Friday, December 30, 2022

Kru kapal pesiar dan tugasnya

Siapa yang tidak pernah mendengar dengan kapal pesiar? Tentu akan terbayang bentuknya, mewahnya,dan lain sebagainya meskipun belum pernah naik didalamnya melihat berbagai fasilitas. Disana sudah pasti ada kru kapal pesiar yang bekerja sesuai dengan tugas masing-masing.



Secara pengertian Kru kapal pesiar adalah orang-orang yang bekerja di atas kapal pesiar. Mereka terdiri dari berbagai jabatan dan keahlian yang akan bekerja seusai dengan jam dan selama pelayaran berlangsung.

 Baca juga: Peralatan Keselamatan pada Kapal laut dan fungsinya

Kru Kapal Pesiar dan Tugasnya

 

Kru Kapal Pesiar

Bisa juga disebut sebagai awak kapal pesiar, Mereka bertanggung jawab untuk mengoperasikan kapal pesiar dan memastikan bahwa kapal berjalan dengan aman dan efisien selama dalam pelayaran.

 

Disana tidak hanya satu dua orang saja, Melainkan terdiri dari beberapa team.  Ada Yang bertanggung jawab menjual tiket, Menjual paket perjalanan, membrikan pelayanan pada para penumpang dan Lain sebagainya.



Berbagai basic profesi berada disana dan bekerja seperti layaknya didarat. Misalnya Juru masak , Umumnya para koki dan asistennya yang bertugas memasak para penumpang dan kru awak kapal pesiar juga.

 


Selain juru masak ada juga Jabatan kerja sebagai awak kapal pesiar yang bertanggung jawab untuk membersihkan dan merawat kamar-kamar para penumpang serta area umum di kapal.



Tidak lupa juga selama perjalanan membtuhkan Tenaga hiburan, Mereka bertanggung jawab untuk menyajikan hiburan bagi para penumpang, termasuk pertunjukan musik, tari, dan acara lainnya.


 

Pentingnya kesehatan, dalam perjalanan kapal pesiar juga ada awak kapal yang bekerja profesi utamanya sebagai Dokter dan perawat. Team dokter dan perawat bertanggung jawab untuk menangani masalah kesehatan para penumpang dan kru kapal.

 

Hingga adanya bagian keamanan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan di atas kapal dan memastikan bahwa para penumpang dan kru lainnya terlindungi.


Baca Juga: Apa Itu kapal Pesiar dan Jenisnya

Jabatan Kerja menjadi Kru Kapal Pesiar


Seperti yang sudah disampaikan diatas, seperti pekerjaan di darat bahwa kru kapal juga memiliki jabatan untuk mengemban tanggung jawab masing -masing.

 

Berikut ini adalah beberapa nama jabatan yang mungkin ada di awak kapal pesiar:

Baca Juga : Dokumen Wajib Sebelum Kapal berlayar


1. Kapten kapal

Kapten kapal adalah orang yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kelancaran perjalanan selama berlayar jenis kapal laut apapun termasuk kapal pesiar.

 

Menjadi orang terakhir yang membuat keputusan tentang keberangkatan kapal dan jalurnya. 

 

Selain itu, kapten kapal juga bertanggung jawab atas kondisi kapal dan kesejahteraan para penumpang serta kru kapal. 

 

Bekerja di kapal pesiar menjadi kapten, harus memiliki lisensi kapten yang sah dan harus memenuhi persyaratan keahlian yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

 

Selain itu, kapten kapal juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan problem solving yang baik, dan kemampuan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi darurat.

Baca Juga: Pengertian pelaut dan Gajinya


2. Wakil Kapten

Wakil Kapten kapal adalah orang yang bertanggung jawab mengawasi kelancaran perjalanan kapal dan bertanggung jawab atas tugas-tugas operasional di atas kapal. Tugasnya membantu Kapten kapal dalam mengambil keputusan penting yang berkaitan dengan kapal dan perjalanan. 

 

Jabatan ini harus memiliki lisensi wakil kapten yang sah dan harus memenuhi persyaratan keahlian yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

 

Selain itu, wakil kapten kapal juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan problem solving yang baik, dan kemampuan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi darurat.



3. Chief Engineer

Chief Engineer adalah orang yang bertanggung jawab atas semua aspek teknis kapal, termasuk mesin, listrik, dan sistem navigasi.

 

Memiliki tugas dan jawab atas pemeliharaan dan perbaikan mesin, sistem listrik, dan sistem navigasi di atas kapal pesiar atau kapal apapun. 

 

Selain itu Chief Engineer juga harus memastikan bahwa semua peralatan teknis di atas kapal berfungsi dengan baik selama perjalanan yang harus dilaporkan dan berkoordinasi dengan awak kapal pesiar lain , misalnya ke Kapten.

 

Profesi sebagai Chief Engineer kapal pesiar harus memiliki lisensi chief engineer yang sah dan harus memenuhi persyaratan keahlian yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Sekilas Sejarah kapal Ferry


4. Chief Purser

Chief Purser merupakan awak kapal atau orang yang kerja bertanggung jawab atas semua urusan administratif di atas kapal, termasuk penjualan tiket, pemesanan kamar, dan pelayanan pelanggan. 

 

Team mereka melakukan berbagai hal adminstratif, misalnya pengelolaan dokumen-dokumen penting seperti tiket, paspor, dan dokumen lainnya yang diperlukan untuk perjalanan.

 

Chief Purser juga harus memastikan bahwa para penumpang memiliki informasi yang diperlukan tentang perjalanan mereka dan menangani masalah yang mungkin timbul selama perjalanan.



5. Chief Housekeeper

Banyak divisi pekerjaan lain di dalam kapal pesiar, salah satunya juga ada Chief Housekeeper. Tim mereka bertanggung jawab atas kebersihan dan keindahan kamar-kamar para penumpang dan area umum di kapal. 

 

Disamping melakukan pemeliharaan dan pembersihan kamar-kamar para penumpang, Meeka juga serta menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan selama perjalanan.

 

Tanggung jaabnya cukup berat, mereka juga harus memastikan bahwa para penumpang memiliki pengalaman yang nyaman selama perjalanan mereka.


Baca Juga: Jenis Sistem Ventilasi Kapal

6. Chief Steward

Mungkin kalian sering memiliki pertanyaan , apa saja jabatan kerja di kapal pesiar?

 

Salah satunya juga ada Chief Steward Taggung jawabnya terkait semua aspek makanan dan minuman di kapal, termasuk memasak, menyiapkan makanan, dan membersihkan area makan. 

 

Tim Chief Steward bertanggung jawab atas pengelolaan inventaris makanan dan minuman di atas kapal, serta menyiapkan jadwal makan para penumpang dan kru.

 

Selain itu juga harus memastikan bahwa para penumpang memiliki pilihan makanan yang bervariasi dan bahwa makanan yang disajikan bersih dan sehat.



7. Chief Security Officer

Pekerjaan awak kapal pesiar lainnya adalah Chief Security Officer. Merupakan Orang- orang dalam satu departemen yang mempunyai tanggung jawab atas keamanan di atas kapal dan memastikan bahwa para penumpang dan kru lainnya terlindungi. 

 

Chief Security Officer Juga bertanggung jawab atas pengelolaan keamanan di atas kapal, termasuk menyiapkan protokol keamanan, mengawasi aktivitas di atas kapal, dan menangani kejadian-kejadian yang mungkin terjadi. 

 

Chief Security Officer juga harus memastikan bahwa para penumpang merasa aman selama perjalanan mereka.

Baca Juga: Alat-alat perlengkapan Kapal Laut

Penutup

Mungkin saja masih banyak jabatan lain kerja di Kapal pesiar, diatas adalah contoh sebagian besar yang bekerja sebagai kru kapal pesiar dan tugas nya masing masing sebagai gambaran umum.

 

Setiap jabatan tentu memiliki sistem kepemimpinan, dimana terdapat sub job desk lain. Selain itu hampir semua awak kapal harus mampu berkomunikasi secara baik, problem solving yang baik, dan serta tuntutan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi darurat.

Dapatkan Update via email