Thursday, November 24, 2022

Sejarah kapal selam dan jenisnya.

 Kapal selam merupakan kapal yang bergerak di bawah permukaan laut. Untuk dapat beroperasi di dalam air, jenis kapal ini menggunakan teknik tertentu yang didung adanya teknologi didalamnnya. Hal Ini bertujuan supaya bisa mengapung dan menyelam dari permukaan air sesuai dengan kemampuan kedalaman dan penyesuaian.

 

Dalam apal selam mempunya berbagai bagian yang berperan untuk membantu prinsip kerjanya. Kapal Ini memiliki bagian-bagian tertentu, dan memiliki sejarah perkembangan yang telah terjadi hingga saat ini.

Baca Juga: Perahu Sekoci, Jenis dan kelengkapannya

Sejarah Kapal Selam di Dunia

jenis kapal selam

Setiap produk pasti ada sejarah dan proses pembuatanya, nah sama halnya dengan kapal selam. Mulanya Cornelis Drebbel seorang penemu yang berasal dari jerman mencoba membuat kapal perahu dayung yang mampu menyelam hingga kedalaman 4.5 Meter yang dilapisi oleh kulit.

 

Berikutya , David Bushnell berasal dari amerika juga membangun kapal selam pertamanya yang digunkan untuk perang kemerdekaan AS. Berikutnya ada juga penemu kapal selam berasal Amerika Lainnya , Yakni Robert Fulton yang membuat kapal selam dengan ukuran lebih kecil dengan Nama Nautilus yang sudah dilengkap peledak.

 

 Jenis Kapal selam terus berkembang, banyak para penemu melakukan usi kapal dengan berbagai jenis tenaga dan bahan bakar, dengan uap, bensin,baterai. Hingga di abad 20 kapal mulai memakai tenaga diesel.


Dengan Mesin tersebut, Kapal mampu bergerak dibawah permukaan air . Kapal dengan tenaga Diessel tersebut  digunakan untuk perang dunia 1 DAN Perang Dunia 2. Angkatan Laut AS memakai Kapal selam tenaga Nuklie dengan Nama USS Nautilus pertamanya di tahun 1954.

Baca juga: Mengenal jenis kapal penumpang

# Sejarah Kapal Selam di Indonesia

Negara Indonesia adalah menjadi salah satu negara Asia tenggara yang daat membuat kapal selam.

 

Kapal tersebut  dibuat hasil kerjasama dengan persuahaan dengan nama PT PAL , merupakan perusahaan Korea Selatan bernama Daewoo Shipbuliding dan Marine Enginering (DSME).

 

Disana melibatkan banyak teknisi Handal, dengan hasil pertamanya bernama Alugoro yang mulai diproduksi di PT. PAL Indonesia di Surabaya.

 

Performanya telah memenuhi indikator kesetabilan, pada saat terapung dipermukaan air dan menyela dibawah laut. Kapal ini disetting dapat menyelam hingga kedalaman laut 300 Meter.


Baca juga: Mengenal jenis kapal penghancur

Prinsip Kerja Kapal Selam


Mengenal lebih jauh tentang kapal selam , Prinsip kerjanya yakni mampu berlayar bawah air dengan menerapkan Hukum Archimedes, Dimana suatu benda bisa melayang dalam air apabila gaya apung benda sama berat benda tersebut.

 

Kerapatan apal selam dapat diatur melalui mengisi air dan membuangnya pada tangki pemberat yang ada didalamnya sehingga dapat menyelam dan melakukan penyesuaian kedalaman yang diinginkan.


Tangki Ballast, atau dikenal degan nama trim, Merupaan tanki yang berfungsi untuk menyimpan air dan udara keluar masuk melalui katup atas.

 

Pertama dalam kegiatan menyela kapal tersebut, katup-katup atau kingston pada dasar tangki harus dibka dan membiaran air laut masuk kedalamnya.

 

Hali itu tujuannya agar tangki dapat terisi dan berat kapal akan semakin bertambha sehingga dapat menyelam di laut.  Sedangkan ketika kapal akan melaju dipermukaan air, katup-katup akan ditutup dan diganti dengan udara masuk didorong kedalam.

 

Air yang ada didalam tangki akan kedorong keluar dan diganti dengan udara, hal itu membuat masa berat kapal akan berkurang dan mendorong naik ke permukaan air. 

 

Kapal selam harus mempu seimbang dengan gaya apung dan berat awak kapal,dan berjalan melakukan pelayaran didalam laut dengan kedalaman tertentu.

 

Saat kapal berlayar dikedalaman terlalu dalam dapat hancur, pecah. Hal Ini dikarenaan prinsip tekanan Hidrostatis.

 Baca juga: Jenis dan cara kerja Mesin kapal laut

Fungsi Kapal Selam


Kapal selam mungkin secara garis besar berfungsi untuk kepentingan Militer, namun kenyataanya juga memiliki banyak fungsi dalam kehidupan. Misalnya fungsi lain dari kapal selam untuk keperluan bidang ilmu pengetahuan dan keperluan bawah laut.

 

Fungsinya untuk melakukan berbagai pengetahuan hingga wisata bawahh laut. yakni keperluan ilmiah penelitian dan wawasan bawah laut , mengetahui kedalaman, spesies bawah lauy dan penelitian lain.

 

Dengan adanya kemampaun menyelam , maka mempermudah berbagai kegiatan penelitian pengetahuan bawah laut yang tidak bisa dikerjakan secara manual


Bagian-Bagian dari Kapal Selam


Sama dengan Jenis kapal laut lainnya, Pada pada kapal selam juga mempunyai penaaan anatomi dan konstruksinya. Bagian Utamnya adalah tangki besar, yakni disebut sebagai tangki pemberat.  

 

Saat keperluan penyelaman, tangki akan diisi air melalui katup sehingga kapal mampu tenggelam dan mengatur pelayaran dan kedalaman bawah laut.

 

Selain sebagai pemberat supaya bisa tenggelam , tangki ini juga berguna mengatur kapal bisa mengapung saat hanya berisi udara. Kapal akan menjadi ringan dan mengapung dipermukaan.

 

Bagian kapal selam lainnya adalah mesin, Yakni memakai bahan bakar dan menghasilan tenaga utama yang akan menggerakan baling-baling.

 

Baling-baling kapal, Sama dengan kapal laut jenis lain. Pada Kapal selam juga mempunyai baling-baling yang bekerja untuk membuat gaya dorong sehingga kapal bisa melaju dengan kecepatan yang disesuaikan.

 

Bagian lainnya juga ada alat naviagasi, terdiri dari Radar, Sonar, Periskop. Sonar yang berfungsi untuk mendeteksi objek melalui gelombang suara, sehingga kemampuanya mampu mendeteksi kapal musuh.

 

Sedangkan periskop, yang berfungsi untuk memantau keadaan sekitar. jadi meskipun kapal berada dalam perairan tetap bisa memantau keberadaan sekitar kapal.

 

Lanjut radar, Berperan untuk mengukur, mendeteksi jarak objek yang ada disekeliling. Tidak hanya itu saja, ada jaringan yang dapat digunakan untk melakukan kommunikasi kapal selam. 

 

Tidak hanya itu saja, pengendali nya adalah terdiri dari Awak kapal. Orang -orang yang sudah kompeten dalam pengoperasiankapal selam.  Dalam sebuah kapal selam ini memliki banyak sekali perlengkapan dan kebutuhan yang berfungsi untuk menunjang berbagai kebutuhan.

Baca Juga: Jenis-jenis Jangkar Kapal laut

Jenis-Jenis Kapal Selam


Kapal selam terkelompok dalam beberapa macam sesuai dengan tenaga penggerak, Fungsi dan tipe nya. 

 

Jenis Kapal selam dengan tenaga penggerak yang digunakan dapat dibedakan menjadi tiga, yakni kapal engineless, Kapal Nuklir, dan Kapal selam Diesel Elektrik.

 

Sedangkan kapal selam dengan jenis sesuai fungsinya bisa dibedakan menjadi dua, yakni kapal Militer,dan Non Militer. Kapal Selam Militer berfungsi melalkukan Kegiatan Militer melakukan penjagaan Maritim melalui bawah laut dan non militer untuk penelitian, wisata dan lain sebagainya.

 

Sedangkan jenis kapal selam yang berikutnya adalah disesuaikan dengan Tipe nya. Yakni Kapal selam Diesel /SSK , dan Kapal Selam Pelucur Rudal balistik / SLBM dan kapal Nuklir / SSN .


Itulah pembahasan lengkap tentang Kapal selam, Mulai dari fungsinya, jenis dan Kelengkapan peralatan didalamnya secara singkat.

Sejarah kapal selam dan jenisnya.
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email