Monday, December 26, 2022

Lambung Kapal, Jenis dan Bentuknya

 Pada topik pembahasan kali ini karya manunggal akan menjelaskan tentang lambung kapal mulai dari jenis dan bentuknya. Mungkin tidak disadari oleh kebanyakan orang bahwa kapal memiliki beragam jenis lambung.


Lambung kapal adalah badan bagian kapal laut yang biasanya juga disebut hull sangat penting untuk kapal laut. Peranannya memberikan daya apung atau Buoyancy mencegah kapal tenggelam saat berada di perairan / laut. Umumnya jenis lambung kapal didesain memiliki daya gesek sekecil mungkin, sehingga ringan untuk melaju terutama pada kapal kecepatan tinggi.



Saat akan membuat lambung kapal melakukan rancang bangun sebagai dasar perhitungan stabilitas kapal. Besarnya tahanan pada kapal berdampak pada kecepatan kapal rancangan, kebutuhan bahan bakar, Besaran daya mesin hingga syarat kapal menghitung kedalaman yang dibutuhkan.


Berkaitan dengan kolam pelabuhan yang nantinya akan disinggahi serta penyelesaian terhadap jalur pelayaran sesuai perlintasannya nanti.


Spesifikasi lambung kapal ini sangat memiliki peranan penting terhadap fungsi dan keselamatan. Sehingga jenis dan rancang bangun tidak bisa diabaikan begitu saja.

Baca Juga: Mengenal Sextant perlengkapan Kapal

Jenis-Jenis lambung kapal


Secara prinsip fungsi lambung kapal dapat disimpulkan sebagai daya apung dan keselamatan hingga mempengaruhi kecepatan.


Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa lambung kapal mempunyai beberapa tipe yang wajib diketahui. rancang bagun akan disesuaikan dengan kemampuan dan peruntukannya, ya berikut pembahasannya.


Jenis Lambung kapal Datar.


Yang pertama adalah tipe lambung datar, biasanya diperuntukan pada kapal yang akan berlayar pada perairan tenang dan memiliki kecepatan rendah. Sehinga dalam hal ini tentu memiliki resiko jika diaplikasikan ke kapal cepat.


Jenis ini bisa kalian lihat pada kapal tongkang draft kapal berukuran lebih kecil, kapal tanker, dan untuk meningkatkan kestabilannya maka titik berat kapal akan diturunkan.

 

Pasalnya lambung model datar mempunyai momen kopel relatif besar pada sudut goncangan yang sama dibandingkan pada type lambung V. 

 

Tidak hanya itu saja, Coefisien Blok lebih besar sehingga daya muat yang dimiliki lebih besar. Momen Inersia massa total kapal memakai lambung datar lebih besar serta nilai priode oleng lebih baik dibandingkan lambung v.

 

Jika dibandingkan antara lambung V dengan kapal daya muat yang sama, Maka lambung datar lebih rendah dari bentuk V , sehingga dapat berlayar pada shallow watter.

Baca Juga: Alat-alat perlengkapan Kapal

Lambung kapal Letter V

 

Lambung kapal V

Jenis yang kedua yakni Lambung leter V Merupakan jenis badan kapal yang lancip menyerupai huruf V. Untuk kapal yang memakai konsep lambung seperti ini memiliki hambatan lebih kecil dan dinilai hemat pemakaian bahan bakar.


Keuntungannya adalah mampu membelah ombak dengan mudah dibandingkan dengan bentuk lambng datar. Umumnya bayak diterapan pada jenis apal keceptan tinggi.

 

Jenis ini dirancang untuk kecepatan , diperoleh dari besaran daya mesin lebih kkecil dari bentuk lambung datar.


Jenis ini juga mempunyai kemampuan sea keepeng dan manufer kapal sangat baik  dibandingkan dengan jenis lambung datar, Hal ini karena bentuknya yang lebih ramping. 


Keuntungan lainnya adalah dari sektor bahan bakar juga lebih hemat , karena nilai tahanan kekentalan lebbih kecil dibandingkan lambung datar. Tetapi tahanan gelombang (Wave Resistance) Lebih besar karena memiliki lebar lebih pda garis air muat.

Baca Juga: Jenis Galangan Kapal dan Fungsinya

Lambung Kapal Jenis Katamaran

 

lambung kapal katamaran

Tipe Berikutnya adalah jenis kataraman yang dinilai memiliki tingkat kestabilan tinggi dibandingkan lainnya.  Namun dalam hal ini untuk jenis kapal yang memakai jenis ini cocok berada di sungai yang mempunyai arus tenang.

 

Sedangkan berada dalam perairan yang mempunya gelombang tinggi akan mengalami goyangan yang cukup tinggi. 

Baca Juga: Apa Itu anjungan kapal ?

Lambung terowongan

Lambung kapal terowongan

Kemudian jenis lambung terowongan , Merupakan bentuk yang dinilai mampu mengurangi gesekan dengan air sehingga beban kapal relatif lebih ringan.



 Bentuk ini memiliki ciri sudut bagian dalam meruncing sehingga dapat mempermudah manuver kapal.


Tipe Lambung kapal Ponton


 

Berikutnya juga kita bisa mengenal jenis lain yakni tipe hull kapal dengan nama ponton. Untuk kapal memakai lambung ponton konon sangat stabil saat digunakan untuk berlayar.



Selain itu kapal ini mudah dipasangkan dengan mesin tempel maupun tarik dengan kabel.



Namun kapal memakai tipe hull ini tidak efektif untuk jenis kapal yang mempunyai rute pelayaran jarak jauh.



Model hull pada sebuah kapal sangat mempengaruhi terhadap kecepatan yang diperoleh. Tidak hanya faktor mesin saja, bahkan semakin streamline maka semakin cepat dan kebutuhan konsumsi energi relatif hemat.



Inilah pentingnya model hull dalam penerapan pembuatan kapal, misalnya pada kapal angkutan barang , kapal tanker, umumnya memakai lambung datar agar muatan dan angkutannya lebih rendah.

Baca Juga: Cara kerja Baling Baling Kapal

Penutup

Itulah pembahasan tentang Lambung kapal, Jenis Hull dan bentuknya sesuai serta beberapa kelebihan yang dimiliki.

Dapatkan Update via email