Thursday, October 20, 2022

Apa Itu Deck Kapal, Ada berapa jenis nya

 Perkapalan memiliki banyak komponen prnamaan. Sama dengan rumah, ada ruang tamu, dapur, kamar tidur dan lain sebagainya. Dalam kapal kita akan mengenal banyak nama dan istilah tempat, salah satunya Deck Kapal. Apa itu deck kapal ?


Bagian-Bagian perkapalan perlu kita pahami bersama. Saya akan membahas deck kapal, sama halnya dengan lainnya, Kapal juga memiliki penamaan antar bagian. Yakni  Deck Kapal, Mungkin bagi sebagian orang terdengar asing nama tersebut. 


Bagian Deck adalah penamaan bagian Geladak kapal. Sedangkan Deck kapal merupakan lantai bangunan di atasnya, selain itu bisa berfungsi untuk menjadi atap bagi dec dibawahnya.


Misalnya bagian deck jembatan Kompas, yakni sebuah deck yang menutup bagian atas anjungan kapal (bridge).



Misalnya, jembatan kompas menutupi permukaan jembatan. Lambung kapal bersandar di dek jembatan.


 
Pelat besi digunakan untuk membuat kursi perahu besi. Pelat kursi terpasang ke balok di bawah. Di pelat bodi, penopang ini disebut pusat.

Baca juga : Apa itu sertifikat Pelaut dan Bagaimana cara ceknya

Macam-macam deck kapal

Deck kapal
Img:pixabay

Dari pengertian diatas mungkin anda sudah memahami gambaran tentang deck kapal. Sehingga sudah memiliki pandangan apa itu deck kapal. 


Namun , dalam hal ini pengertian dan bagiN deck kapal juga beragam. Saya akan menjelaskan , jenis-jenis deck kapal.


Berikut jenis dari deck kapal yang perlu anda metahui.

Baca juga : Cara kerja Baling-baling kapal

Mengenal beberapa Frasa kata deck.


Kata deck juga digunakan bersama kata lain dalam sebuah kapal dan membentuk sebuah frasa kata atau istilah merujuk istilah nautik, misalnya:

  • ABK deck sama dengan deck crew
  • Depatemen deck atau menjadi deck department
  • Kadet deck = deck apprentice
  • Perwira deck sama dengan deck officers


Sedangman frasa lain juga bisa merujuk pada peruntukannya, misalnya deck penumpang = passanger deck, deck mobil = car deck.


1. Main deck / Geladak Utama Kapal.


Jenis yang pertama yakni Main deck,  adalah geladak utama yang memanjang dari haluan kapal hingga buritan. Sedangkan pada bawah sebuah main deck umumnya disana anda akan menemulan ruang-ruang muat (palka atau tanki).



Dalam geladak utama juga akan mengenal adanya Main deck kiri (port) atau kanan (starboard) , yakni berfungsi sebagai sebuag ruang mobilitas para pekerja kapal atau ABK yang sibuk melakukan aktifitas dari buritan ke haluan dan sebaliknya.



Main deck dalam sebuah kapal laut bukanlah deck tertinggi yang merujuk pada istilah weather deck. Merupakan sebuah deck terbuka yang langsung kontak dengan perubahan cuaca lingkungan sekitar seperti hujan, panas, angin, ombak.

Baca juga: 9 Jenis Jangkar kapal

2. Poop deck


Selanjutnya anda juga bisa mengetahui adanya poop deck , Deck ini berada di daerah buritan kapal (stern). sedangkan pada bagian bawah dan atasnya terdapat ruang akomodasi.



Sedangkan Engine room, bridge deck dan boat deck dapat kesana melalui lewat gang-gang akomodasi.


Di bagian belakang poop deck kalian bisa menemukan winch serta tali-tali kapal. Stasiun ini digunakan pada saat olah gerak sandar atau berangkat.


3. Boat deck

Mungkin sudah banyak yang tidak asing dengan Lifeboat (sekoci penolong) dan liferaft (rakit penolong) yakni terdapat pada boat deck.



Boat deck ini biasanya merupakan sebuah muster station, yaitu area titik kumpul pada saat kondisi darurat atau boat drill (latihan sekoci). Yakni sebuah lokasi titik kumpul seluruh awak kapal dan penumpang saat emergency.



Ketika berkumpul di area muster station dilakukan prosedur pengecekan personil, kelengkapan peralatan, atau untuk briefing.



Setiap Crew kapal yang baru bergabung wajib dilakukan pengarahan atau traning keamanan , yakni salah satunya mengetahui jalan menuju boat deck. 

Setidaknya mereka akan mendapat informasi tersebut saat familirisasi (serah terima jabatan).


4. Bridge deck


Jenis lainnya yang anda bisa ketahui Dalah bridge deck kapal. Pada bagian deck ini terdapat sebuah bangunan anjungan kapal (bridge) sebagai tempat navigator seorang juru mudi atau captain mengemudikan kapal.


Di dalam anjungan memiliki berbagai fasilitas salah satunya wanib terdapat peralatan radio komunikasi dan navigasi.



Lokasi Bridge deck berada melebar ki kiri dan kanan pada kapal. Yakni area memudahkan abk/perwira berjaga dalam melakukan tugas pengamatan visual sekitar perairan dan sekeliling kapal.



Dan di sisi bagian kiri bridge deck biasanya terdapat sebuah lampu navigasi merah. Sedangkan Lampu navigasi warna hijau terpasang di sisi kanan.

Baca juga : Mengenal jenis kapal kontainer

5. Compass deck


Area deck lainnya adalah compass deck , ,Deck lokasinya berada di atas anjungan.  Seperti dengan namanya, di deck ini terdapat sebuah alat bernama magnetic compass.


Tidak hanya itu saja , Perlengkapan lain yang bisa ditemukan di deck ini adalah speaker dari public addresser dan lampu sorot (search light).


Selain itu disana juga ada Tiang antena radio dan perlengkapan navigasi seperti AIS, GPS umumnya terpasang di railing compass deck.


Anda juga akan mengenal Public addresser. Yakni sebuah  perlengkapan komunikasi berfungsi untuk memberi informasi / di seluruh area kapal.


Dari pusat informasi menjangkau dari anjungan menuju setiap speaker-speaker di gang-gang akomodasi, ke kamar mesin, ke compass deck , atau ke semua speaker yang ada di kapal (emergency) yang bisa di putar sesuai tujuan saja sesuai selector jalur atau bersifat ke semua jalur.


Lampu sorot Adalah yang biasa dikenal denhan (search light) fungsinya untuk menyorot menerangi obyek tertentu.


Lampu sorot juga digunakan memberi sebuah tanda posisi kapal pada malam hari memudahkan stasiun yang mencari.


Itulah pembahasan singkat tentang pengertian deck kapal dan beberapa jenis nya yang bisa anda ketahui.

Apa Itu Deck Kapal, Ada berapa jenis nya
4/ 5
Oleh

Dapatkan Update via email