Tuesday, October 25, 2022

Perahu Sekoci , Berikut jenis dan perlengkapan Sekoci pada kapal

 Penasaran apa itu skoci dan mengapa setiap kapal besar dilengkapi dengan adanya kapal penolong tersebut. Kapal laut dan sekoci memang dua kendaraan yang berbeda , namun umumnya menjadi satu paket.


Perlengkapan kapal , selain mengenal adanya jenis jangkar dan berbagai keperluan lain kalian juga perlu mengenal adanha kapal penolong yang disebut sebagai skoci. Dalam kondisi emergency, kapal kecil ini sangat penting untuk penyelamatan yang dapat membawa kru dan penumpang kapal untuk penyelamatan.


Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang skoci, nah pembahasan ini akan menjadi tumpuan jawaban anda yang sedang penasaran dengan skoci. 

 Baca juga: Jenis-Jenis Kapal Tongkang

Kapal skoci

 

Sekoci

Kapal skoci adalah alat penyelamatan yang bersifat urgent dalam penggunaan nya sebagai kendaraan untuk kru kapal dan penumpang saat terjadi masalah darurat yang mengharuskan keluar dari kapal utama.


Sekoci atau perahu kecil ini dirancang untuk menyelamatkan nyawa manusia jika terjadi masalah di laut. Namun di Inggris, istilah tersebut mengacu pada jenis perahu khusus di pelabuhan, yang sering digunakan oleh para sukarelawan, yang digunakan untuk mencapai kapal dengan cepat dengan susah payah.


Sehingga dalam hal ini sangaat penting keberadaan skoci pada setiap kapal besar, misalnya jenis kapal pesiar, kapal kargo dan lain sebagainya.

 Baca Juga: Jenis Varian Baling-Baling Kapal

Perlengkapan Yang ada di Sekoci Kapal

 
Dalam pembahasan perahu penyelamat tentunya harus lengkap dengan peralatan yang ada didalamnya. Dari sini akan mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan dan ada dalam sekoci penyelamat. 

 

Perahu Kecil Penyelamatan Darurat ini umunya dilengkapi dengan adanya perlengkapan Memadai Sebagai keperluan efektif emergency dalam perairan. Berikut perlengkapan yang biasa ada dalam Sekoci. 


  • Dayung alat ini wajib ada dalam Sekoci , terutama pada perahu tenaga manual tanpa motor. Berfungsi untuk melaju kapal diperairan hingga mendapatkan penyelamatan utama. Penumpang akan menggerakan Dayung untuk menyeimbangkan kapal diatas air , menghadapi berbagai kemungkinan supaya Sekoci tetap berjalan. 

 

  • Dok Boat, Yakin suatu alat yang berfungsi untuk evakuasi cepat kapal saat dalam kondisi darurat supaya penumpang bisa dengan cepat ke dalam sekoci

 
  • Ember , Juga menjadi perlengkapan wajib ada dalam sekoci yang berguna untuk menguras air yang dapat masuk ke lambung kapal setiap kali mengapung. Hal ini tentu bisa terjadi, karena kondisi airnya tidak pasti. 

 

  • Kompas, Tentunya anda sudah tau Untuk apa. Ya, sebagai alat untuk petunjuk arah navigasi sekoci ketika menentukan arah dan tujuan. 

 

  • Apar, Alat pemadam api ringan juga perlu ada didalamnya, Berguna untuk menghadapi segala kemungkinan.  

 

  • Jangka Apung, Yakni Berperan sebagai membantu kapal saat akan tenggelam agar tetap mengapung. 

 

  • Maknan darurat , Selain berbagai perlengkapan teknis dalam sekoci juga harus tersedia makanan darurat untuk bertahan hidup. Disana setidaknya ada minuman maupun makanan untuk para penumpang. 

 

  • Tali, Biasanya tersedia pada bagian depan dan belakang sekoci. Tali tersebut berguna untuk mempermudah sekoci keluar dari badan kapal.

 

  • Perlngkapan P3K, tidak kalah pentingnya Kotak P3K sebagai alat yang sangat dibutuhkan untuk tindakan penyelamata untuk seseorang yang terluka.

 

 Itulah perlengkapan dan kebutuhan pada setiap kapal sekoci, secara umum itu menjadi standar penyelamatan ketika darurat dalam perahu. Lalu, Mari kita mengenal jenis sekoci yang ada.

 Baca Juga: Pengertian Deck Kapal dan Jenisnya

 Jenis Jenis Skoci

 

 Mungkin anda sebelumnya masih mengendengar skoci saja, tetapi tahukah bahwa terdapat beberapa jenis skoci yang biasa terdapat dalam kapal besar.


Secara umum fungsinya sama, yakni melakukan evakuasi agar seseorang bisa tetap aman dalam perairan. 

Apa saja jenis skoci, berikut penjelasanya.


#1. Perahu Skoci bermotor


Sesuai dengan namanya, bahwa skoci ini sudah lengkap dengan adanya pengerak mesin bermotor. Dalam situasi darurat , Skoci ini juga dipakai untuk menyelamatkan pengguna kapal utama.


Jenis Perahu skoci bermotor ini menempel dibagian sisi kapal yakni supaya mudah diturunkan ke perairan saat emergency. Yakni memakai alat Kran , secara perlahan akan ke bawah setelah para penumpang ada diatasnya.


Skoci bermotor umunya siap digunakan, telah lengkap dengan Kondisi terisi bahan bakar. Dalam hal ini jenis skoci bermotor juga memiliki kelas:

 

#1.1. Sekoci Bermotor Kelas A


Jenis sekocibermotor kelas A bergerak memakai tenaga utama motor atau secara mesin mekanik memakai bahan bakar. Setelah mesin menyala, sekoci akan siap melaju di perairan.

 

Sekoci penolong ini bisa diapakai oleh para awak kapal laut dan penumpang dalam misi penyelamatan atau penggunaan darurat.  Jenis ini adalah bentuk dari pengembangan dari model sebelumnya.

 

Sekoci bermotor kelas A ini tentu memiliki desain supaya penggunanya tidak perlu mendayung secara manual. Berkat tenaga dorong memakai motor mekaniknya , Seoci jenis A Ini memiliki kecepatan rata-rata sampai 6mil / Jam.

 

Sehingga membuat proses evakuasi penyelamatan menjadi lebib efektif dan efisien.

Baca Juga: Syarat Membuat Sertifikat Pelaut

#1.2. Sekoci Bermotor Kelas B


Yang berikutnya adalah kelas lain dari sekoci penyelamat bermotor kelas B.  Sama dengan sebelumnya, tipe Ini juga bergerak memakai tenaga utama Motor mekanik atau mesin kapal dengan bahan bakar.


Namun dari sisi kecepatan kelas B lebih rendah, yakni kisaran 4mil per jam.


Biasanya Jenis Perahu sekoci ini diperuntukan kapal angkutan barang atau penumpang yang mempunyai tingkat resiko lebih rendah dibandingkan lainnya. Umumnya kapal yang menggunakan perlengkapan sekoci ini mempunyai tingkat resiko kecelakaan relatif kecil karena sudah didesain sangat aman.


#2. Perahu Sekoci Dayung


Ada beberapa model Sekoci yang biasa menjadi perlengkapan kapal, salah satunya sekoci dayung.  Sesuai dengan namanya, sekoci ini memakai penggerak manual tenaga manusia dengan mengayuhkan dayung agar bisa melaju.


Meskipun secara teknis mengendarainya berbeda dengan sekoci motor, namun secara fungsinya sama. Yakni sebagai alat penyelamatan kondisi darurat terjadi dalam perairan.

 

Selain mengayuh , penumpang diatasnya juga harus bisa menyeimbangkan agar perahu bisa melaju dengan baik.

 

Ukuran Sekoci dayung tidak terlalu besar, yakni umumnya berkapasitas 2 Hingga 4 Orang. Perahu Ini akan diturunkan dari badan kapal saat kondisi darurat yang mengharuskan seluruh awak kapal dan penumpang keluar dari kapal utama.


Seccara prinisp kerjanya, sekoci penyelamat ini tidak memerlukan bahan bakar apapun. Sepenuhnya tergantung pada manusia dan mereka harus bekerja sama dalam menjaga keseimbangan.


#3. Rakit penolong kembung


 Varian Lain nya ada Rakit penolong kembung, perlengkapan penyelamatan ini dapat dikembangkan ketika dilempar ke atas permuaan laut. Secara otomatis akan mengembang dan mengapung.


Biasanya jenis rakit penolong kembung juga disebut juga ILR (Inflatable liferaft) yang biasa berada pada Kapal laut moderen. Rakit kembung sangat praktis, ruang simpan kecil namun kapasitas daya angkut penumpang cukup banyak.


Satu Sekoci Ini bisa menampung Mulai dari 6 Orang, 10 Orang, 15 Orang, 20 Orang Hingga 25 Orang. Secara keperluan memang sama, namun ini memiliki kelebihan cukup signifikan.

 

Untuk mengembangkan nya rakit memanfaatkan Gas CO² yang tersimpan dalam satu tabung gas. Tabung tersebut akan otomatis mengisi balon rakit penolong apabila dilempar ke Perairan.

 

Setelah mengembang sempurna, orang-orang bisa naik diatasnya dan mengapung.

Baca Juga: Jenis-jenis Jangkar Kapal Laut

#4. Sekoci luncur


 Model lain yang perlu kalian ketahui adalah Sekoci Luncur yang dilontarkan ke Perairan melalui suatu landasan luncur dari kapal saat kondisi darurat.

 

Penumpang bisa naik ke Atasnya saat kondisi urgent untuk keperluan evakuasi. Sangat penting adanya sekoci sebagai alat penyelamatan di perairan. Apapun jenis sekocinya saya kira setiap jenis kapal laut wajib memilikinya.

 

Biasanya prosedurnya adalah, Sekoci dinaiki oleh penumpang yang akan di Evakuasi. Berikutnya, Mengaktifkan tuas melepas sekoci luncur. Didesain sedemikian rupa , memungkinkan dalam kondisi apapun sekoci akan ke kondisi tegak lurus di permukaan laut


Penutup

Itulah beberapa Jenis Sekoci Perlengkapan Penyelamatan darurat yang wajib dimiliki oleh kapal laut beserta dengan perlengkapannya.




Perahu Sekoci , Berikut jenis dan perlengkapan Sekoci pada kapal
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email