Thursday, November 10, 2022

Mengenal Jenis Kapal Perusak dari berbagai negara

Kapal perusak, Mengapa ada jenis tersebut dan apa fungsinya? Mungkin membuat anda penasaran setelah megetahui ternyada ada kapal dinamai sebagai penghancur atau perusak. Ya, Kapal tersebut memang sengaja dibuat, dan tidak sembarangan. Sebagai salah satu alat pertahanan maritim yang dimiliki oleh beragai negara.

 

Kapal ini merupakan jenis kapal perang yang mampu melaju dengan cepat dan gesit dalam melakukan manufer. Peranannya melakukan perlindungan terhadap apal perang yang ukurannya lebih besar.

 

Sehingga secara umum kapal perusak ini berfungsi sebagai salah satu alat pertahanan dalam perairan laut yang biasanya dimiliki oleh negara.


Sama halnya dengan beberapa negara lain, Indonesia juga mempunyai armada kapal perusak sebagai perlindungan maritim. Berbagai negara lain mempunyai jenis kapal perusak yang sudah terkenal, mari kita simak penjelasan lengkapnya.


Kapal Perusak

Jenis jenis kapal perusak

Mungkin anda sudah memiliki gambaran terkait dengan fungsi kapal destroyer, tetapi bagaimana sejarah dari kapal tersebut mengapa dibuat.

Mulai dihadirkan pada Abat ke 19, Di era Revolusi Industri yang aman terjadi peralihan jenis kapal layar menjadi jenis kapal dengan tenaga mesin uap. Selain menjadi lebih bertenaga, Kapal Mesin Uap juga memiliki kecepatan lebih baik.


Yakni berkat penemuan kala itu , Turbin Uap menjadi rovolusioner snagat bermanfaat untuk memperbaiki kemampuan kapal perang. Yakni Ditemukan oleh seorang insinyur muda dengan Nama Charles Parsons.


Revolusi Torpedo ditemukan pada tahun sekitar 1866 Oleh Robert Whitehead dari Inggris yang tinggal di Itali lebih dulu dibandingkan Turbin Uap di Tahun 1897.

 

Kapal torpedo merupaan sebuah trobosan baru, mempunyai kemampuan gerakan lincah , gesit dan bentuknya kecil. Saat itu kapal torpedo menjadi kapal penghancur pertama yang mampu mengoyak para kapal besar milik lawannya.


Kapal tempur yang berukuran leih besar sehingga untuk urusan manufer lebih sulit. Tidak Hanya itu saja, kapal tempur juga membutuhkan waktu relatif lebih lama saat akan meluncurkan meriam dibandingkan dengan kapal torpedo. Kapal torpedo menjadi jenis yang perlu dipertimbangkan sebagai ancaman oleh kapal besar lain.


DIsinilah , Kapal perang penghancur mulai diciptakan untuk mengatasi ancaman torpedo. Kapal destroyer dilengkapi berbgai jenis senjata kaliber untuk melakukan serangan dengan Cepat. Dienal dengan Kapal destroyer Torpedo yang hingga kini menjadi nama "Kapal Perusak".

Baca Juga: Jenis dan Tipe Pengedokan Kapal Laut

Perkembangan Kapal Perusak


Mengenal jenis kapal Perusak, yakni desainnya mulai dkenal saat terjadi perang dunia 1. Kapal Selam U-Boat mengancam di perbatasan laut, dan untu mengatasinya model kapal perusak harus dipersenjatai dengan Sonar dan Bom untuk melakukan perlawanan.


Fungsinya untuk menyerang, mengetahui posisi lawan dengan Sonar yang ada didalamnya menjadi lebih mudah. Sedangkan perubahan Desainnya Terjadi saat Perang Dunia 2 , yang mana kapal perusak mulai berubah tidak hanya untuk menyerang kendaraan laut saja melainan melawan pesawat.

Kapal Perusak memiliki Kanon anti pesawat sehingga Berat Kapal menjadi meningkat dan memakai space ruang lebih luar pada bagian deck.


Sedangkan Pada Model Kapal perusak lama yang sudah dirakit juga disesuaikan dengan merubahnya memberi Meriam Fungsi ganda, yakni untuk menyerang dan merusak kapal lain serta untuk pesawat.

 

Hingga Setelah Perang Dunia 2 Selesai, Kapal perusak tetap dipertahankan karena biaya operasinya relatif lebih rendah dibandikan dengan kapal perang lain yang berukuran besar.

Baca Juga: Jenis-Jenis kapal Kontainer

Kapal Penghancur Milik Indonesia


 Sebagai Negara dengan wilayah perairan cukup luas, Sudah sepatutnya mempunyai jenis kapal pertahanan yang beragam. Indonesia mempunyai Kapal Pengahancur sebagai kekuatan maritimnya, Misalnya ada Jenis KRI I Gusti Nugerah Rai-332 yangg dapat digunkan oleh personil benteng pertahanan negara dalam mengawasi perairan.


Mempnyai beragam Tugas yang diemban  bersama dengan TNI Ankatan Laut, misalnya Anti Survace Warefare, Anti Air WarFare, Electronic Warfare , Naval Gunfire Support, Naval Diplomacy dan lain sebagainya.

Panjang Kapal Penghancur milik Inodnesia Ini adalah 105.11 Meter dan mempunyai berat 2.365 ton. Merupakan Kapal kelas Light Fregat / Perusak kawal rudal dengan sistem persenjataan lengkap didalamnya.


Disana terdapat Meriam Ukuran 76mm dan SAM / Rudal Permukaan ke Udara. Disamping Itu kapalnya terdapat sistem pertahanan diri dengan pelontar Torpedo dan Senjata 35mm hingga perusak permkaan SSM.

 

Kapal perusak milik indnesia ini mempunyai kemampuan perang elektronik memakai sistem Counter Maesure (ECM) serta jenis ESM (Electroic Support Maesure) yang sudah diintegrasikan dalam Combat Managemen System.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kapal Tongkang

Jenis-Jenis Kapal Destroyer Terkenal Dunia


Dibeberapa negara juga memiliki adanya alat untuk perlindungan martitimnya, tidak hanya indonesia namun negata tetangga juga sudah mempersiapkan kapal penghancur untuk melindungi kedaulatan masing masing.


Hingga kini ada beberapa jenis kapal perusak yang sudah eksis untuk menjaga kedaulatan masing-masing.


# Kapal Selam Perusak "Virginia"


 Adalah salah satu jenis kapal penghancur milik AL Amerika yang dikenal juga sebagai penerus dari Kapal "Los Angeles". Memiliki Ukuran lebih kecil dibandingkan sebelumnya dan harga lebih murah.

 

Kapal tersebut sterbilang seerbaguna, Amerika memunyai 30 Jenis kapal yang mempunyai tenaga nuklir. Semuanya mempunyai beroperasi dan mempunyai 12 Tabung Vertikal Launch System (VLS).


VLS merpaan sistem peluncuran Rudal dan Jelajah untuk serangan darat yang mampu menjangkau Hingga 1.700km. Selain itu Virgina juga dilengkapi dengan 4 Tabung torpo dengan Ukuran 533mm yang dapat dipakai menembakan 26 torpedo.

Baca Juga: Apa itu Deck Kapal dan Jenisnya

#Kapal Selam Perusak Kelas Los Angeles


Berikutnya kapal destroyer amerika serikat yang mempunyai sekitar 40 Buah kapal , Merupakan versi terbaru dari pendahulunya. Jenis terbarunya memiliki karakter 7 Kali lebih tenang dan susunan senjata lebih kuat.

 

Dilengkapi adanya rudal sup harpoon serta torpedo MK.46 serta adanya rudal jelajah serangan darat Tomahawk didalamnya.

 

Selain itu kemampuanya juga tidak diragukan, jenis kapal destroyer ini mampu melakukan perjalanan bawah es.

Baca Juga: Mesin kapal laut dan cara kerjanya

#Kapal Selam Graney


 Adalah salah satu jenis kapal selam yang dilengkapi dengan tenaga Nuklir terbaru yang dimiliki Oleh Rusia. Kapal Destroyer Ini awalnya diberi nama Severodvinsk yang telah dibuat pada tahun 1993. Tetapi proses pembuatannya sempat terhenti karena terkendala oleh dana.


Kapal destroyer ini mulai beroperasi pada tahun 2013, yang diciptakan untuk meningkatkan Kualitas. Saat ini ada 6 Kapal penghancur dengan dilengkapi 24 Tabung peluncuran vertikal rudal, Salah satunya adalah rudal P800 Oniks yang dapat menjangkau jarak sampai 300 KM.


#Kapal Selam Astute


Selanjutnya adalah kapal selam penghancur dari Inggris yang menggunakan tenaga nuklir. Sebelumnya telah dioperasikan oleh Royal Navy 2010 lal, ada 7 Jenis kapal selam penghancur yang beroperasi.

 

Kapal selam ini memiliki kelebihan yakni telah diengkapi fitur kamuflase atau yang biasa disebut juga dengan Mode Siluman. Tidak hanya itu saja, kapasitas angkut senjata kapal ini terbilang banyak, yakni 6 tabung torpedo 533mm dan Rudal jelajah serangan darat Tomahawk Blok IV.

 

Itulah beberapa jenis kapal pengrusak, atau dengan istilah lain sebagai Kapal penghancur.
Mengenal Jenis Kapal Perusak dari berbagai negara
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email