

Baca Juga:  Sejarah Kapal Ferry

Bagian komponen Chronometer.

Dalam Chronometer memiliki beberapa bagian yang secara garis besar dapat disebutkan sebagai bberikut:
  1. Pegas yang Besar dan Kuat. Merupakan Bagian dari sumber tenaga penggerak keseluruhan pada Chronometer atau Moving Power. Merupakan sebuah per yang dipasan dalam tabng silinder. Dalam tabung tersebut memiliki poros , dan ujung pegas akan terikat kuat pada sisi tabung ang dapat berputar pada Poros. Sedangkan ujung dari tabung disebut dengan Nama GELUNG atau Loop.
  2. Rangkaian Roda Gigi, Merupakan Komponen yang berfungsi memidah gerakan putaran waktu.
  3. Yang beriutnya ada [Penyeimbangan]  ada dua pilihan penyeimbangan yakni jenis Ulir Spiral dan Echappement yang berfungsi untuk mengatur langkah Chronometer.

 Baca Juga: Mengenal Pelabuhan Kapal dan Jenisnya

Itulah pembahasan singkat dari Chronometer Kapal dan Bagian-bagiannya hingga perbedaan dengan Jam Biasa.

Dapatkan Update via email