Friday, January 13, 2023

Alat komunikasi di Kapal dan fungsi lengkapnya

Komunikasi merupakan salah satu faktor sangat penting bagi keberlangsungan operasional dan keselamatan kapal saat dalam melakukan perjalanan pelayaran. Dengan menggunakan alat komunikasi, kapal dapat mengirim dan menerima pesan atau informasi yang diperlukan untuk menentukan arah pergerakan, menghindari bahaya, dan melakukan tugas-tugas lainnya. 

 

Tanpa melakuan komunikasi yang efektif, kapal tidak dapat beroperasi dengan aman dan sesuai dengan rute tujuan pelayaran.



Oleh karena itu, Setiap kapal harus dilengkapi dengan adanya sebuah alat komunikasi memadai dan harus terus-menerus diperiksa sesuai dengan standar dan fungsinya serta diperbaiki agar dapat digunakan dengan efektif.

 

Bahkan seluruh anggota kapal harus memahami cara menggunakan alat komunikasi sesuai prosedur yang benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan. 

 

Dengan demikian, kapal dapat terus beroperasi dengan aman dan efektif serta menghindari bahaya yang mungkin terjadi di laut.

 

Apakah memakai smartphone ? Nah Mari kita bahas berbagai perlengkapan dan peralatan dalam menunjang komunikasi di atas kapal.

 Baca juga: Macam-macam alat navigasi kapal

Jenis alat Komunikasi di Kapal

 

Macam macam alat komunikasi kapal

 Alat komunikasi di kapal adalah perlengkapan dan peralatan yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan maupun berbagai informasi saat beroperasi diatas kapal atau dengan kapal lain yang berada di dekatnya. 

 

Interaksi ini sangat diperlukan agar perjalanan pelayaran dapat berlangsung dengan efektif dan aman hingga tujuan. 

 

Jenis alat komunikasi dalam kapal cukup beragam, yakni menyesuaikan antar fungsi dan kegunaannya.


Jika ada pertannyaan , Sebutkan dan jelaskan alat komunikasi sat diatas kapal minimal 3, nah Berikut beberapa peralatan komunikasi di kapal dan fungsiya.



1. Radio

Radio adalah alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan atau informasi melalui jaringan sinyal radio. 

 

Radio dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh atau komunikasi dengan kapal lain yang berada di dekatnya. Radio yang dalam perlengkapan komunikasi untuk kapal laut sendiri bagi menjadi 4. 

 

Sedangkan VHF adalah alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan atau informasi dengan menggunakan frekuensi radio yang tinggi.

 

VHF biasanya digunakan untuk komunikasi jarak dekat atau komunikasi dengan kapal lain yang berada di dekatnya.

 

1.1. VHF Radio

Yang pertama ada VHF Radio salah satu contoh penting alat wajib ada dalam sebuah kapal. Jenis Ini digunakan dalam kondisi darurat untuk menghubungi seseorang. Dalam Hal ini biasanya di monitor terus oleh Coast Guard dalam kurun waktu 24 jam.


Semua jenis kapal yang ingin terhubung harus pada Posisi chanel standby 13 dan 16 agar bisa di pantau oleh Coast Guard. Sehingga masing-masing melakukan koneksi dan menerima saat ada info darurat terkait dengan peringatan keselamatan, Panggilan darurat, USCG.



 1.2. Hand-held VHF Radio


Jenis radio komunikasi di atas kapal kedua adalah Hand-Held VHF radio yang sering kalian jumpai juga di darat biasa dikenal dengan Nama HR. Berfungsi untuk komunikasi suara seperti ponel.

 

Memiliki ukuran relatif ecil, nah untuk jenis ini biasanya dimiliki oleh setiap kapal terkhusus pada perahu keci.

 

Jangkauan radio tidak sebaik smartphone , yakni maksimal 5mil karena daya rendah dan antena pendek.  


1.3. Marine VHF Radio

Jenis ketiga radio kapal adalah Marin UHF cocok dipakai untuk situasi genting terjadi dan membutuhkan tindakan cepat.  Setiap kapal laut setidaknya mempunyai 2 unit Marine UHF radio.

 

Hal ini bertujuan agar tetap dapat stand by pada dua saluran radio yakni pada Saluran 13 dan 16 untuk memperoleh berbagai informasi update dan pemberitahuan.

 

Pemakain saluran 13 sebagai komunikasi antar awak kapal berbeda dalam situasi penting, sedangkan chanel 16 berfungsi untuk panggilan darurat.


1.4. Family Radio Service Radio


Jenis lainnya adalah Family radio Service yang memiliki sifat pribadi. Kapal mempunyai aat ini penting ketika kondisi menepi kedarat untuk melakukan interaksi. 


Selain itu, Alat ini juga bisa dipakai untuk melakukan komunikasi ketika sedang ada diatas kapal. Namun jangkauan sambungannya relatif dekat, yakni hanya 1-2km.

1.5. Single Side Band


Operasi single side band berada pada frekuensi tinggi dan menengah. Alat ini bisa digunakan untuk berkomunikasi antar-kapal yang lebih dari 25 kilometer. 

Tapi tergantung juga pada ketinggian antena dan kondisi atmosfer pada saat yang sama. Berbeda dengan VHF, single side band memerlukan ground yang besar agar bisa memancarkan sinyal dengan baik.

 Baca Juga: Mengenal jenis kapal perusak

2. Telepon Satelit

Telepon satelit kapal adalah sistem telepon yang menggunakan satelit sebagai relai untuk menghubungkan kapal dengan dunia luar. Ini memungkinkan komunikasi di laut lepas yang jauh dari jaringan telepon darat.



Cara kerja telepon satelit melibatkan penggunaan satelit yang berada di orbit geostasioner di atas Bumi. Satelit ini memancarkan sinyal telepon yang diterima oleh antena penerima di kapal. Sinyal ini kemudian diteruskan ke perangkat telepon di kapal yang digunakan oleh pengguna.



Untuk mengirimkan panggilan, sinyal telepon dari perangkat di kapal diterima oleh antena pengirim di kapal dan diteruskan ke satelit. Satelit ini kemudian meneruskan sinyal ke stasiun bumi yang terhubung dengan jaringan telepon darat. Sinyal ini kemudian diteruskan ke tujuan akhir panggilan.



Sistem telepon satelit kapal juga menggunakan teknologi kompresi untuk mengurangi biaya komunikasi dengan mengecilkan jumlah bandwidth yang dibutuhkan untuk mengirimkan sinyal.



Karena satelit berada di orbit yang jauh dari Bumi, telepon satelit kapal memungkinkan komunikasi yang stabil dan andal di laut lepas, yang jauh dari jaringan telepon darat.

 Baca Juga: macam-macam Perlengkapan kapal

3. Telegraf

Telegraf adalah sistem komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dengan menggunakan sinyal elektrik. 

 

Pada awalnya, telegraf menggunakan kode Morse atau pesan tts berbentuk kode untuk mengirim pesan melalui jalur kabel. Kemudian, telegraf tanpa kabel atau telegraf nirkabel mulai digunakan, yang menggunakan gelombang radio untuk mengirim pesan.



Sistem telegraf tanpa kabel yang paling terkenal adalah Marconi Wireless Telegraph Company, yang didirikan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1897. Marconi berhasil mengirim pesan telegraf tanpa kabel dengan jarak sejauh hampir 2 km pada tahun 1895.



Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, telegraf mulai digantikan oleh telepon dan telegraf jarang digunakan saat ini. 

 

Namun, teknologi komunikasi menggunakan telegraf masih digunakan dalam kebutuhan tertentu, seperti untuk komunikasi kapal dan pesawat, sistem komunikasi militer, dan sistem komunikasi industri.

 

Sedangkan pada prinsipnya alasan mengapa sebuah kapal memerlukan alat komunikasi ketika sedang berlayar, yakni paling mendasar adalah sebagai kepentingan keselamatan perjalanan kapal sesuai dengan fungsi dari masing masing alat.


4. GPS (Global Positioning System)

GPS adalah alat yang digunakan untuk menentukan posisi kapal dengan menggunakan sinyal satelit. GPS juga dapat digunakan untuk menentuk

 

Itulah materi komunikasi di atas kapal terkait dengan peralatan yang digunaan dalam menunjang keselamatan dalam melakukan perjalanan laut.

Dapatkan Update via email