Saturday, November 5, 2022

Dokumen Kapal wajib sebelum berlayar

 Sama dengan kendaraan darat yang memiliki dokumen resmi dari pemerintah yang mengizinkan dapat digunakan, Misalnya SIM Untuk pengemudi, STNK, BPKB dan lain sebagainya. Dalam hal Ini kendaraan laut juga memiliki beberapa ketentuan Dokumen Kapal Wajib sebelum berlayar. 

 

Sebuah kapal harus menyelesaikan semua dokumennya sebelum dapat melakukan kegiatan berlayar ke lautan. Hal ini dilakukan untuk keperluan membuat operasi pengiriman legal dengan menimbang dari berbagai aspek dan kemungkinan.



Sebelum berlayar, kapal harus memastikan bahwa semua dokumennya telah beres. Hal ini dilakukan untuk membuat kegiatan pengiriman legal dan mencegah mereka menerima menerima tilang. Kelengkapan dokumentasi dapat memudahkan kapal memasuki area pelabuhan, sehingga membantu mencegah adanya penalti karena masalah dokumen kapal yang wajib dipenuhi namun tidak ada.



Dokumen yang membuktikan kelengkapan kapal juga merupakan bukti bahwa kapal tersebut telah menyelesaikan dokumen hukum yang diperlukan, sehingga dapat dipastikan sebagai acuan layak sebuah kapal untuk berlayar.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kapal Tug Boat dan Fungsinya

Daftar Dokumen Kapal  Kelengkapan Pelayaran

Dokumen kapal sebelum berlayar



Apa saja yang harus diselesaikan sebelum kapal melakukan perjalanan pelayarannya. Dokumen-dokumen ini termasuk di bawah ini, bersama dengan ringkasan singkat masing-masing.



# Sertifikat Pendaftaran atau Sertifikat Kebangsaan Kapal


Sertifikat nasional kebangsaan kapal adalah salah satu jenis  dokumen pertama yang perlu dimiliki. Sertifikat kapal yang mengidentifikasi dari transportasi  kapal tersebut , yakni terdapat dalam dokumen ini. Kapal diberi otorisasi untuk mengibarkan bendera nasionalnya dengan menggunakan dokumen ini.




Dokumen ini berfungsi baik sebagai badan hukum untuk kapal dan izin untuk mengibarkan bendera negara asal. Kapal yang dimaksud memenuhi syarat untuk perlindungan hukum berkat sertifikat kewarganegaraan ini.


Selain tempat asal, kapal juga dilindungi oleh perlindungan hukum negara yang bersangkutan. Pendaftaran kapal ke luar negeri sering disebut sebagai Flag of Convenience, dan melibatkan pendaftaran dokumen ini yaitu registrasi kapal ke negara lain.



Penghematan biaya adalah tujuan dari pendaftaran ini. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan adanya peraturan pendaftaran khusus negara dan perbedaan kebangsaan kapal.



Kapal dapat didaftarkan di negara dengan prosedur dan biaya yang lebih ringan jika persyaratan pendaftaran dan biaya di yurisdiksi pertama terlalu rumit.



Namun, tidak semua negara mengizinkan penerapan peraturan ini. Flag of Convenience diperbolehkan, di Liberia, Panama, Kosta Rika, dan Honduras.

Sedangkan Indonesia sendiri tidak mengizinkan penggunaan Flag of Convenience. Bahkan untuk jenis kapal yang datang dari Indonesia wajib terdaftar di dalam negeri serta mengibarkan bendera Negara Indonesia. 


Dokumen ini harus memenuhi sejumlah standar, antara lain untuk sertifikat laut sementara untuk kapal yang sedang menyeberang atau bepergian serta sertifikasi laut tahunan, kecil, dan sementara.

Baca Juga: Apa Itu Sertifikat Pelaut dan Cara membuatnya

#Sertifikat keamanan


Sertifikat keamanan adalah dokumen kapal berikutnya yang perlu dilengkapi untuk mencegah penerimaan tiket di atas kapal. Target audiens publikasi ini adalah khusus kapal penumpang.


Sertifikat keamanan memberikan jaminan kepada penumpang saat mereka bepergian. Keamanan yang dijanjikan dalam sertifikat ini meliputi jaminan sosial, keselamatan tubuh, dan perlindungan dari perilaku tidak pantas awak kapal.


#Sertifikat Kelaikan Laut (seaworthy certificate)

 

Sertifikat laik laut atau sering disebut seaworthy certificate adalah dokumen kapal berikut yang wajib dimiliki. Dokumen Kelautan kapal ini berfungsi sebagai bukti bahwa kapal itu laik tersebut dinyatakan masih mumpuni untuk melakukan pelayaran ke laut.



Kelengkapan peralatan, fungsionalitas setiap bagian kapal, dan faktor lainnya semuanya dapat digunakan untuk menentukan layak tidaknya kapal ini. Sangat penting bahwa Anda memiliki sertifikat kapal ini. Pasalnya, setiap peralatan kapal yang gagal dalam uji kelayakan akan berbahaya dan menimbulkan risiko.



Kelayakan kapal juga harus diperhitungkan jika merupakan kapal penumpang karena keselamatan banyak orang dipertaruhkan disana. Dokumen ini menjadi salah satu wajib dipenuhi ketika kapal akan berlayar.

Baca Juga: Apa Itu Deck Kapal dan Jenisnya

# Sertifikat bebas tikus (deratting certificate)


Sertifikat bebas dari tikus, juga dikenal sebagai sertifikat yang terhitung penting sebagai dokumen kapal sebelum berangkat berlayar. Adalah dokumen penting bagi kapal yang meninggalkan pelabuhan memastikan aman dari binatang kecil berbahaya terhadap infrastruktur kapal. Karena tikus adalah hewan pengerat yang tidak boleh berada di atas kapal. Oleh karena itu, kru harus memastikan tidak ada tikus di dalam kapal dan dipastikan dengan melalui sertifikasi.



Sertifikat bebas tikus, yang diberikan setelah memeriksa kapal, menyatakan bahwa tidak ada tikus di kapal. Selain itu juga dilakukan pengasapan atau penyemprotan pembasmi tikus di kapal.



Penyemprotan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada tikus yang luput dari deteksi selama pemeriksaan tidak ada di kapal.

 

#Surat Daftar Awak


Menjadi salah satu jenis dokumen penting sebelum kapal berlayar. Seperti namanya, adalah daftar awak kapal yang akan melakukan perjalanan . Sertifikat Daftar Kru untuk Monsterol adalah nama lain untuk dokumen ini.



Surat ini berisi daftar nama dan pekerjaan setiap awak kapal yang akan berlayar. Namun, nama kapten tidak disebutkan karena bukan bagian dari kru. Kapten bertugas untuk mengarahkan kapal dan bertindak sebagai komandannya.

 Baca Juga: Jenis-Jenis Jangkar Kapal dan perlengkapannya

#Sertifikat Garis Muatan atau Load Line Certificate


Surat kapal menyatakan Lambung kapal timbul adalah salah satu dokumen penting perlengkapan perjalanan kapal. Batas Lambung timbul adalah menjadi tanda Kemampuan kapal untuk mengapung di atas air. Oleh karena itu, memiliki sertifikat yang unik untuk hal ini sebagai salah satu standar kelayakan berlayar.



Sertifikat yang menunjukkan bahwa lambung kapal dapat sesuai dengan batasan minimum dan maksimum disebut "sertifikat timbul lambung", juga dikenal sebagai "sertifikat garis muat."



Saat berlayar kosong atau dengan memiliki beban akan muncul sedikit, lalu lambung kapal akan naik sedikit dan naik lebih tinggi di atas permukaan air ketika dalam muatan kosong.



Untuk itu, lambung kapal harus memiliki ukuran minimal dan maksimal. Agar kapal dapat mempertahankan keseimbangannya, hal ini dilakukan untuk keselamatan pelayaran.

# Surat Kesehatan atau Bill of Health


Bill of Health, juga dikenal sebagai surat kesehatan, adalah dokumen yang berkaitan dengan catatan kapal sebelumnya dan menyatakan kebugaran fisik awak kapal.



Karena semua orang tahu, perjalanan biasanya berakhir pada jam tertentu. Hasil yang tidak diinginkan dapat terjadi jika ada anggota kru yang memiliki penyakit menular atau epidemi.



Menurut surat kesehatan ini, semua orang di kapal dalam keadaan sehat dan baik awak maupun kapten tidak menular.



Awak kapal harus menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan surat ini. Surat ini biasanya dikirim tepat sebelum kapal meninggalkan pelabuhan.


Sertifikat kesehatan berfungsi sebagai jaring pengaman bagi penumpang serta sebagai tambahan dalam proses administrasi.

#Surat Ukur atau Mee Tebrief


Ukuran kapal dinyatakan dalam Surat ukur ini, atau dokumen kapal. Dimensi penting kapal termasuk lebar interior, LOA, atau panjang keseluruhan, dan LBP, atau panjang antara tegak lurus.



Surat ini juga menyertakan daftar ukuran setiap lubang palka. Surat ini tidak boleh dianggap enteng, meskipun hanya berfungsi sebagai sertifikat ukuran kapal. Ukuran kapal berdampak pada muatan, jumlah penumpang, lambung kapal, dan faktor lainnya.

 

#Dokumen Tambahan yang Harus Diarsipkan


Selain dokumen-dokumen yang disebutkan di atas, masih banyak lagi dokumen penting lainnya yang harus dilengkapi. Namun, perlu digarisbawahi bahwa dokumen lain mungkin berbeda tergantung pada jenis kapal.



Dokumen di atas kapal kargo, misalnya, sangat berbeda dengan dokumen di kapal penumpang. Sebuah peralatan keselamatan keselamatan kapal kargo, sertifikat radio keselamatan kapal kargo, dan sertifikat pembebasan adalah dokumentasi kapal kargo yang diperlukan.



Manifes barang berbahaya atau rencana penyimpanan serta sertifikat pembangunan kapal kargo diperlukan untuk melengkapinya.



Resi gudang, pelacak kargo, daftar kargo yang rusak, laporan keluar, dan laporan survei adalah dokumen muatan kapal tambahan yang dapat melindungi Anda dari menerima tiket.

 Baca Juga: Mengenal Jenis Kapal Tongkang

Itulah beberapa Dokumen yang harus dipersiapkan kapal saat akan berlayar. Sehingga pelayaran akan berjalan dengan nyaman tanpa adanya pelanggaran.

Dokumen Kapal wajib sebelum berlayar
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email