Saturday, January 7, 2023

Macam Macam Speed Boat

Tentu sudah pernah melihat Kapal Speed Boat dong, beruuran mini dengan kecepatan sangat baik dan hanya untuk penumpang dan pengendara saja. 



Kapal speed boat adalah sejenis kapal kecil yang digunakan untuk mengapung di atas air dan dapat dipindahkan dengan kecepatan tinggi. 

 

Speed boat biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti pariwisata, transportasi, penjelajahan, dan kegiatan olahraga air. 



Speed boat umumnya memiliki bentuk yang panjang dan sempit dengan mesin yang kuat yang memungkinkannya untuk bergerak dengan kecepatan tinggi di atas permukaan air. 



Beberapa speed boat juga dilengkapi dengan peralatan tambahan seperti kabin penumpang, toilet, dan tempat tidur yang memudahkan penggunaannya untuk keperluan pariwisata atau perjalanan jauh.

Baca Juga: Jenis bahan bakar kapal

Jenis Kapal Speed Speed Boat

Jenis speed boot

Setelah mengerti terkait dengan gambaran umum dari armada ini, Mari kita bahas Macam Macam Speed boat.

 

Umumya Kapal mini ini memiliki beberapa jenis merek mesin, dari Yamaha, Suzuki, dan lain sebagainya.

 

 
Ada beberapa jenis kapal speed boat yang dapat Anda temui di pasaran, diantaranya adalah:


 

1. Speed boat skiff

Speed boat skiff

Speed boat skiff adalah jenis speed boat terbilang paling sederhana dan berukuran terkecil dari lainnya. 



Bagian-bagian dari Speedboad ini umumnya hanya terdiri dari kokpit terbuka dan tidak memiliki kabin penumpang atau fasilitas lainnya. 



Jenis ini sering digunakan untuk keperluan kegiatan olahraga air atau sebagai alat transportasi di perairan kecil.



Ukuran lebih kecil dibandingkan jenis speed boat lainnya, yakni umumnya memiliki panjang berkisar antara 3-5 meter dan lebar berkisar antara 1-2 meter. 



Mesin yang terpasang pada jenis Speed boat skiff bertenaga rendah yang cukup untuk mengangkut beberapa orang dan membawa barang bawaan.



Keuntungan dari speed boat skiff adalah harganya yang relatif lebih murah dibandingkan jenis speed boat lainnya, serta mudah dikemudikan dan dibawa kemana saja. 



Namun, speed boat skiff tidak cocok untuk digunakan untuk perjalanan jauh atau di perairan yang berombak karena ukurannya yang kecil dan tidak dilengkapi dengan fasilitas penumpang atau toilet.


Baca Juga: Pekerja kapal pesiar dan tugasnya

2. Speed boat center console

Speed boat center console

 

Speed boat center console adalah jenis speed boat memiliki kokpit terbuka di tengah-tengah dengan konsol kontrol terletak di bagian tengah.



Speed boat center console biasanya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan speed boat skiff dan dilengkapi dengan tempat duduk serta fasilitas lainnya seperti toilet dan tempat penyimpanan.


Speed boat center console biasanya memiliki dimensi lebih kecil dibandingkan speed boat cabin cruiser, panjangnya antara 5-8 meter sedangkan lebarnya sekitar 2-3 meter. 



Speed boat center console juga dilengkapi dengan mesin bertenaga tinggi yang memungkinkannya untuk bergerak dengan kecepatan tinggi di atas permukaan air.



Keuntungan dari speed boat center console adalah ukurannya yang lebih kecil dan lebih mudah dibawa kemana saja dibandingkan speed boat cabin cruiser, serta harganya yang relatif lebih murah. 



Namun, speed boat center console kurang cocok untuk digunakan untuk perjalanan jauh atau keperluan pariwisata karena tidak dilengkapi dengan kabin penumpang yang bisa ditutup.

Baca juga: Cara kerja kapal selam

3. Speed boat cabin cruiser

Speed boat cabin cruiser


Speed boat cabin cruiser adalah jenis speed boat dilengkapi adanya kabin penumpang yang bisa ditutup.


Tipe Speed boat cabin cruiser mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan speed boat center console. 

 

Disamping itu, ini menjadi salah satu macam speedboot yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, dapur, dan tempat tidur. 



Pnggunaan Speed boat cabin cruiser biasanya sebagai kendaraan laut untuk perjalanan jauh atau keperluan pariwisata.



Ukuran lebih besar dibandingkan speed boat rib, panjangnya antara 8-12 meter dan lebar berkisar antara 3-4 meter.

 

Sedangkan pada sektor mesinnya , Speed boat cabin cruiser mempunyai mesin bertenaga tinggi memungkinkan bisa bergerak dengan kecepatan tinggi di atas permukaan air.



Keuntungan dari speed boat cabin cruiser adalah kenyamanannya yang tinggi saat digunakan untuk perjalanan jauh atau keperluan pariwisata karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas penumpang yang memadai. 



Namun, Harga speed boat cabin cruiser biasanya dijual dengan harga mahal dibandingkan jenis speed boat lainnya, dan biaya operasional lebih tinggi karena pemakaian bahan bakarlebih banyak dan memerlukan perawatan lebih sering.

Baca Juga: Jenis jenis kapal penumpang

5. Speed boat rib

Speed boat rib


Speed boat rib adalah jenis speed boat memiliki kokpit terbuka dan terbuat dari bahan ringan seperti fiberglass atau hypalon. 



Tipe ini dilengkapi adanya sasis yang terbuat dari bahan karet sehingga membuatnya sangat stabil dan tahan terhadap goncangan saat berlayar di atas ombak. 



Selain itu jenis ini juga biasa dipakai untuk kebutuhan olahraga air atau transportasi jarak pendek diperairan berombak kecil.


Umumnya ukurannya lebih besar dibandingkan speed boat skiff. Panjangnya berkisar antara 5-8 meter dan lebar berkisar antara 2-3 meter.


Selain itu Speed boat rib juga dilengkapi dengan mesin bertenaga tinggi. Memungkinkannya untuk bergerak dengan kecepatan tinggi di atas permukaan air.

 

Beberapa speed boat rib juga sudah dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti tempat duduk, toilet, dan tempat penyimpanan yang memudahkan penggunaannya untuk keperluan pariwisata atau perjalanan jauh.



Keuntungan dari speed boat rib adalah kecepatan dan stabilitasnya relatif tinggi saat berlayar di atas ombak, serta mudah dibawa kemana saja dan dikemudikan. 



Namun, Harga speed boat rib biasanya dijual relatif lebih mahal dibandingkan jenis speed boat lainnya. 

 

Disamping itu tipe ini membutuhkan biaya operasional lebih tinggi karena harus menggunakan bahan bakar lebih banyak.

Baca Juga: Fungsi sistem ventilasi kapal

Harga Speed Boat


Harga speed boat bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan fitur yang dimilikinya. 

 

Speed boat skiff yang paling sederhana bisa dijual dengan harga mulai dari beberapa juta rupiah hingga puluhan juta rupiah tergantung pada kapasitas mesin dan fitur yang dimilikinya. 



Speed boat center console dan cabin cruiser biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal, mulai dari ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah tergantung pada ukuran dan fitur yang dimilikinya. 



Speed boat rib juga bisa dijual dengan harga yang cukup mahal, mulai dari ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah tergantung pada ukuran dan fitur yang dimilikinya.



Selain itu, biaya pembelian speed boat juga harus dipertimbangkan dengan biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulannya seperti biaya bahan bakar, perawatan mesin, dan asuransi.


Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli speed boat, ada baiknya jika mempertimbangkan terlebih dahulu ssuai kebutuhan dan kemampuan finansial untuk membeli dan mengelola speed boat.

Dapatkan Update via email